Risiko dan Peluang Industri Makanan Rumah Tangga dengan Sistem On-Line dalam Masa Pandemi Covid-19 di DIY
DOI:
https://doi.org/10.12928/jfc.v4i1.4123Keywords:
Industri Makanan Rumah Tangga, Keamanan Pangan, Pandemi Covid-19, Pangan HalalAbstract
Dalam masa pandemi Covid-19, sistem pemesanan dan pengantaran online pada industri makanan rumah tangga merupakan sebuah alternatif untuk memenuhi kebutuhan pangan konsumen tanpa harus keluar rumah sekaligus sebagai penggerak ekonomi nasional. Namun demikian, isu keamanan pangan, risiko transmisi virus, dan kehalalan makanan masih menjadi tantangan dalam menjalankan bisnis tersebut dengan banyaknya produk industri makanan rumah tangga yang belum beregistrasi dan bersertifikasi halal. Penelitian ini bertujuan mengkaji tentang bagaimana persepsi stakeholder industri makanan rumah tangga dengan sistem online di masa pandemi Covid-19 terkait: 1) Risiko kesehatan dan kehalalan produk 2) Peluang ekonomi bisnis makanan online 3) Praktik pengelolaan bisnis makanan untuk meminimalisasi risiko dan memaksimalkan peluang penjualan makanan secara online. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain deskriptif yang dilaksanakan melalui wawancara online pada bulan Januari-Februari di DIY. Responden adalah produsen makanan di DIY, menyelenggarakan produksi makanan komersial skala rumah tangga selama pandemi, melaksanakan sistem penjualan makanan secara online, dan tidak memiliki toko offline. Pengumpulan data dilakukan dengan metode purposive sampling. Metode triangulasi dilakukan dengan melakukan wawancara kepada ahli keamanan dan kehalalan pangan dan konsumen industri makanan rumahan dengan total jumlah responden 8 orang. Industri makanan skala rumah tangga dalam masa pandemi Covid-19 memberikan dampak positif pada penguatan ekonomi rumah tangga dan peluang usaha. Risiko keamanan dan kehalalan pangan muncul dari minimnya pengetahuan produsen tentang keamanan dan kehalalan pangan, keterbatasan sumber daya, serta produk yang dihasilkan belum tersertifikasi. Risiko tersebut dapat diminimalkan dengan kolaborasi antara produsen, konsumen dan pemerintah untuk mewujudkan pangan yang aman dan halal.
References
Achmad, Z. A., Azhari, T. Z., Esfandiar, W. N., Nuryaningrum, N., Syifana, A. F. D., & Cahyaningrum, I. (2020). Pemanfaatan Media Sosial dalam PEmasaran Produk UMKM di Kelurahan Sidokumpul, Kabupaten Gresik. Jurnal Ilmu Komunikasi, 10(1), 15. http://jurnalfdk.uinsby.ac.id/index.php/JIK%0APEMANFAATAN
Akim, Konety, N., Purnama, C., & Adilla, M. H. (2018). The Understanding of Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (UMKM) in Jatinangor on the Obligation of Halal Certification on Food Products. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 31-49. http://jurnal.unpad.ac.id/kumawula/index
Ambawani, T., & Mukarromah, S. (2020). Praktik Jual Beli Online dengan Sistem Pre-order pada Online Shop dalam Tinjauan Hukum Islam Online Buying and Selling Practices with the Pre-order System on the Online Shop in the Islamic Law Review. Alhamra, 1(1), 35-46.
Aniqoh, N. A. F. A., & Hanastiana, M. R. (2020). Halal Food Industry: Challenges and Opportunities in Europe. Journal of Digital Marketing and Halal Industry, 2(1), 43. https://doi.org/10.21580/jdmhi.2020.2.1.5799
Aprilianti, I., & Amanta, F. (2020). Makalah Kebijakan No.28: Memajukan Keamanan Pangan pada Layanan Pesan Antar Makanan Daring di Indonesia (Issue 28). https://repository.cips-indonesia.org/publications/324009/memajukan-keamanan-pangan-pada-layanan-pesan-antar-makanan-daring-di-indonesia
BPOM Aceh. (2020). Mencerdaskan Pelaku Usaha Pangan dan Konsumen, Kunci Keamanan Pangan. Balai POM Banda Aceh. https://www.pom.go.id/new/view/more/berita/19912/Mencerdaskan-Pelaku-Usaha-Pangan-dan-Konsumen--Kunci-Keamanan-Pangan.html
Chaudry, M. M., & Riaz, M. N. (2014). Safety of Food and Beverages: Halal Food Requirements. In Encyclopedia of Food Safety (Vol. 3). Elsevier Ltd. https://doi.org/10.1016/B978-0-12-378612-8.00400-5
Farhan, A. (2019). Pelaksanaan Sertifikasi Halal Lppom Mui Terhadap Produk Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (Umkm) (Studi Lppom Mui Provinsi Bengkulu). Manhaj: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 3(1), 1. https://doi.org/10.29300/mjppm.v3i1.2340
Irsad Adriyanto. (2018). Penguatan Daya Saing Usaha Mikro Kecil Menengah Melalui E-Commerce. Bisnis, 6(2), 1-8.
