Pengaruh Ekuitas Merek (Brand Equity) Terhadap Keputusan Pembelian Produk Starbucks Coffee pada Masa Pandemi (Studi Kasus di Starbucks Coffeee XXI Empire Yogyakarta)

Authors

  • Nida Khaerunnisya Universitas Ahmad Dahlan
  • Marsudi Endang Sri Rejeki Universitas Ahmad Dahlan

DOI:

https://doi.org/10.12928/jfc.v5i1.5424

Keywords:

ekuitas merek, kepercayaan, keputusan pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh ekuitas merek (brand equity) dalam keputusan pembelian pelanggan pada gerai Starbucks XXI Empire Yogyakarta. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan observasional. Teknik pengumpulan data menggunakan angket kuesioner dengan Skala Likert pada 100 responden pelanggan Starbucks Coffee Yogyakarta XXI Empire yang dipilih secara acak dengan simple random sampling. Penelitian dilaksanakan pada bulan April - Juni 2021 dengan kriteria inklusi konsumen yang membeli produk Starbucks minimal 2 kali selama masa pandemi COVID-19.

Hasil penelitian menyatakan adanya pengaruh yang positif dan signifikan antara brand equity terhadap keputusan pembelian, antara brand awareness terhadap keputusan pembelian, antara brand loyalty terhadap keputusan pembelian. Semakin meningkatnya brand equity dari Starbucks Coffee maka semakin tinggi pula keputusan konsumen untuk melakukan pembelian pada Starbucks Coffee di masa pandemi COVID-19 ini.

References

Aberdeen, N.I., Syamsun, M., & Najib, M. (2016). The Effect of Brand Awareness and Image on Consumer Perceived Quality and Purchase Intention – A Study Case of Carbonated Drink Brand at Bogor City. International Journal of Scientific and Research Publications, 6 (8), 441-446.

Adelina, Nadia. (2014). Pengaruh Brand Equity Terhadap Keputusan Pembelian Minuman Isotonik Mizone di Bandung. Jurnal Riset Manajemen, 3 (1), 1-10.

Andrologi, F. (2014). Analisis pengaruh brand image dan brand awareness terhadap brand loyalty dan dampaknya terhadap brand equity. Skripsi. Universitas Diponegoro Semarang.

Kevin Leonanda, K. & Purnama, S. (2020). Pengaruh ekuitas merek terhadap niat beli pada produk minuman isotonik mizone (studi kasus di Universitas Esa Unggul). JCA of Economics and Business, 1 (2), 421-429.

Komang Suharyani, K., Nuridja, I.M., & Haris, I.A. (2015). Pengaruh ekuitas merek terhadap keputusan pembelian produk minuman teh botol sosro pada mahasiswa jurusan pendidikan ekonomi Undiksha. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 5 (1).

Krisnawati, D. (2016). Pengaruh brand awareness terhadap keputusan pembelian AMDK merek aqua (Studi pada masyarakat di Kota Bandung). Jurnal Manajemen Bisnis Krisnadwipayana, 4 (1).

Kumalasari, P. (2013). Analisis pengaruh brand awareness dan brand image terhadap brand equity dan dampaknya pada minat beli konsumen (studi kasus product placement mie instant indomie dalam film 5 cm). Skripsi. Fakultas Ekonomika dan Bisnis. Universitas Diponegoro Semarang.

Lisa, H., Chairhany, S., Napratilora, M., Syahid, A., & Ilyas, M. (2020). Analisis brand equity terhadap keputusan pembelian (Studi kasus Coffee Toffee Surabaya). Journal of Business and Banking, 10 (1), 1-18.

Nasution, D. A. D., Erlina, E., & Muda, I. (2020). Dampak pandemi COVID-19 terhadap perekonomian indonesia. Jurnal Benefita, 5(2), 212.

Nugraha, A. (2014). Pengaruh ekuitas merek terhadap keputusan pembelian produk mie instan (studi pada mie sedaap). Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.

Oktiani, A. & Khadafi, R. (2018). Pengaruh brand awareness dan brand image serta word of mouth terhadap brand trust dan pembentukan brand loyalty pada pelanggan c’bezt friedchicken kecamatan Genteng Banyuwangi. Journal of Economic, Business and Accounting (COSTING), 1 (2), 269-282.

Pradipta, D., Hidayat, K., & Sunarti, S. (2016). Pengaruh brand equity terhadap keputusan pembelian (survei pada konsumen pembeli dan pengguna kartu perdana simpati telkomsel di lingkungan mahasiswa jurusan administrasi bisnis angkatan 2012 & 2013 Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 34 (1), 138–147.

Primadasari, A. & Sudarwanto, T. (2021). Pengaruh brand awareness, brand image, dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian. FORUM EKONOMI: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi, 23 (2), 413-420.

Putri, S. L., & Deniza, M. P. (2018). Pengaruh brand awareness dan brand loyalty terhadap keputusan pembelian produk chicken nugget Fiesta di Kota Padang. Jurnal Agrica, 11(2), 70–78.

Putu Ratih Arta Eliasari, P.R.A. Sukaatmadja, I.P.G. (2017). Pengaruh brand awareness terhadap purchase intention dimediasi oleh perceived quality dan brand loyalty. E-Jurnal Manajemen Unud, 6 (12), 6620-6650.

Raharjo, S. T. (2017). Pengaruh ekuitas merek terhadap keputusan pembelian laptop merek toshiba di Semarang. Diponegoro Journal of Management, 6, 1–12.

Ramadayanti, F. (2019). Peran brand awareness terhadap keputusan pembelian produk. Jurnal Studi Manajemen dan Bisnis, 6 (2), 111–116.

Ramzani, E. (2015). Hubungan pengalaman praktik kerja industri dengan minat siswa dalam berwirausaha di SMK Muhammadiyah Prambanan. Skripsi. Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta.

William, C. & Japarianto, E. (2014). Analisis pengaruh ekuitas merek terhadap minat beli konsumen ice cream di De Boliva Surabaya. Jurnal Hospitality dan Manajemen Jasa, 2 (2), 1-15.

Downloads

Published

2022-06-30

Issue

Section

Articles