Pengembangan media power point berbasis multimedia Ispring Suite 10 materi energi listrik

Authors

  • Mustafid Zharfa Institut Agama Islam Negeri Salatiga
  • Budiyono Saputro Institut Agama Islam Negeri Salatiga

DOI:

https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v5i1.5967

Abstract

Tujuan penelitian (1) mengetahui tingkat kebutuhan media Power Point berbasis multimedia ispring suite.10 materi energi listrik di MadrasahIbtidaiyah saat ini, (2) mengetahui kelayakan media Power Point berbasis multimedia ispring suite.10 materi energi listrik, dan (3) mengetahui efektivitas media Power.Point berbasis multimedia ispring suite 10 terhadap hasil belajar materi energi listrik. Metode penelitian adalah Research.and.Development (R&D). Subyek penelitian adalah siswa kelas VI MI Al Falah Tanjungrejo dan guru Madrasah Ibtidaiyah. Hasil penelitian 1) hasil kondisi nyata penggunaan media pembelajaran saat ini 66% pendidik belum menggunakan media inovatif serta analisis kebutuhan menunjukkan rerata 3,40 (butuh) media pembelajaran; 2) pengembangan media power.point berbasis multimedia ispring suite 10 materi energi listrik melalui tahapan: (a) mencari data kondisi nyata dan analisis kebutuhan, (b) perancangan power point berbasis multimedia ispring suite 10, (c) FGD dengan ahli materi, ahli media dan guru, (d) revisi serta penilaian validator, maka memperoleh hasil rerata 3,50 (baik); 3) efektivitas pengembangan media power.point berbasis multimedia ispring.suite.10 dengan dilaksanakan 3 kali uji coba, yaitu: (a) uji coba perorangan memperoleh rerata skor 3,47 (baik), (b) uji coba kelompok memperoleh rerata skor 3,57 (sangat baik), (c) uji coba terbatas memperoleh rerata skor 3,62 (sangat baik). Hasil tersebut disimpulkan bahwa media ini sangat layak untuk digunakan, serta 3) uji efektivitas terhadap media power.point berbasis multimedia ispring suite 10 dengan menggunakan SPSS 16 diperoleh hasil data pretest 0,58 dan data posttest 0,220 signifikansi > 0,05 sehingga data terdistribusi dengan normal. Hasil Uji T memperoleh data 22.887,  p=0,00<0,05. Hasil tersebut menunjukkan bahwa media power point berbasis multimedia ispring suite 10 materi energi listrik efektif terhadap prestasi belajar siswa kelas VI MI Al Falah Tanjungrejo.

References

Adnan K., & Mona M. (2015). Effectiveness of visual animation-narration presentation on student‟s achievement in the learning of meiosis. International Jurnal Procedia Social and Behavioral Sciences.

Asyafah, A. (2019). MENIMBANG MODEL PEMBELAJARAN (Kajian Teoretis-Kritis atas Model Pembelajaran dalam Pendidikan Islam). TARBAWY : Indonesian Journal of Islamic Education, 6(1), 19–32. https://doi.org/10.17509/t.v6i1.20569

Budiyono Saputro. (2017a). Desain Pengingkatan Kopetensi Guru IPA Madrasah Ibtidaiyah Melalui Pelatihan Metode Pembelajaran Inovatif, Cendekia, 15.

Budiyono Saputro. (2017b). Manajemen Penelitian Pengembanga. Sleman: Aswaja Pressindo.

Budiyono Saputro. (2019). Learning Effectiveness of Departmen-based Integrated science Interpretation. Journal of Physics.

Djamas, dkk. (2018). Development of interactive multimedia learning materials for improving critical thinking skills. International Journal of Information and Communication Technology Education 14.

Dwi Arianti, M., Herwanto. (2020). Multimedia Interaktif Berbasis Ispring Suite 8. Jurnal Institut Pendidikan Tapanuli Selatan, 8(2).

