Kepraktisan buku ajar berbasis higher order thinking skills (HOTS) pada mata kuliah pembelajaran matematika di sekolah dasar
DOI:
https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v5i3.6850Keywords:
Kepraktisan, HOTS, Pembelajaran Matematika Sekolah DasarAbstract
Guru memiliki andil besar dalam mengarahkan agar siswa memiliki kemampuan matematika meliputi berpikir kritis, kreatif, kolaboratif dan komunikatif. Hal inilah yang melatarbelakangi untuk mempersiapkan mahasiswa PGSD sebagai calon guru di masa yang akan datang agar dapat mengembangan kemampuan tersebut pada siswa di SD, salah satunya dengan mengembangkan buku ajar berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS). Kegiatan penelitian ini merupakan bagian dari penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE untuk mengetahui kepraktisan bahan ajar berbasis HOTS. Teknik pengumpulan data yaitu berupa angket, digunakan untuk mengumpulkan data dari subyek penelitian yaitu mahasiswa semester 3 (tiga) program studi PGSD FKIP Unsri. Setelah bahan ajar telah dinyatakan valid oleh ahli, selanjutnya menentukan kepraktisan bahan ajar melalui tahap uji coba one to one oleh 3 mahasiswa dan tahap small group oleh 9 mahasiswa. Diperoleh hasil penelitian menunjukkan bahwa rekaptulasi hasil angket kelompok one to one dan small group yaitu 88,5 persen dengan kategori kepraktisan sangat baik, artinya bahan ajar ini praktis digunakan.
References
Anisah, A., & Lastuti, S. (2018). Pengembangan Bahan Ajar berbasis HOTS untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 9(2), Article 2. https://doi.org/10.15294/kreano.v9i2.16341
Atmaja, I. K. S., Sukendra, I. K., & Widana, I. W. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Digital Matematika SMA Kelas X Berorientasi HOTS. Widyadari : Jurnal Pendidikan, 22(2), Article 2.
Dwijayanti, N. (2021). Pembelajaran Berbasis HOTS sebagai Bekal Generasi Abad 21 di Masa Pandemi. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 9(1), Article 1. https://doi.org/10.20961/jkc.v9i1.53837
Guswita, R. (2021). Pengembangan Buku Ajar Digital Bahasa Indonesia Berbasis Hots untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Mahasiswa STKIP Muhammadiyahmuara Bungo. Jurnal Basicedu, 5(5), Article 5. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1496
Hartik, S., Utaminingsih, S., & Madjdi, A. H. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Ipa Terpadu Berbasis Higher Order Thinking Skills di Kelas VI Sekolah Dasar. JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar), 3(2), Article 2. https://doi.org/10.26618/jrpd.v3i2.4087
Hoerul Ansori, N. 17204010177. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas VIII MTsN 3 Sleman Semester Ganjil [Masters, UIN Sunan Kalijaga]. http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38743/
Ilhamuddin, I. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Hots Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMAN 8 Makassar. SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), Article 2. https://doi.org/10.26618/sigma.v11i2.3521
Indriani, A., & Erviana, V. Y. (2022). Pengembangan media B-Math berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) pada peserta didik tunanetra. Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar), 5(1), Article 1. https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v5i1.5915
M, V. A. S., & Sulkipani, S. (2021). Multimedia Berbasis Karakter Pada Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), Article 2. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.874
Marzi, M. A., & Widayati, W. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Stad Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD. Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar), 2(3), Article 3. https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v2i3.1137
Munawaroh, S., Degeng, I. N. S., & Sitompul, N. C. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Materi Bilangan Berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS). Edcomtech: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 6(1), Article 1. https://doi.org/10.17977/um039v6i12021p124
Musfiqi, S., & Jailani, J. (2014). Pengembangan Bahan Ajar Matematika yang Berorientasi pada Karakter dan Higher Order Thinking Skill (HOTS). Pythagoras: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 9(1), Article 1. https://doi.org/10.21831/pg.v9i1.9063
Pangestika, R. R., & Cahyaningsih, U. (2021). Relevansi Relevansi Realistic Mathematics Education (RME) dengan Higher Order Thinking Skills (HOTS) pada pembelajaran matematika di sekolah dasar. Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar), 4(3), Article 3. https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v4i3.4780
Qoiriah, M., Vahlia, I., & Agustina, R. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Realistic Mathematics Education (RME) Bermuatan Higher Order Thinking Skill (HOTS). Jurnal Pendidikan Matematika Universitas LampunG, 9(1), Article 1.
Saputri, A. E., & Hadi, W. (2021). Pengembangan E-Book Bermuatan High Order Thinking Skill (HOTS). AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(2), Article 2. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i2.3578
Vera, M., Sulistyaningrum, R., Purnomo, H., & Murtiyasa, B. (2021). Miskonsepsi materi pengolahan data di sekolah dasar. Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar), 4(3), Article 3. https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v4i3.4440
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Vina Amilia Suganda M, Toybah Toybah, Siti Hawa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.