Analisis Strategi Pemasaran Usaha Catering Makanan Sehat untuk Orang Tanpa Gejala (OTG)

Authors

  • Sudarti Sudarti Jurnal Pendidikan Kedokteran Indonesia UGM
  • Rima Wardiana Balai Pendidikan Menengah Kota Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.12928/jfc.v4i2.4124

Keywords:

Pemasaran, Makanan Sehat, Orang Tanpa Gejala

Abstract

COVID-19 telah merubah tatanan kehidupan dalam waktu yang sangat singkat di dunia. Indonesia yang merupakan salah satu  negara dengan menduduki peringkat serius dalam terdampak merebaknya COVID-19 membuat pemerintah mengambil kebijakan pembatasan interaksi masyarakat. Pembatasan interaksi masyarakat ini bertujuan untuk memutus rantai penyebaran COVID-19 di level terendah.

Penelitian ini bertujuan 1) mengetahui faktor lingkungan internal yang berpengaruh terhadap strategi pemasaran usaha Catering makanan sehat untuk Orang Tanpa Gejala (OTG); 2) Mengetahui faktor lingkungan eksternal yang berpengaruh terhadap strategi usaha Catering makanan sehat untuk OTG, dan 3) Mengetahui sistem pemasaran yang sesuai untuk usaha Catering makanan sehat untuk OTG. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dimana data diperoleh dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Wawancara dilakukan di secara random dimana terdapat OTG pada kampung yang berada di wilayah Kota Yogyakarta..

Hasil lapangan digunakan untuk analisis SWOT yang terdiri dari tabel IFAS, tabel EFAS, matriks IE, dan matriks SWOT. Hasil penelitian ini menunjukkan faktor internal yang berpengaruh berupa Lokasi Strategis, Inovasi makanan up to date, Takaran gizi pada makanan sesuai kebutuhan, pemesanan harga produk makanan menyesuaikan kebutuhan, kurang promosi, keterbatasan armada pengiriman, Sumber Daya Manusia (SDM) dengan kemampuan terbatas. Faktor eksternal: jumlah pesaing sedikit, suplai tenaga kerja banyak, daya beli konsumen (OTG), suplai bahan pokok, respon masyarakat di sekitar baik, menu makanan mudah ditiru, faktor alergi makanan pada konsumen (OTG), harga bahan pokok yang tidak stabil.

References

Dionita, R.K., dan Wicaksana, A.L. 2020.” Current prevalence, characteristics, and comorbidities of patients with COVID-19 in Indonesia”, dalam Journal of community empowerment for health, Vol.3(2).

Umaroh , R. dan Pangaribowo, E.H., 2020. “Welfare Impact of High-Nutrient Foods’ Price Increase on Indonesian Households: is There a Role for Own-Farm Production?”, dalam Journal of Indonesian Economy and Business, Vol.35 No. 1.

Ayuni , R.F., 2020. “Bringing Virtual Communities into a Marketing Strategy to Create Purchase Intentions in the Social Media Era”, dalam Journal of Indonesian Economy and Business, Vol.35 No. 2.

Wibowo , H.A., dan Indarti, N., 2020. “Blue-Collar Workers Entrepreneurial Intentions and The Extended Theory of Reasoned Action: Incorporating SEM and Person-Item Map Analysis”, dalam Journal of Indonesian Economy and Business, Vol.35 No. 3.

Ptma , T.S., dkk., 2020. “Impact of Information Quality on Customer Perceived Value, Experience Quality, and Customer Satisfaction from Using GoFood Aplication”, dalam Journal of Indonesian Economy and Business, Vol.36 No. 1.
B
udiarani , V.H., dkk., 2020. “The Kano Model: How the Pandemic Influences Customer Satisfaction with Digital Wallet Services in Indonesia”, dalam Journal of Indonesian Economy and Business, Vol.36 No. 1.

Bakhtiar, R.,dkk. 2020.” Relationship between understanding of COVID-19's infographics and the efforts to prevent COVID-19 transmission”, dalam Journal of community empowerment for health, Vol.3 No.2.
L
eksono, T.P.,dkk. 2020.” Perceptions of a COVID-19 education public service announcement in Nunukan Regency, North Kalimantan: a qualitative study”, dalam Journal of community empowerment for health, Vol.3 No.2.

Rhatomy, S.,Prasetyo., T.E., 2020.” Impact of COVID-19 on primary care visits: lesson learnt from the early pandemic period”, dalam Journal of community empowerment for health, Vol.3 No.2.

Hidayati.I., dkk., 2020.” The Determinants of Inclusive Economic Growth in Yogyakarta”, dalam Jurnal Economia Review of Business and Economics Studies, Vol.16 No.2.

Purwanti.A.A., dkk., 2020.” Product Quality and After-Sales Service in Improving Customer Satisfaction and Loyalty”, dalam Jurnal Economia Review of Business and Economics Studies, Vol.16 No.2.

Gustina.L., dkk., 2020.” The Role of Cognitive Skills, Non-Cognitive Skills, and Internet Use on Entrepreneurs’ Success in Indonesia”, dalam Jurnal Economia Review of Business and Economics Studies, Vol.16 No.1.

Downloads

Published

2021-12-31

Issue

Section

Articles