Hubungan Persepsi Label Halal Mui Terhadap Minat Beli Produk Makanan Pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Surakarta
DOI:
https://doi.org/10.12928/jfc.v3i1.3597Keywords:
Fakultas Ilmu Kesehatan, persepsi, label halal, minat beli, mahasiswaAbstract
Islam mengatur banyak mengenai halal dan haram dalam bidang makanan. Makanan adalah kebutuhan primer yang menunjang aktifitas fisik. Pengetahuan mengenai makanan halal sangat penting bagi masyarakat umum, terutama umat Islam. Secara umum, konsumen Muslim akan memiliki persepsi yang positif terhadap produk makanan yang menggunakan pendekatan halal. Persepsi konsumen dalam menentukan label halal pada makanan berpengaruh positif terhadap keputusan konsumen dalam menentukan minat beli. Indonesia dengan populasi penduduk mayoritas Muslim, tentu akan membawa pengaruh yang besar bagi budaya yang berkembang di Indonesia, terutama dalam budaya konsumsi pangan. Di Indonesia makanan halal sudah diatur oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI) yang secara teknis ditangani oleh Lembaga Pengkajian Pangan Obat-obatan (LPPOM) dengan mengeluarkan sertifikat halal dan label halal. Label Halal adalah tanda kehalalan suatu produk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan persepsi label halal MUI dengan minat beli produk makanan pada mahasiswa Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Surakarta. Penelitian ini merupakan penelitian observasional dengan pendekatan cross sectional. Jumlah subjek penelitian sebanyak 62 dipilih dengan metode propotionate stratified random sampling. Data persepsi sertifikasi halal dan data minat beli diperoleh dengan menggunakan kuesioner di google form. Skala menggunakan skala Likert. Analisis data dengan uji Rank Spearman. Hasil penelitian menunjukkan persepsi label halal MUI responden termasuk dalam kategori rendah (54,8%). Minat beli produk makanan sebagian besar termasuk dalam kategori tinggi (58,1%). Hasil uji Rank Spearman untuk persepsi label halal MUI dengan minat beli produk makanan nilai p=0,000. Ada hubungan persepsi label halal MUI dengan minat beli produk makanan.
References
Abdul Aziz, Y. & Vui, C. N. 2012. The role of Halal awareness and Halal certification ininfluencing non-Muslim purchasing intention. Paper presented at 3rd International Conference on Business and Economic Research (3rd ICBER 2012) Proceeding, 1819-1830.
Ahmad, M., Kadir, S.A., Salehudin, N.A. 2013, Perceptions and Behaviours of Muslims and Non-Muslims Towards Halal Products, Journal of Social and Development Sciences, Vol. 4 No. 6, pp. 249-257.
Almatsier, Sunita. 2001. Prinsip Dasar Ilmu Gizi. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.
Al-Quran. Al-Baqarah : 168 dan 173.
Ann, MF. 2008. The digital consumer valuable partner for product development and production,Cloth. Textiles Res. J., 26 (2): 177-190.
Badan Pusat Statistik Jakarta Pusat , 2010. Statistik Indonesia Tahun 2010. Jakarta Pusat : Badan Pusat Statistik
Bonne, K, & Verbeke, W. 2006. Muslim Consumers Motivations towards Meat Consumption in Belgium: Insights from a Means-End Chain Approach. Journal Anthropology of Food, 5(1), 1-24.
Cahyati, Rikka. 2016. Pengaruh Pencantuman Label Halal Terhadap Minat Beli Luwak White Coffee Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas 17 Agustus 1945 Samarinda. Skripsi. Fakultas Ekonomi. Universitas 17 Agustus 1945. Samarinda.
Fung, RYK., Chong, SPY. And Wang, Y. 2004. A Framework of Product Styling Platform Approach:styling as intangible modules. Concurr. Eng.,12 (2).
Hasan, Ali. 2013. Marketing dan Kasus-kasus Pilihan. Yogyakata : CAPS
Kurniawan, Petrus. 2017. Hubungan Persepsi Konsumen Tentang Kehalalan Produk Samyang dan Terpaan Persuasi Reference Group Terhadap Minat Beli Produk Samyang. Skripsi. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Universitas Diponegoro.
