Persepsi Generasi Z Terhadap Pengaruh Media Sosial dalam Intensi Pembelian Makanan Vegetarian ala Korea Pada Bisnis Rice Bowl In.yo

Marcella Amanda Genady, Cynthia Michellita

Abstract


Pesatnya perubahan tren makanan dan minuman menjadi tantangan besar bagi industri kuliner. Dengan adanya pandemi COVID-19, mulai muncul tren makanan vegetarian dan makanan sehat, selain itu makanan Korea juga kian digemari oleh Generasi Z. Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui persepsi Generasi Z khususnya konsumen In.yo, sebuah bisnis lokal bertemakan Korea yang menyediakan berbagai varian makanan dengan protein nabati yang diolah dengan cita rasa ala Korea, terhadap pengaruh media sosial dalam intensi pembelian makanan vegetarian ala Korea, meskipun konsumen tidak menjalankan pola hidup vegetarian jenis apapun. Penelitian dilakukan secara daring pada 4 (empat) konsumen In.yo di kota Surabaya, Jombang, dan Samarinda. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Generasi Z meskipun memiliki pengetahuan yang sangat rendah mengenai jenis-jenis vegetarian maupun protein nabati sebagai alternatif daging, memiliki intensi pembelian makanan vegetarian ala  Korea  karena  rasa penasaran ingin mencoba karena melihat iklan yang ada di media sosial, ingin menurunkan berat badan,serta karena harga yang lebih murah dibandingkan dengan menu berprotein daging ayam. Sehingga usaha In.yo untuk mengedukasi Generasi Z mengenai pola makan vegetarian melalui media sosial, serta menyediakan pilihan makanan vegetarian memiliki pengaruh besar untuk mengubah persepsi Generasi Z terhadap makanan vegetarian ala Korea.


Keywords


generasi Z; makanan Korea; media sosial; vegetarian

Full Text:

PDF

References


Anonim. 2020. Tumbuh 20%, Berikut Tren Bisnis Kuliner di Surabaya. https://gobiz.co.id/pusat-pengetahuan/bisnis-kuliner-surabaya/. Diakses 30 Januari 2021.

Boyd, H.W., Walker, O.C & :arrenche, J.C.2000. Manajemen Pemasaran: Suatu Pendekatan Strategis dengan Orientasi Global. Jilid 1. Alih bahasa: Imam Nurmawan. Jakarta: Erlangga.

Chandra, Y. (2009). Hidup Sehat dengan Makanan Vegetarian. http://www.kaltimpost.co.id/?mib=berita.detail&id=33125 Diakses pada tanggal 2 Februari 2021.

Fer. 2020. Generasi Z Dominasi Pengguna Internet Selama Pandemi Covid-19. https://www.beritasatu.com/digital/654827/generasi-z-dominasi-pengguna- internet-selama-pandemi-covid19 Diakses 30 Januari 2021.

Furaji, F., Latuszyńska, M., Wawrzyniak, A., & Wasikowska, B. (2013). Study on the influence of advertising attractiveness on the purchase decisions of women and men. Journal of International Studies. 6(2), 20-32. DOI: 10.14254/2071- 8330.2013/6- 2/2.

Hendrika, Agnesia. 2011. Dinamika Kongnitif Kaum Vegan. Surabaya :Fakultas Psikologi Universitas Widya Mandala .

Kementrian Perindustrian Republik Indonesia. 2018. Jadi Prioritas Industri 4.0, Lima Sektor Ini Berkontribusi 60 Persen untuk PDB. https://kemenperin.go.id/artikel/19231/Jadi-Prioritas-Indutri-4.0,-Lima-Sektor-Ini-Berkontribusi-60-Persen-untuk-PDB Diakses 30 Januari 2021.

Khomsan, A. (2006). Solusi Makanan Sehat. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Kotler, P., & Amstrong, G. (2004).Principles of marketing (10th ed.). New Jersey: Prentice Hall. Inc.

Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane. 2016. Marketing Management. 15th Edition. New York: Pearson Education Limited. 2002. Manajemen Pemasaran. Jilid 1. Alih Bahasa: Benjamin Molan. Jakarta: Prenhallindo.

Maslow, Abraham. Tanpa Tahun. Motivation and Personality (Teori Motivasi dengan Ancangan Hirarki Kebutuhan Manusia). Terjemahan Oleh Nurul Iman. 1984. Jakarta: PT Gramedia.

Mowen, J.C & Minor, M. 2002. Perilaku Konsumen. Alih bahasa: Dwi Kartini Yahya. Jakarta: Erlangga.

Neti, Sisira. 2011. Social Media and Its Role in Marketing. International Journal of Enterprise Computing and Business Systems. 1(2):1-6.

Padmasuri, Karina. 2015. I'm a Happy Vegetarian, Gaya Hidup dengan Resep-Resep Vegetarian Pilihan. Yogyakarta: OCTOPUS Publishing House.

Putri, Karina Amaliantami. Amirudin, dan Mulyo Hadi Purnomo. 2019. Korean Wave dalam Fanatisme dan Konstruksi Gaya Hidup Generasi Z. Nusa.Vol 14(1):128- 129.

Rossi, Ara. 2012. Vegetarian. Yogyakarta: G-Media

Salvatore, Dominick. 2005. Managerial Economics. Fifth Edition. Singapore: Thomson Learning.

Sawyer, Stacey. C & Williams, Brian K. 2001. Using Information Technology. New York: McGraw-Hill Company.

Schiffman, L.G. dan Leslie Lazar Kanuk. 2004. Perilaku Konsumen. Alih Bahasa: Soleh Rusyadi M. Jakarta:PT. Indeks Group Gramedia.

Sproles, G.B., & Kendall, E.L. 1986. A methodology for rofiling consumers decision making styles. The Journal of Consumer Affairs. 20(2):267-79.

Sumarwan, Ujang. 2002. Perilaku Konsumen (Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran). Bogor: Ghalia Indonesia.

Susianto, Widjaja, H. & Mailoa, H.J. 2007. Diet Vegetarian. Jakarta: Niaga Swadaya.

Susilawati, Desy. 2020. Ingin Berlaih pada Makanan Nabati? Pahami Dulu Hal Ini. https://www.republika.co.id/berita/qlhgl2425/ingin-beralih-pada-makanan-nabati- pahami-dulu-hal-ini. Diakses pada 4 Februari 2021.

Sustina. 2001. Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. Bandung: PT Rosdakarya.

Toporowski, W. dan Lademann, R. 2014. The Importance of Assortment, Pricing, and Retail Site Location for Competition in Food Retailing - Results from Marketing Research, Marketing, ZFP, Quartal 2014.http://www.lademann-associates.de/images/docs/The_Importance_of_Assortment,_Pricing,_and_Retail_Site_Location_for_Competition_in_Food_Retailing.pdf.Diakses 2 Februari 2021.

Trihendrawan, Nuriwan. 2019. Sektor Kuliner Indonesia Tumbuh 12,7 %. https://ekbis.sindonews.com/berita/1388028/34/sektor-kuliner-indonesia-tumbuh- 127?showpage=all Diakses pada 30 Januari 2021.

Walgito, B. 2002. Pengantar Psikologi Umum.Yogyakarta : Andi Yogyakarta.

Wijoyo, Hadion, dkk. 2020. Generasi Z & Revolusi Industri 4.0. Banyumas: CV. Pena Persada.




DOI: https://doi.org/10.12928/jfc.v4i1.4128

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Universitas Ahmad Dahlan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


Journal of Food and Culinary
Kampus 2 Universitas Ahmad Dahlan
Jalan Pramuka No. 42, Pandeyan, Umbulharjo, Yogyakarta - 55161
Telp. (0274) 563515, ext. 4902; Fax. (0274) 564604
Email: jfc@culinary.uad.ac.id


p-ISSN: 2621-8445 | e-ISSN: 2621-8437


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

 

View My Stats