Pengembangan Produk Pasta Jenis Ravioli Saus Rendang dengan Substitusi Ubi Jalar Kuning

Authors

  • Shinta Nurrochmah Universitas Ahmad Dahlan
  • Putri Rahmadhaani Universitas Ahmad Dahlan
  • Salsabila Indah Suci Universitas Ahmad Dahlan
  • Burhannudin Sofian Universitas Ahmad Dahlan
  • Retnosyari Septiyani Universitas Ahmad Dahlan

DOI:

https://doi.org/10.12928/jfc.v4i2.6199

Keywords:

pasta, ravioli, ubi jalar kuning

Abstract

Ravioli merupakan salah satu jenis pasta yang terdiri dari dua lembaran pasta yang di dalamnya diberi isian seperti daging, jamur hingga sayuran dengan bentuk yang sangat beragam. Hidangan yang sudah tidak asing dan cukup populer di mancanegara, tetapi masih jarang ditemui di Indonesia memiliki harga yang cukup tinggi. Pengembangan produk pada ravioli melalui inovasi fusion (kombinasi) menggunakan ubi jalar kuning sebagai campuran kulit pada ravioli dan juga rendang sebagai base sauce dengan konsep ready to cook menjadi tujuan dari penelitian ini. Pengujian preferensi awal dilakukan melalui formulir daring (google form) dengan total responden sebanyak 41 orang untuk melihat potensi pengembangan jenis isian. Pengembangan lembaran pasta dilakukan melalui formulasi menggunakan substitusi ubi jalar kuning sebanyak 16.67%, 50%, dan 83.33% yang dievaluasi melalui uji kesukaan pada atribut warna, aroma, rasa, tekstur, dan keseluruhan. Hasil menunjukkan bahwa responden menginginkan ravioli yang berisi rendang daging sapi, dengan konsep ready to cook, dan dikemas menggunakan plastic box. Di sisi lain, hasil uji preferensi oleh 30 orang panelis menunjukkan substitusi ubi jalar kuning sebanyak 50% paling disukai oleh para panelis dibandingkan jumlah lainnya.

References

Arianto, A. B. (2013). Pengaruh atribut produk, harga, kebutuhan mencari variasi dan ketidakpuasan konsumen terhadap keputusan perpindahan merek dari Samsung Galaxy Series di Kota Malang. Jurnal Aplikasi Manajemen, 11(2), 295.

Arum Sari, P. R., Fitriana Mustikaningrum, S. G., & Pramudya Kurnia. (2015). Pengaruh substitusi tepung ubi jalar kuning terhadap tingkat pengembangan dan daya terima roti tawar. Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Darmawansyah, A., & Ninsix, R. (2016). Studi pembuatan roti manis dengan substitusi tepung ubi jalar kuning. Jurnal Teknologi Pertanian, 5(1), 30-36.

Ekawatiningsih, Prihastuti. (2008). Bahan Pangan. Yogyakarta: PTBB FT UNY.

Erika, D. R., Hamzah, B., & Hermanto, H. (2016). Pengaruh substitusi tepung ubi jalar kuning (Ipomoea batatas l.) terhadap karakteristik fisik, kimia dan organoleptik roti manis. Doctoral dissertation, Sriwijaya University.

Inayatulloh, Ikrima. (2016). Inovasi produk ravioli menggunakan bahan dasar tepung jagung. S1 thesis, Universitas Pendidikan Indonesia.

Murtiningsih dan Suyanti. (2011). Membuat tepung umbi dan variasi olahannya. Jakarta: AgroMedia Pustaka.

Puspitasari, Anita. (2011). Mau Tahu Beda Ravioli, Lasagna, dan Fetuccini? Ini Dia. Diakses pada 22 Desember 2021, dari https://www.republika.co.id/berita/gaya-hidup/kuliner/11/11/14/lun75g-mau-tahu-beda-ravioli-lasagna-dan-fetuccini-ini-dia.

Timba, M. K., Sasongko, P., & Santosa, B. (2019). Pengaruh proporsi tepung terigu dan tepung ubi jalar kuning (Ipomea batatas l) dengan penambahan blondo sebagai subtitusi margarin pada pembuatan cake. Fakultas Pertanian, 7(1).

Vitasari, Ade Yuliana Enike. (2017). Eksperimen pembuatan lapis bogor dengan penambahan tepung ubi kuning dan ubi ungu. Skripsi, Universitas Negeri Yogyakarta.

Yulindasari, Anggita. (2019). Pasta ravioli substitusi tepung jewawut (parawut) sebagai makanan modern berbasis bahan pangan lokal. D3 Thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

Zanini De Vita, Oretta & Maureen B. Fant. (2013). Sauces & shapes: pasta the italian way. New York: W. W. Norton & Company.

Downloads

Published

2021-12-31

Issue

Section

Articles