PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI MELALUI METODE MIND MAPPING KELAS IV SEKOLAH DASAR

Authors

  • Erlinda Widiasti
  • Hanum Hanifa Sukma

DOI:

https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v3i1.1762

Abstract

ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi peserta didik kelas 4 SD Muhammadiyah Pulokadang pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Pada penelitian ini menggunakan metode mind mapping. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan selama dua siklus. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas 4 yang berjumlah 22 orang. Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data adalah observasi, tes dan dokumentasi. Analisis data penelitian ini memakai analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif.  Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari presentase hasil rata-rata menulis karangan narasi peserta didik pada siklus 1 sebesar 64,7%, kemudian pada siklus 2 meningkat menjadi 81,4%. Berdasarkan hasil penelitian, penerapan metode mind mapping pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dapat meningkatkan hasil keterampilan dalam menulis karangan narasi peserta didik kelas 4 SD Muhammadiyah Pulokadang.

 

Kata kunci: Keterampilan, Kooperatif Learning, Mind Mapping

Downloads

Published

2022-06-23

How to Cite

Widiasti, E., & Sukma, H. H. (2022). PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI MELALUI METODE MIND MAPPING KELAS IV SEKOLAH DASAR. Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar), 3(1), 33–38. https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v3i1.1762

Issue

Section

Articles