Penilaian Autentik Berbasis HOTS Terintegrasi Karakter

Authors

  • Nur Ngazizah Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Rahmawati Rahmawati Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Suprayitno Suprayitno SD Muhammadiyah Kutoarjo
  • Widi Hastono SD Muhammadiyah Kutoarjo

DOI:

https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v4i2.4196

Keywords:

HOTS, Intrumen Autentik, Karakter

Abstract

Kurikulum 2013 merupakan kurikulum dengan penilaian autentik yang menyeluruh. Penerapannya juga dituntut untuk menggunakan keterampilan berpikir tingkat tinggi serta karakter peserta didik. Permasalahan yang muncul yaitu di SD belum mengadakan penilaian untuk mengukur kemampuan tersebut. Oleh sebab itu, dilakukan pengembangan dengan tujuan: 1.) mengembangkan instrumen penilaian autentik berbasis HOTS yang terintegrasi karakter yang layak digunakan, 2.) kelayakan instrumen penilaian,. Model penelitian yang digunakan yaitu dengan model penelitian 4-D (Define, Design, Development, dan Dessiminate). Pengumpulan data diperoleh menggunakan angket, wawancara, dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan  yaitu analisis uji validitas, reliabilitas, Berdasarkan penelitian dapat disimpulkan: 1.) Dihasilkan instrumen penilaian autentik berbasis HOTS terintegrasi karakter, 2.) Hasil validasi data secara keseluruhan mendapat  nilai 3,61 dengan kategori sangat layak serta mendapatkkan nilai 95,3 % pada uji reliabilitas dalam Pesentage Agreement sangat reliable.

References

Aisyah, N., Sabdaningtyas, L., & Ambarita, A. (2017). Pengembangan Instrumen Penilaian Berbasis HOTS untuk Peserta Didik di Sekolah Dasar Kota Metro. PEDAGOGI, 5(5). http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/pgsd/article/view/12747

Dwijayanti, N. (2021). Pembelajaran Berbasis HOTS sebagai Bekal Generasi Abad 21 di Masa Pandemi. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 9(1), 333–336. https://doi.org/https://doi.org/10.20961/jkc.v9i1

Faisal, Mailani, E., Ananda, L. J., & Lova, S. M. (2019). Deskripsi Implementasi Penilaian Autentik Berbasis High Order Thinking Skills (HOTS) dalam Menjawab Tantangan Abad 21 Di Sekolah Dasar Kota Medan. ESJ (Elementary School Journal), 9(2), 126–132. https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v9i2.14322

Fitriani, D., Suryana, Y., & Hamdu, G. (2018). Pengembangan Instrumen Tes Higher Order Thinking Skill pada Pembelajaran Tematik Berbasisi Outdoor Learning Di SD. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(1). https://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/article/view/7348

Hanifah, N. (2019). Pengembangan instrumen penilaian Higher Order Thinking Skill (HOTS) di sekolah dasar. Current Research in Education: Conference Series Journal, 1(1), 1–8. https://ejournal.upi.edu/index.php/crecs/article/view/14286

Hasyim, M., & Andreina, F. K. (2019). Analisis High Order Thinking Skill (HOTS) Siswa dalam Menyelesaikan Soal Open Ended Matematika. FIBONACCI, 5(1), 55–62. https://doi.org/ttps://doi.org/10.24853/fbc.5.1.55-64

Julrissani. (2020). Karakteristik Perkembangan Bahasa dalam Berkomunikasi Siswa Sekolah Dasar Di SD Muhammadiyah Karangbendo Yogyakarta. Jurnal Edumaspul, 4(1), 73–86. https://doi.org/https://doi.org/10.33487/edumaspul.v4i1.296

Lestari, T. (2018). Analisis Implementasi Kebijakan Penguatan Pendidikan Karakter. JUrnal Ilmiah Kediklatan, 3(1), 299–305. https://pusdiklat.kemdikbud.go.id/wp-content/uploads/2018/10/181015-Jurnal-Kediklatan-Vol-3-Nomor-1-Tahun-2018.pdf

Majid. (2014). Pembelajaran Tematik Terpadu. Remaja Rosdakarya.

Mansyur, A. R. (2020). Memahami Karakteristik Berliterasi Peserta Didik Di Sekolah. Education and Learning Journal, 1(1), 93–101. https://doi.org/10.33096/eljour.v1i1.44

Nahrowi, M. (2019). Pengembangan Model Penilaian Autentik dalam Pembelajaran Tematik Berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS) pada Madrasah Ibtidaiyah di Kecamatan Gebog Kabupaten Kudus. Elementary (Islamic Teacher Journal), 7(2), 279–295. https://doi.org/10.21043/elementary.v7i2.6005

Pratiwi, W., & Alimuddin, J. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Bermuatan High Order Thinking Skill (HOTS) pada Pembelajaran Tema Persatuan dalam Perbedaan. Prosiding Seminar Nasional Unimus, 1, 531–538. https://prosiding.unimus.ac.id/index.php/semnas/article/view/16/17

Purwanto, N. (2012). Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluatif Pengajaran. PT Remaja Rosdakarya.

Rofiah, E., Aminah, N. S., & Sunarno, W. (2018). Pengembangan Modul Pembelajaran IPA Berbasis High Order Thinking Skill (HOTS) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VIII SMP/MTs. INKUIRI: Jurnal Pendidikan IPA, 7(2), 285–296. https://doi.org/https://doi.org/10.20961/inkuiri.v7i2.22992

Setiawan, D., Gandamanay, A., Nurhairani, & PA, R. B. B. (2020). Pendampingan Penilaian Autentik Berbasis Karakter untuk Guru Sekolah Dasar. PELITA MASYARAKAT, 1(2), 91–96. https://doi.org/https://doi.org/10.31289/pelitamasyarakat.v1i2.3225

Subrata, I. M., & Rai, I. G. A. (2019). Penerapan Penilaian Autentik dalam Pembentukan Karakter Siswa. Jurnal Emasains: Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 8(2), 96–203. https://doi.org/10.5281/zenodo.3552023

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Alfabeta.

Suwarsi, Mukti, Z., & Prabowo, A. (2018). Meningkatkan Keterampilan HOTS Siswa melalui Permainan Kartu Soal dalam Pembelajaran PBL. PRISMA (Prosiding Seminar Nasional Matematika), 1, 248–255. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/19612/9514

Teti, Kosasih, E., & Hambu Ghullam. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis HOTS berdasarkan Taksonomi Bloom Di Sekolah Dasar. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(3), 45–58. https://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/article/view/12487/8476

Thiagarajan, S., Semmel, G. D., & Semmel, I. M. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children: A Sourcebook. Central for Innovation on Teaching the Handicaped.

Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 53 tahun 2015

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 59 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013

Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan RI Nomor 66 Tahun 2013 Tentang Standar Penilaian

Purwanto, Ngalim. 2012. Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluatif Pengajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Thiagarajan. 1974. Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children

Sani.Ridwan Abdullah.2019. Pembelajaran Berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skills). Tangerang: Tsmart

Downloads

Published

2021-08-28

How to Cite

Ngazizah, N., Rahmawati, R., Suprayitno, S., & Hastono, W. (2021). Penilaian Autentik Berbasis HOTS Terintegrasi Karakter. Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar), 4(2), 136–145. https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v4i2.4196

Issue

Section

Articles