PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS STEM PADA MATERI IPA TEMA 7 SUBTEMA 1 KELAS V SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v3i2.2684Keywords:
Lembar Kerja Peserta Didik, STEM, Materi IPA, Sekolah DasarAbstract
Penelitian ini bertujuan; 1) untuk mengetahui langkah-langkah pengembangan LKPD berbasis STEM pada materi IPA tema 7 subtema 1 kelas V SD; 2) untuk mengetahui kualitas produk LKPD berbasis STEM pada materi IPA tema 7 subtema 1 kelas V SD. Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan (RnD) menggunakan model ADDIE tetapi hanya tiga tahapan yaitu analyze, design, dan development. Subjek dalam penelitian ini yaitu guru. Teknik pengumpulan data menggunakan pedoman wawancara, lembar observasi, dan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis data kualitatif untuk mengolah data berdasarkan komentar atau saran dari para ahli dan respon guru serta analisis data kuantitatif  untuk mengetahui kualitas produk. Pada uji coba produk menggunakan angket para ahli dan respon guru. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa  nilai akhir dari uji validasi ahli materi mendapatkan nilai 79,00 dengan kategori “Baikâ€, ahli media mendapatkan nilai 83,00 dengan kategori “Sangat Baikâ€, ahli pembelajaran mendapatkan nilai 78,00 dengan kategori “Baikâ€, ahli bahasa mendapatkan nilai 84,00 dengan kategori “Sangat Baikâ€, dan respon guru mendapatkan nilai 86,00 dengan kategori “Sangat Baikâ€. Apabila dianalisis data kuantitatif rata-rata nilai uji validasi ahli dan respon guru maka diperoleh nilai 82,00 termasuk dalam kategori “Sangat Baikâ€. LKPD memuat materi IPA pada Perubahan Wujud Benda, Pembuatan alat penangkap kabut, penjelasan Fog Machine, teknik menghasilkan air dan teknik balon udara agar bisa terbang, serta kegiatan mengukur. LKPD juga berpengaruh terhadap keterampilan proses sains terhadap hasil belajar IPA lebih baik daripada LKPD konvensional.Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.