PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI MELALUI METODE MIND MAPPING KELAS IV SEKOLAH DASAR

Erlinda Widiasti, Hanum Hanifa Sukma

Abstract


ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi peserta didik kelas 4 SD Muhammadiyah Pulokadang pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Pada penelitian ini menggunakan metode mind mapping. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan selama dua siklus. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas 4 yang berjumlah 22 orang. Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data adalah observasi, tes dan dokumentasi. Analisis data penelitian ini memakai analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif.  Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari presentase hasil rata-rata menulis karangan narasi peserta didik pada siklus 1 sebesar 64,7%, kemudian pada siklus 2 meningkat menjadi 81,4%. Berdasarkan hasil penelitian, penerapan metode mind mapping pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dapat meningkatkan hasil keterampilan dalam menulis karangan narasi peserta didik kelas 4 SD Muhammadiyah Pulokadang.

 

Kata kunci: Keterampilan, Kooperatif Learning, Mind Mapping


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v3i1.1762

Copyright (c) 2020 Universitas Ahmad Dahlan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


JURNAL FUNDADIKDAS
ISSN: 2614-1620 (Online)


Published by Universitas Ahmad Dahlan and Indexed by

  

View My Fundadikdas