Kinanti, B. A., Pujianto, T., & Kastaman, R. (2020). Analisis Titik Kritis Halal pada Proses Produksi di Komunitas UKM Aksara Cimahi Menggunakan Failure Mode Effect Analysis (FMEA). Jurnal Ekonomi Pertanian Dan Agribisnis (JEPA), 4(4), 738-751. https://doi.org/10.21776/ub.jepa.2020.004.04.04
Kumar, A., & Kaur, A. (2020). Complaint management-review and additional insights. International Journal of Scientific and Technology Research, 9(2), 1501-1509.
Lestari, T. R. P. (2015). Kewaspadaan terhadap Pangan yang Tidak Aman Dikonsumsi. Info Singkat Kesejahteraan Sosial, VII(08), 4.
Manayang, Y., Joseph, W. B. S., & Sumampouw, O. J. (2018). Higiene dan Sanitasi Industri Pangan Rumah Tangga di Wilayah Kerja Puskesmas Paniki Bawah. Jurnal KESMAS, 7(5). https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/kesmas/article/viewFile/22514/22205
Putra, K. A. D., Hidayatullah, F., & Farida, N. (2020). Mediatisasi Layanan Pesan Antar Makanan Di Indonesia Melalui Aplikasi Go-Food. Islamic Communication Journal, 5(1), 114. https://doi.org/10.21580/icj.2020.5.1.5416
R. Pritanova, P., Muhandri, T., & Nurjanah, S. (2020). Karakteristik dan Pemenuhan CPPOB Pelaku UMKM Online Produk Olahan Beku Daging Sapi dan Ayam di DKI Jakarta. Jurnal Ilmu Produksi Dan Teknologi Hasil Peternakan, 8(3), 102-108. https://doi.org/10.29244/jipthp.8.3.102-108
Sarijani, E. (2015). Peran Kreativitas dan Inovasi Pelaku Usaha dalam Diversifikasi Produk Kuliner Kedai Steak & Chicken di Kabupaten Magetan Tahun 2014. In Universitas Sebelas Maret. Universitas Sebelas Maret.
Sholichah, W., Vanany, I., Soeprijanto, A., Anwar, M. K., & Fatmawati, L. (2017). Analisis Risiko Makanan Halal Di Restoran Menggunakan Metode Failure Mode and Effect Analysis. Jurnal Ilmiah Teknik Industri, 16(2), 150. https://doi.org/10.23917/jiti.v16i2.4941
Sugiri, D. (2020). Menyelamatkan Usaha Mikro , Kecil dan Menengah dari Dampak Pandemi Menyelamatkan Usaha Mikro , Kecil dan Menengah dari Dampak Pandemi Covid-19. August. https://doi.org/10.32639/fokusbisnis.v19i1.575
WHO & FAO. (2020). COVID-19 dan Keamanan Pangan: Panduan untuk otoritas yang berwenang atas sistem pengawasan keamanan pangan nasional: Panduan Interim (Issue April). https://creativecommons.org/licenses/by-nc- sa/3.0/igo/
Yunita, H. I. D. (2018). STUDI TENTANG PELUANG DAN TANTANGAN INDUSTRI PANGAN HALAL TERHADAP PEREKONOMIAN DI INDONESIA.
Zhao, Y., & Bacao, F. (2020). What Factors Determining Customer Continuingly Using Food Delivery Apps During 2019 Novel Coronavirus Pandemic Period? International Journal of Hospitality Management, 91(January), 12.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Universitas Ahmad Dahlan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with JOURNAL OF FOOD AND CULINARY agree to the following terms:
- All articles published are Open Access that means they will be immediately and permanently free for everyone to read and download. We use the CC-BY-SA license options under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0). Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0). CC-BY-SA assures that all works will be available under CC-BY-SA always and no risk of commercial actions against the will of the copyright holder.
- Anyone can use, copy and disseminate the material in any medium or format; as well as re-use, re-mix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially. However, they must acknowledge the authors by giving appropriate credits (cite to the article or content), provide a link to the license, and indicate if changes were made and use under the same license as the original.
- Authors retain copyright and grant license exclusive rights in their article to Universitas Ahmad Dahlan as publisher of the JOURNAL OF FOOD AND CULINARY.
- Authors have the right to retain patent, trademark and other intellectual property rights (including research data).
- Authors have the right to proper attribution and credit for the published work.
Copyright Transfer Agreement
- The Authors submitting the manuscripts do so on the understanding that if they are accepted for publications, copyright of the articles shall be assigned to Universitas Ahmad Dahlan as publisher of the JOURNAL OF FOOD AND CULINARY.
- Universitas Ahmad Dahlan as publisher of The JOURNAL OF FOOD AND CULINARY, the Editors, and the Editorial Board Members of the JOURNAL OF FOOD AND CULINARY make every efforts to ensure that no wrong or misleading data, opinions or statements are published in the journal. In any way, the contents of the articles and circulars published in the JOURNAL OF FOOD AND CULINARY are the sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.
- The publisher may revoke the publication for violating the ethical code of conduct.