Literature Review: Pengaruh Brand Image Terhadap Produk Kuliner Rendang di Sumatera Barat

Authors

  • Qumil Laila Arham Politeknik 'Aisyiyah Sumatera Barat
  • Rahmad Saputra Politeknik ‘Aisyiyah Sumatera Barat
  • Febriyan Pratama Defaz Politeknik ‘Aisyiyah Sumatera Barat

DOI:

https://doi.org/10.12928/jfc.v5i2.6584

Keywords:

citra merek, kuliner rendang, Sumatera Barat

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana citra merek produk kuliner rendang di Sumatera Barat. Penelitian ini menggunakan analisis kajian literatur dengan sumber seperti Sciencedirect, Researchgate, dan Google Scholar. Artikel yang dianalisis berjumlah sepuluh artikel. Kajian literatur juga dilakukan pada berbagai sumber buku dan sumber internet. Hasil penelitian menunjukkan bahwa brand image berdampak positif terhadap produk kuliner rendang di Sumatera Barat. Kuliner rendang juga memiliki nilai pendidikan dan nilai filosofis. Hasil penelitian kajian literatur ini menunjukkan bahwa brand image pada produk kuliner rendang dapat ditingkatkan dengan promosi dan peningkatan nilai produk agar tercipta kepuasan dan loyalitas pelanggan.

References

Anonim. (2017). Rendang dan nasi goreng dipilih jadi makanan terenak di dunia. https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20170715172743-307228130/rendang-nasi-goreng-dipilih-jadi-amakanan-terenak-di-dunia. Diakses pada CNN Indonesia tanggal 29 Agustus 2022.

Egim, Ash Shadiq dkk. (2021). Model pengembangan usaha rendang melalui inovasi produk dan akses permodalan pada masa pandemi covid-19 di Kota Padang. Jurnal Bisnis Net, 4 (1).

Fajarsari, Dwi Desi. (2017). Nilai pendidikan dalam kuliner rendang. Buletin Al-Turas Fakultas Adab dan Humaniora. Universitas Islam Negeri Syahid Jakarta.

Fauziah, Permatasari & Vidyarini Dwita. (2020). The effect of brand communication, brand image and perceived social media on brand loyalty with brand trust as a variable of mediation in rendang asese in Padang City. Atlantis Press.

Hafizh, Fandi dkk. (2021). Pengaruh brand image dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian ngikan yuk kota Bandung. e-Proceeding of Management 8 (1).

Kotler dan Keller. (2014). Manajemen Pemasaran. Jilid I. Edisi Ke 13. Jakarta: Erlangga.

Manyanga, Wilbert. (2022). The effect of brand image on customer choices in the zimbabwean food industry. International Journal of Information, Business, and Management.

Syafitri, Hanifa. (2019). Strategi brand image indonesia melalui gastrodiplomacy Pada Tahun 2011-2018: Studi Kasus Kuliner Rendang. Jurnal Universitas Islam Indonesia.

Trinanda, Okki & Susi Evanita. (2019). Youth perception toward their traditional culinary: a study of minangkabau culinary brand image. KnE social sciences. International Conference on Economics, Education, Business and Accounting.

Ulhaq, Z. S., Biomed, M., & Rahmayanti, M. (2020). Panduan penulisan skripsi literatur review. Malang: Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Wahyuni, Rika. (2017). Pengaruh relationship marketing, kepuasan, dan brand image terhadap loyalitas pelanggan restoran sederhana masakan padang. Jurnal EKOBISTEK Fakultas Ekonomi. UPI YPTK Padang.

Wangrimen, Gervarsius. (2017). Rendang: the treasure of Minangkabau. Journal of Ethnic Foods. Nutrition And Food Technology Department, Faculty Of Life Science, Surya University, Indonesia.

Zhang, Yi. (2015). The impact of brand image on consumer behavior: a literature review. Department of Marketing, Management School, Jinan University, Guangzhou, China.

Downloads

Published

2022-12-30

Issue

Section

Articles