Pengembangan Panduan Market Day bagi Anak SD Sebagai Internalisasi Jiwa Kewirausahaan
DOI:
https://doi.org/10.12928/jfc.v5i2.6881Keywords:
kewirausahaan, market day, pengembangan bukuAbstract
Market Day merupakan salah satu program yang digalakkan pemerintah dalam rangka menginternalisasi jiwa-jiwa wirausaha sejak usia dini. Program ini dilakukan agar anak dapat mengimplementasikan secara langsung di lapangan bagaimana proses transaksi jual beli. Pelaksanaan market day dapat digunakan untuk menumbuhkan kreatifitas pada anak, suka berbagi, kemampuan memecahkan masalah, dan memutuskan masalah. Pelaksanaan market day ini sudah dilaksanakan di beberapa sekolah begitu juga di SD Muhammadiyah di Kabupaten Bantul. Dalam pelaksanaannya, market day belum ada panduan yang tertulis dan terstandar meskipun sudah banyak sekolah yang melaksanakan program ini. Di sisi lain, pelaksanaan program ini sangat ditunggu-tunggu oleh peserta didik dikarenakan kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan yang menyenangkan. Untuk mewujudkan kualitas pelaksanaan market day yang sama, perlu adanya panduan yang digunakan dalam pelaksanaan dan juga sistem administrasinya. Dari uraian diatas, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku panduan yang bisa digunakan dalam pelaksanaan market day. Penelitian ini dilakukan dari bulan Februari 2022 hingga Oktober 2022. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan untuk menghasilkan suatu produk dan diuji keefektifan dari produk tersebut. Penelitian yang digunakan dengan pengembangan model ADDIE dengan lima tahapan yaitu need assessment, Design, Development, Implementation, Evaluation. Hasil validasi dari ahli materi, ahli media dan ahli pembelajaran memiliki nilai yang cukup baik (di atas rata-rata). Sehingga, produk pengembangan buku ini bisa dikatakan layak untuk digunakan. Pengembangan buku panduan market day ini dikatakan layak untuk digunakan karena hasil validasi memiliki nilai yang cukup baik.
References
’Ainurrohmah, S. (2020). Market day sebagai penerapan pendidikan kewirausahaan di SD Unggulan ’Aisyiyah Bantul, dari https://sduabantul.sch.id/market-day-sebagai-penerapan-pendidikan/.
Areli, A.J. (2018). Mengembangkan karakter jiwa kewirausahaan peserta didik SMK Negeri 1 Penukal melalui program market day. Jurnal Manajemen, Kepemimpinan dan Supervisi Pendidikan, 3 (1), 60–67.
Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Cecep, K. & Sutjipto, B. (2011). Media Pembelajaran, Manual dan Digital. Bogor: Ghalia Indonesia.
Fatin, A.T. (2022). Pengembangan buku panduan program pembelajaran literasi baca-tulis bagi anak usia dini. Jurnal PAUD Teratai, 11 (1), 126–135.
Hanik, U. et al. (2021). Penerapan kegiatan market day berbasis pada kolaborasi orangtua dan anak untuk mengembangkan kemandirian anak di TK Pertiwi Kragan. Digital Learning untuk Pembangunan Berkelanjutan Menuju Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Kudus, Jawa Tengah: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 63–68.
Herlina, N., Emmanuel, S. & Muntomimah, S. (2019). Pengembangan kegiatan market day terhadap peningkatan kemampuan kognitif anak pada kelompok b di TK Kartika iv-11 kecamatan Singosari kabupaten Malang. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan dan Pembelajaran bagi Guru dan Dosen, 3, 787–793.
Khulafa, F.N. (2017). Models of entrepreneurship education in elementary school. International Conference for Science Educators and Teachers (ICSET), 469–472. doi:10.2991/icset-17.2017.79.
Meisitha, L., Pujiati & Suroto (2020). Pengaruh pendidikan kewirausahaan, kepribadian wirausaha dan program market day di sekolah terhadap motivasi berwirausaha siswa. Economic Education and Entrepreneurship Journal, 3 (3), 18–24.
Nurhayati, E.C. (2018). Pengaruh market day (bazar) terhadap membangun jiwa wirausaha mahasiswa Unsiq Jawa Tengah di Wonosobo. Paramurobi: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1 (2), 1-16. doi:10.32699/paramurobi.v1i2.522.
Purnomowati, W. & Nugroho, I. (2010). Entrepreneurship education is a must, dari The 2nd Indonesia International Conference on Innovation, Entrepreneurship, and Small Business (IICIES 2010) “Developing technopreneurship and entrepreneurial small businesses: a key to sustainable future”. Serpong Tangerang, 1–11. doi:10.6084/m9.figshare.6268055.
Rachmadyanti, P. & Wicaksono, V.D. (2017). Pendidikan kewirausahaan bagi anak usia sekolah dasar dari Seminar Nasional Inovasi Pendidikan, 419–437.
Sudjana, N. & Rivai, A. (2011). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Wasisto, E. (2017). Pendidikan kewirausahaan melalui pembinaan karakter bagi siswa sekolah kejuruan di kota Surakarta. ProBank, 2 (1), 55–68. doi:10.36587/probank.v2i1.131.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Cita Eri Ayuningtyas, Nur Hidayah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with JOURNAL OF FOOD AND CULINARY agree to the following terms:
- All articles published are Open Access that means they will be immediately and permanently free for everyone to read and download. We use the CC-BY-SA license options under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0). Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0). CC-BY-SA assures that all works will be available under CC-BY-SA always and no risk of commercial actions against the will of the copyright holder.
- Anyone can use, copy and disseminate the material in any medium or format; as well as re-use, re-mix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially. However, they must acknowledge the authors by giving appropriate credits (cite to the article or content), provide a link to the license, and indicate if changes were made and use under the same license as the original.
- Authors retain copyright and grant license exclusive rights in their article to Universitas Ahmad Dahlan as publisher of the JOURNAL OF FOOD AND CULINARY.
- Authors have the right to retain patent, trademark and other intellectual property rights (including research data).
- Authors have the right to proper attribution and credit for the published work.
Copyright Transfer Agreement
- The Authors submitting the manuscripts do so on the understanding that if they are accepted for publications, copyright of the articles shall be assigned to Universitas Ahmad Dahlan as publisher of the JOURNAL OF FOOD AND CULINARY.
- Universitas Ahmad Dahlan as publisher of The JOURNAL OF FOOD AND CULINARY, the Editors, and the Editorial Board Members of the JOURNAL OF FOOD AND CULINARY make every efforts to ensure that no wrong or misleading data, opinions or statements are published in the journal. In any way, the contents of the articles and circulars published in the JOURNAL OF FOOD AND CULINARY are the sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.
- The publisher may revoke the publication for violating the ethical code of conduct.