PENINGKATAN DISPOSISI MATEMATIS DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN TIPE AIR (AUDITORY, INTELECTUALLY, REPETITION)

Authors

  • Esti Kurnia Universitas Ahmad Dahlan
  • Meita Fitrianawati Universitas Ahmad Dahlan

DOI:

https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v2i3.1138

Keywords:

model AIR, disposisi matematis dan prestasi belajar

Abstract

Abstrak

Penelitian ini di latar belakangi yaitu masih menggunakan model pembelajaran ceramah dimana guru menjelaskan materi di depan kelas lalu memberi contoh soal kepada siswa. Selain itu, dapat dilihat bahwa suasana pembelajaran di kelas masih kurang kondunsif. Siswa masih kurang aktif dan kurang berpartisipasi dalam mengikuti pembelajaran. Sedangkan untuk prestasi belajar dapat dilihat dari hasil ulangan harian yang menunjukkan nilai rata-rata siswa masih banyak yang belum mendapatkan nilai dibatas yang ditentukan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) , dengan desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart yang meliputi perencanaan, pelaksanaan,  pengamatan dan refleksi. Penelitian ini menggunakan dua siklus dengan setiap siklus ada dua kali pertemuan, sehingga dalam penelitian ini ada empat kali pertemuan. Subjek penelitian yaitu siswa kelas III yang berjumlah 25 siswa, dan objek penelitian yaitu disposisi matematis dan prestasi belajar matematika. Teknik pengumpulan data data menggunakan metode observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan pada siklus I dari aspek disposisi matematis yang mencapai 48,72% pada siklus I meningkat menjadi 61,815% pada siklus II. Rata-rata kelas pada siklus I yang semula 69,04% menjadi 87,68% pada siklus II. Serta ketuntasan klasikal mencapai 68% pada siklus I meningkat menjadi 84% pada siklus II. Sehingga dapat dikatakan bahwa penelitian selama siklus I dan siklus II menunjukkan adanya peningkatan disposisi matematis siswa dan prestasi belajar matematika dengan pembelajaran kooperatif tipe AIR.

 

References

Arikunto, Suharsimi, et al. 2017. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara
Djamarah, Syaiful Bahri. 2012. Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional.
Kunandar. 2014. Penilaian Autentik. Depok: Rajagrafindo Persada. Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006
Djamarah, Syaiful Bahri. 2012. Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional.
Nawaliyah, Qomariyah.N. (2015). Penerapan Pembelajaran Dengan Pendekatan AIR Pada Materi Sifat-Sifat Bangun dan Hubungan Antara Bangun Di Kelas V SD. Jurnal Model Pembelajaran Air.Vol 3, No 2.Hal 7.
Retnowati, D. (2013). Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Disposisi Matematis Menggunakan Model Pembelajaran Treffinger.Jurnal Disposisi Matematis. Hal 2
Shaifuddin, M. et al. (2016).Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe (Auditory, Intellectually, Repetition) Untuk Meningkatkan Kemampuan Operasi Hitung Campuran Bilangan Bulat Pada Siswa Sekolah Dasar.Jurnal Model Pembelajaran AIR.
Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Sormin.Azizah.M. (2017).Peningkatan Kemampuan Komunikasi dan Disposisi Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw di SMP Muhammadiyah Kota Padangsidimpuan.Jurnal Disposisi Matematis.Vol 2, No 1. Hal 54-55

Downloads

Published

2019-11-15

How to Cite

Kurnia, E., & Fitrianawati, M. (2019). PENINGKATAN DISPOSISI MATEMATIS DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN TIPE AIR (AUDITORY, INTELECTUALLY, REPETITION). Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar), 2(3), 87–92. https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v2i3.1138

Issue

Section

Articles