Analisis Strategi dan Pengembangan Usaha Tria Cake & Catering Di Kota Rembang pada Saat Pandemi Covid-19

Authors

  • Zenny Zanuba Arifah Universitas PGRI Semarang
  • Farid Jabbar Al Alif Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.12928/jfc.v4i2.5042

Keywords:

Covid-19, Sosial media, Strategi manajemen, Tria Cake & Catering, UMKM

Abstract

Keberadaan UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) memberikan kontribusi terhadap terciptanya investasi nasional karena berpotensi untuk perekonomian negara melalui penurunan tingkat pengangguran dan kemiskinan. UMKM tidak akan berjalan dengan baik apabila tidak diterapkan strategi manajemen, seperti produksi, manajemen keuangan dan pemasaran, apalagi seperti saat ini yang tengah terjadi pandemi Covid-19 banyak UMKM yang terdampak dan mengalami kerugian. Penelitian ini merupakan menggunakan pendekatan observasi melalui wawancara secara online kepada pemilik UMKM. Dengan adanya penerapan strategi manajemen yang baik dan tepat UMKM Tria Cake & Catering mampu bertahan dan berkembang dengan baik sampai saat ini. Dapat disebutkan bahwa UMKM tersebut tidak terdampak pandemi. UMKM tersebut melakukan penerapan strategi pemasaran dengan membaca peluang bisnis yang tersedia seperti penjualan bahan-bahan penunjang kesehatan seperti jahe, madu dan buah buahan, atau penambahan usaha penunjang pada usaha sebelumnya seperti party planner. Selain itu diadakannya diskon 10% saat penjualan awal bulan dapat menambah daya tarik tersendiri Terhadap UMKM Tria Cake & Catering. Metode pemasaran UMKM tersebut memanfaatkan sosial media seperti Facebook, WhatsApp, dan Instagram untuk mempromosikan usahanya pada jam khusus promosi, sekitar 17.00-20.00 WIB karena pada jam-jam tersebut banyak konsumen yang sedang beristirahat dan sedang menggunakan gadget.

References

Alfrian, G., R., dab Pitaloka, E. 2020. Strategi Usaha Mikro, kecil, dan Menengah, (UMKM) Bertahan pada Kondisi Pandemik Covid 19 di Indonesia, 6(2): 139-146

Afrillita, N. 2013. Analisis SWOT dalam Menentukan Strategi Pemasaran Sepeda Motor pada PT. Samekarindo Indah Di Samarinda. E-Jurnal Administrasi Bisnis, 1(1): 56-70.

Andrizal, G., F., dkk. 2021. Analisis Strategi Dan Pengembangan Usaha Pada Saat Pandemi Covid-19 (Studi Kasus: UMKM Feandra Cake). Jurnal Pendidikan Tambusai. 5(2): 2614-6754.

Anisah, N., dan Pujiati, L. 2018. Kesiapan Usaha Mikro Kecil dan Menengah Dalam Penerapan Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro Kecil dan Menengah Untuk Menunjang Kinerja. JAD: Jurnal Riset Akuntansi dan Keuangan Dewantara. 1(1): 45-56.

Bismala, L. 2016. Modal Manajemen Usaha Mikro Kecil dan Menangah (UMKM) untuk Menigkatkan Efektifitas Usaha Kecil Menengah. Jurnal Enterpreneur dan Enterpreneurship, 5(1): 19-25.

Hadi, D., F., dan Zakiah, K. 2021. Strategi Digital Marketing Bagi UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) untuk Bersaing di Era Pandemi. CompetitiveI, 16(1): 32-41.

Hamidah, Q., S., Mujahidah, A., Z., dan Sejati, A., T., P. 2019. The Development Of Small and Medium Businesses (MSMEs) Based on Tecnology to Deal With The Industrial Revolution 4.0. SHEs: Conference Series 2. 2(1): 345-249.

Humaira, I., dan Sagoro, E., M. 2018. Pengaruh Pengetahuan Keuangan, Sikap Keuangan, dan Kepribadian Terhadap Perilaku Manajemen Keuangan Pada Pelaku UMKM Sentra Kerajinan Batik Kabupaten Bantul. Jurnal Nominal. 7(1): 96-110.

Kristiyanti, M. 2012. Peran Strategis Usaha Kecil Menengah (UKM) dalam Pembanganan Nasional. Majalah Ilmiah Informatika, 3(1): 63-89.

Lubis, D., S. 2016. Pemberdayaan UMKM Melalui Lembaga Keuangan Syariah Sebagai Upaya Pengentasan Kemiskinan Kota Padangsidimpuan. At-tijaroh: Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis Islam. 2(2): 270-285.

Muniarty, P., dkk. 2021. Pengaruh Harga & Gaya Hidup Terhadap Minat Beli Masyarakat. E-Bisnis: Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis, 14(1): 91-102.

Noor, S. 2014. Penerapan Analisis SWOT dalam Menentukan Strategi Pemasaran Daihatsu Luxio Di Malang. Jurnal INTEKNA, 14(2): 102-209.

Sari, C., A., dan Widiastoeti, H. 2020. Penerapan Laporan Keuangan Berbasis SAK-EMKM Terhadap Kualitas Laporan Keuangan Pada UMKM Kampung Kue Di Rungkut Surabaya. Jurnal Analisi, Predeksi dan Informasi (Jurnal EKBIS). 1(21): 1-15.

Siagian, A., O., dan Prasetyo, T., F. 2020. Strategi Pengembangan Kompetisi Usaha Kecil Menengah di Kabupaten Jombang. Jurnal AKRAB JUARA, 5(4): 77-85.

Suci, Y., R. 2017. Perkembangan UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) di Indonesia. Jurnal Ilmiah Cano Ekonomos, 6(1):51-58.

Downloads

Published

2021-12-31

Issue

Section

Articles