Firka Yulanda Deputra. (2017). Pengaruh Penggunaan Animasi Macromedia Flash Berbasis Ispring Suite Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Ipa Kelas Viii Di Smpn 1 Kotagajah Pada Materi Sistem Pencernaan. Jurnal Bioedukasi, 8(2).

Imam Muslim. (1994). Shahih Muslim, Bairut. Dar Al-Kutub Al-Amaliyah juz 10.

Juraev A. R. (2019). Using The Ispring Suite Software To Evaluate Future Te Future Teachers’ Professional Competencies. Central Asian Problems of Modern Science and Education.

Kafa Sakinah, R. T. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Ispring untuk Meningkatkan Karakter Rasa Ingin Tahu Siswa Pada Pembelajaran IPA Berbasis STEM. Al-Mudarris Jurnal Of Education, 3(2).

Mimin Ninawati, Feli Cianda Andrin Burhendi, & Wulandari. (2021). Pengembangan E-Modul Berbasis Software iSpring Suite 9. Jurnal Educatio, 7(8).

Nova Putri, G. (2020). The Development of PowerPoint-iSpring Multimedia Integrated Multiple Representation and Prompting Question on Topic of Buffer Solution for Senior High School Learning. International Journal of Research and Review, 7(10).

Nur Risnawati, K. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Power Point Ispring Suite 8 Pada Konsep Sistem Ekskresi Di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Universitas Negeri Makasar.

Nury Yuniasih, R. N. A., Retno Widowati. (2018). Pengembangan Media Interaktif Berbasis Ispring Materi Sistem Pencernaan Manusia Kelas V di SDN Ciptomulyo 3 Kota Malang. Jurnal Ilmu Pendidikan, 8(2).

Octaviyani, S., & Putra, L. D. (2021). Efektivitas pemanfaatan media miniatur untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa materi IPA SD MUBATA. Jurnal FUNDADIKDAS Universitas Ahmad Dahlan, 4(2), 15.

Pujiriyanto. (2012). Teknologi Pengembangan Media dan Pembelajaran. UNY Press.

Purwadi, J., & Hamdu, G. (2021). IMPLEMENTASI KOMPETENSI GURU BERBASIS ESD: CONNECT, COLLABORATE, AND ENGAGE DI SD. Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar), 4(2), 156–171. https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v4i2.4190

Rosanti, S., & Alamhamdani, N. (2020). Penerapan Multimedia Interaktif Ispring Suite 8 Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Dan Menulis Bahasa Inggris Pada Pokok Bahasan Offering Help Di Sekolah Menengah Atas. JTEP-Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran, 5(1), 11.

Sekar Tani, & Elvin Yusliana Ekawati. (2017). Peningkatan Kemandirian Belajar Peserta Didik pada Materi Teori Kinetik Gas Melalui Penerapan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis iSpring Suite 8. Jurnal Materi dan Pembelajaran Fisika, 7(2).

Somakim, dkk. (2016). Developing Teaching Materials PISA-Based for Mathematics and Science of Junior High School”. Journal of Education and practice, 7(13).

Sriyono, dkk. (2020). Development of Ispring 8 Learning Media with Media Power Point Assistance to Improve Listening Skills for Fifth Grade Elementary School Students, International. Journal of Innovative Science and Research Technology, 5(8).

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Ulyma Tahara Arisandi. (2021). Pengembangan Media Power Point Berbasis Ispring Suite Dalam Pembelajaran Memahami Teks Berita Untuk Siswa Kelas Viii Smp Negeri 1 Indralaya. Jurnal Universitas Sriwijaya.

Wijayanto P. A, U. S. & A. I., K. (2017). Increasing Student’s Motivation and Geography Learning Outcome Using Active Debate Methode Assisted by Ispring Suite. International Journal of Social Sciences and Management, 4(4).

Downloads

Published

2022-07-15

How to Cite

Zharfa, M., & Saputro, B. (2022). Pengembangan media power point berbasis multimedia Ispring Suite 10 materi energi listrik. Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar), 5(1), 26–39. https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v5i1.5967

Issue

Section

Articles