Analisis Strategi dan Pengembangan Usaha Tria Cake & Catering Di Kota Rembang pada Saat Pandemi Covid-19
DOI:
https://doi.org/10.12928/jfc.v4i2.5042Keywords:
Covid-19, Sosial media, Strategi manajemen, Tria Cake & Catering, UMKMAbstract
Keberadaan UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) memberikan kontribusi terhadap terciptanya investasi nasional karena berpotensi untuk perekonomian negara melalui penurunan tingkat pengangguran dan kemiskinan. UMKM tidak akan berjalan dengan baik apabila tidak diterapkan strategi manajemen, seperti produksi, manajemen keuangan dan pemasaran, apalagi seperti saat ini yang tengah terjadi pandemi Covid-19 banyak UMKM yang terdampak dan mengalami kerugian. Penelitian ini merupakan menggunakan pendekatan observasi melalui wawancara secara online kepada pemilik UMKM. Dengan adanya penerapan strategi manajemen yang baik dan tepat UMKM Tria Cake & Catering mampu bertahan dan berkembang dengan baik sampai saat ini. Dapat disebutkan bahwa UMKM tersebut tidak terdampak pandemi. UMKM tersebut melakukan penerapan strategi pemasaran dengan membaca peluang bisnis yang tersedia seperti penjualan bahan-bahan penunjang kesehatan seperti jahe, madu dan buah buahan, atau penambahan usaha penunjang pada usaha sebelumnya seperti party planner. Selain itu diadakannya diskon 10% saat penjualan awal bulan dapat menambah daya tarik tersendiri Terhadap UMKM Tria Cake & Catering. Metode pemasaran UMKM tersebut memanfaatkan sosial media seperti Facebook, WhatsApp, dan Instagram untuk mempromosikan usahanya pada jam khusus promosi, sekitar 17.00-20.00 WIB karena pada jam-jam tersebut banyak konsumen yang sedang beristirahat dan sedang menggunakan gadget.
References
Alfrian, G., R., dab Pitaloka, E. 2020. Strategi Usaha Mikro, kecil, dan Menengah, (UMKM) Bertahan pada Kondisi Pandemik Covid 19 di Indonesia, 6(2): 139-146
Afrillita, N. 2013. Analisis SWOT dalam Menentukan Strategi Pemasaran Sepeda Motor pada PT. Samekarindo Indah Di Samarinda. E-Jurnal Administrasi Bisnis, 1(1): 56-70.
Andrizal, G., F., dkk. 2021. Analisis Strategi Dan Pengembangan Usaha Pada Saat Pandemi Covid-19 (Studi Kasus: UMKM Feandra Cake). Jurnal Pendidikan Tambusai. 5(2): 2614-6754.
Anisah, N., dan Pujiati, L. 2018. Kesiapan Usaha Mikro Kecil dan Menengah Dalam Penerapan Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro Kecil dan Menengah Untuk Menunjang Kinerja. JAD: Jurnal Riset Akuntansi dan Keuangan Dewantara. 1(1): 45-56.
Bismala, L. 2016. Modal Manajemen Usaha Mikro Kecil dan Menangah (UMKM) untuk Menigkatkan Efektifitas Usaha Kecil Menengah. Jurnal Enterpreneur dan Enterpreneurship, 5(1): 19-25.
Hadi, D., F., dan Zakiah, K. 2021. Strategi Digital Marketing Bagi UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) untuk Bersaing di Era Pandemi. CompetitiveI, 16(1): 32-41.
Hamidah, Q., S., Mujahidah, A., Z., dan Sejati, A., T., P. 2019. The Development Of Small and Medium Businesses (MSMEs) Based on Tecnology to Deal With The Industrial Revolution 4.0. SHEs: Conference Series 2. 2(1): 345-249.
Humaira, I., dan Sagoro, E., M. 2018. Pengaruh Pengetahuan Keuangan, Sikap Keuangan, dan Kepribadian Terhadap Perilaku Manajemen Keuangan Pada Pelaku UMKM Sentra Kerajinan Batik Kabupaten Bantul. Jurnal Nominal. 7(1): 96-110.
Kristiyanti, M. 2012. Peran Strategis Usaha Kecil Menengah (UKM) dalam Pembanganan Nasional. Majalah Ilmiah Informatika, 3(1): 63-89.
Lubis, D., S. 2016. Pemberdayaan UMKM Melalui Lembaga Keuangan Syariah Sebagai Upaya Pengentasan Kemiskinan Kota Padangsidimpuan. At-tijaroh: Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis Islam. 2(2): 270-285.
Muniarty, P., dkk. 2021. Pengaruh Harga & Gaya Hidup Terhadap Minat Beli Masyarakat. E-Bisnis: Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis, 14(1): 91-102.
Noor, S. 2014. Penerapan Analisis SWOT dalam Menentukan Strategi Pemasaran Daihatsu Luxio Di Malang. Jurnal INTEKNA, 14(2): 102-209.
Sari, C., A., dan Widiastoeti, H. 2020. Penerapan Laporan Keuangan Berbasis SAK-EMKM Terhadap Kualitas Laporan Keuangan Pada UMKM Kampung Kue Di Rungkut Surabaya. Jurnal Analisi, Predeksi dan Informasi (Jurnal EKBIS). 1(21): 1-15.
Siagian, A., O., dan Prasetyo, T., F. 2020. Strategi Pengembangan Kompetisi Usaha Kecil Menengah di Kabupaten Jombang. Jurnal AKRAB JUARA, 5(4): 77-85.
Suci, Y., R. 2017. Perkembangan UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) di Indonesia. Jurnal Ilmiah Cano Ekonomos, 6(1):51-58.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Zenny Zanuba Arifah, Farid Jabbar Al Alif
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with JOURNAL OF FOOD AND CULINARY agree to the following terms:
- All articles published are Open Access that means they will be immediately and permanently free for everyone to read and download. We use the CC-BY-SA license options under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0). Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0). CC-BY-SA assures that all works will be available under CC-BY-SA always and no risk of commercial actions against the will of the copyright holder.
- Anyone can use, copy and disseminate the material in any medium or format; as well as re-use, re-mix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially. However, they must acknowledge the authors by giving appropriate credits (cite to the article or content), provide a link to the license, and indicate if changes were made and use under the same license as the original.
- Authors retain copyright and grant license exclusive rights in their article to Universitas Ahmad Dahlan as publisher of the JOURNAL OF FOOD AND CULINARY.
- Authors have the right to retain patent, trademark and other intellectual property rights (including research data).
- Authors have the right to proper attribution and credit for the published work.
Copyright Transfer Agreement
- The Authors submitting the manuscripts do so on the understanding that if they are accepted for publications, copyright of the articles shall be assigned to Universitas Ahmad Dahlan as publisher of the JOURNAL OF FOOD AND CULINARY.
- Universitas Ahmad Dahlan as publisher of The JOURNAL OF FOOD AND CULINARY, the Editors, and the Editorial Board Members of the JOURNAL OF FOOD AND CULINARY make every efforts to ensure that no wrong or misleading data, opinions or statements are published in the journal. In any way, the contents of the articles and circulars published in the JOURNAL OF FOOD AND CULINARY are the sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.
- The publisher may revoke the publication for violating the ethical code of conduct.