Pengembangan Panduan Market Day bagi Anak SD Sebagai Internalisasi Jiwa Kewirausahaan

Authors

  • Cita Eri Ayuningtyas Universitas Ahmad Dahlan
  • Nur Hidayah Universitas Ahmad Dahlan

DOI:

https://doi.org/10.12928/jfc.v5i2.6881

Keywords:

kewirausahaan, market day, pengembangan buku

Abstract

Market Day merupakan salah satu program yang digalakkan pemerintah dalam rangka menginternalisasi jiwa-jiwa wirausaha sejak usia dini. Program ini dilakukan agar anak dapat mengimplementasikan secara langsung di lapangan bagaimana proses transaksi jual beli. Pelaksanaan market day dapat digunakan untuk menumbuhkan kreatifitas pada anak, suka berbagi, kemampuan memecahkan masalah, dan memutuskan masalah. Pelaksanaan market day ini sudah dilaksanakan di beberapa sekolah begitu juga di SD Muhammadiyah di Kabupaten Bantul. Dalam pelaksanaannya, market day belum ada panduan yang tertulis dan terstandar meskipun sudah banyak sekolah yang melaksanakan program ini. Di sisi lain, pelaksanaan program ini sangat ditunggu-tunggu oleh peserta didik dikarenakan kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan yang menyenangkan. Untuk mewujudkan kualitas pelaksanaan market day yang sama, perlu adanya panduan yang digunakan dalam pelaksanaan dan juga sistem administrasinya. Dari uraian diatas, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku panduan yang bisa digunakan dalam pelaksanaan market day. Penelitian ini dilakukan dari bulan Februari 2022 hingga Oktober 2022. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan untuk menghasilkan suatu produk dan diuji keefektifan dari produk tersebut. Penelitian yang digunakan dengan pengembangan model ADDIE dengan lima tahapan yaitu need assessment, Design, Development, Implementation, Evaluation. Hasil validasi dari ahli materi, ahli media dan ahli pembelajaran memiliki nilai yang cukup baik (di atas rata-rata). Sehingga, produk pengembangan buku ini bisa dikatakan layak untuk digunakan. Pengembangan buku panduan market day ini dikatakan layak untuk digunakan karena hasil validasi memiliki nilai yang cukup baik.

References

’Ainurrohmah, S. (2020). Market day sebagai penerapan pendidikan kewirausahaan di SD Unggulan ’Aisyiyah Bantul, dari https://sduabantul.sch.id/market-day-sebagai-penerapan-pendidikan/.

Areli, A.J. (2018). Mengembangkan karakter jiwa kewirausahaan peserta didik SMK Negeri 1 Penukal melalui program market day. Jurnal Manajemen, Kepemimpinan dan Supervisi Pendidikan, 3 (1), 60–67.

Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Cecep, K. & Sutjipto, B. (2011). Media Pembelajaran, Manual dan Digital. Bogor: Ghalia Indonesia.

Fatin, A.T. (2022). Pengembangan buku panduan program pembelajaran literasi baca-tulis bagi anak usia dini. Jurnal PAUD Teratai, 11 (1), 126–135.

Hanik, U. et al. (2021). Penerapan kegiatan market day berbasis pada kolaborasi orangtua dan anak untuk mengembangkan kemandirian anak di TK Pertiwi Kragan. Digital Learning untuk Pembangunan Berkelanjutan Menuju Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Kudus, Jawa Tengah: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 63–68.

Herlina, N., Emmanuel, S. & Muntomimah, S. (2019). Pengembangan kegiatan market day terhadap peningkatan kemampuan kognitif anak pada kelompok b di TK Kartika iv-11 kecamatan Singosari kabupaten Malang. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan dan Pembelajaran bagi Guru dan Dosen, 3, 787–793.

Khulafa, F.N. (2017). Models of entrepreneurship education in elementary school. International Conference for Science Educators and Teachers (ICSET), 469–472. doi:10.2991/icset-17.2017.79.

Meisitha, L., Pujiati & Suroto (2020). Pengaruh pendidikan kewirausahaan, kepribadian wirausaha dan program market day di sekolah terhadap motivasi berwirausaha siswa. Economic Education and Entrepreneurship Journal, 3 (3), 18–24.

Nurhayati, E.C. (2018). Pengaruh market day (bazar) terhadap membangun jiwa wirausaha mahasiswa Unsiq Jawa Tengah di Wonosobo. Paramurobi: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1 (2), 1-16. doi:10.32699/paramurobi.v1i2.522.

Purnomowati, W. & Nugroho, I. (2010). Entrepreneurship education is a must, dari The 2nd Indonesia International Conference on Innovation, Entrepreneurship, and Small Business (IICIES 2010) “Developing technopreneurship and entrepreneurial small businesses: a key to sustainable future”. Serpong Tangerang, 1–11. doi:10.6084/m9.figshare.6268055.

Rachmadyanti, P. & Wicaksono, V.D. (2017). Pendidikan kewirausahaan bagi anak usia sekolah dasar dari Seminar Nasional Inovasi Pendidikan, 419–437.

Sudjana, N. & Rivai, A. (2011). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Wasisto, E. (2017). Pendidikan kewirausahaan melalui pembinaan karakter bagi siswa sekolah kejuruan di kota Surakarta. ProBank, 2 (1), 55–68. doi:10.36587/probank.v2i1.131.

Downloads

Published

2022-12-31

Issue

Section

Articles