Kotler, dan Amstrong. 2003. Dasar-Dasar Pemasaran. Edisi Ke-9. Jilid 1. Jakarta : PT.Indeks Gramedia.
Laura, King. 2016. Psikologi Umum. Jakarta Pusat : Salemba Humanika.
Nugraha, Ranu, Muhammad,KH, dan Anies,SB. 2017. Pengaruh Labelisasi Halal Terhadap Minat Beli Konsumen. Jurnal Administrasi Vol 50.
Rambe, Yuli Mutia dan Affifudin. 2012. Pengaruh Pencantuman Label Halal Pada Kemasan Mie Instan Terhadap Minat Pembelian Masyarakat Muslim. Jurnal Ekonomi dan Keuangan. Vol 1, No.1.
Rao, AR., dan Monroe, KB. 1988. The moderating effect of prior knowledge on cue utilization in product evaluations. J.Consum,Res., 15:253-264.
Riaz, Mian N, dan Chaundry,Muhammad M. 2004. Halal Food Production. Boca Raton, FL : CRC Press.
Robbins, Stephen P. 2002. Prinsip-Prinsip Perilaku Organisasi. Edisi ke-5. Jakarta : Penerbit Erlangga.
Shafie, S., & Othman, M. N. 2006. Halal Certification: International Marketing Issues and Challenges. Paper Presented At The Ifsa Vii World Congress Berlin, Germany.
Soesilawati, Endang S. 2010. Perilaku Konsumsi Muslim dalam Mengkonsumsi Makanan Halal. Jurnal Indonesia Vol 3.
Sumarwan, Ujang. 2011. Perilaku Konsumen : Teori dan Penerapannya Dalam Pemasaran. Bogor : Penerbit IPB Press.
Wahyuni, Meika. 2015. Persepsi Konsumen Muslim Terhadap Sertifikasi Halal. Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Universitas Islam Negeri Walisongo. Semarang.
Waskito, Danang. 2015. Pengaruh Sertifikasi Halal, Kesadaran Halal, Dan Bahan Makanan Terhadap Minat Beli Produk Makanan Halal. Skripsi. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta.
Younus, Sohai.l, Faiza,Rashed., dan Anas,Zia. 2015. Identifying the Factors Affecting Customer Purchase Intention. USA : Journal Vol. 15.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Kurnia Fitra Nanda, Retty Ikawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with JOURNAL OF FOOD AND CULINARY agree to the following terms:
- All articles published are Open Access that means they will be immediately and permanently free for everyone to read and download. We use the CC-BY-SA license options under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0). Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0). CC-BY-SA assures that all works will be available under CC-BY-SA always and no risk of commercial actions against the will of the copyright holder.
- Anyone can use, copy and disseminate the material in any medium or format; as well as re-use, re-mix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially. However, they must acknowledge the authors by giving appropriate credits (cite to the article or content), provide a link to the license, and indicate if changes were made and use under the same license as the original.
- Authors retain copyright and grant license exclusive rights in their article to Universitas Ahmad Dahlan as publisher of the JOURNAL OF FOOD AND CULINARY.
- Authors have the right to retain patent, trademark and other intellectual property rights (including research data).
- Authors have the right to proper attribution and credit for the published work.
Copyright Transfer Agreement
- The Authors submitting the manuscripts do so on the understanding that if they are accepted for publications, copyright of the articles shall be assigned to Universitas Ahmad Dahlan as publisher of the JOURNAL OF FOOD AND CULINARY.
- Universitas Ahmad Dahlan as publisher of The JOURNAL OF FOOD AND CULINARY, the Editors, and the Editorial Board Members of the JOURNAL OF FOOD AND CULINARY make every efforts to ensure that no wrong or misleading data, opinions or statements are published in the journal. In any way, the contents of the articles and circulars published in the JOURNAL OF FOOD AND CULINARY are the sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.
- The publisher may revoke the publication for violating the ethical code of conduct.