Hubungan Persepsi Label Halal Mui Terhadap Minat Beli Produk Makanan Pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Surakarta

Authors

  • Kurnia Fitra Nanda Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Retty Ikawati Universitas Ahmad Dahlan

DOI:

https://doi.org/10.12928/jfc.v3i1.3597

Keywords:

Fakultas Ilmu Kesehatan, persepsi, label halal, minat beli, mahasiswa

Abstract

Islam mengatur banyak mengenai halal dan haram dalam bidang makanan. Makanan adalah kebutuhan primer yang menunjang aktifitas fisik. Pengetahuan mengenai makanan halal sangat penting bagi masyarakat umum, terutama umat Islam. Secara umum, konsumen Muslim akan memiliki persepsi yang positif terhadap produk makanan yang menggunakan pendekatan halal. Persepsi konsumen dalam menentukan label halal pada makanan berpengaruh positif terhadap keputusan konsumen dalam menentukan minat beli. Indonesia dengan populasi penduduk mayoritas Muslim, tentu akan membawa pengaruh yang besar bagi budaya yang berkembang di Indonesia, terutama dalam budaya konsumsi pangan. Di Indonesia makanan halal sudah diatur oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI) yang secara teknis ditangani oleh Lembaga Pengkajian Pangan Obat-obatan (LPPOM) dengan mengeluarkan sertifikat halal dan label halal. Label Halal adalah tanda kehalalan suatu produk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan persepsi label halal MUI dengan minat beli produk makanan pada mahasiswa Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Surakarta. Penelitian ini merupakan penelitian observasional dengan pendekatan cross sectional. Jumlah subjek penelitian sebanyak 62 dipilih dengan metode propotionate stratified random sampling. Data persepsi sertifikasi halal dan data minat beli diperoleh dengan menggunakan kuesioner di google form. Skala menggunakan skala Likert. Analisis data dengan uji Rank Spearman. Hasil penelitian menunjukkan persepsi label halal MUI responden termasuk dalam kategori rendah (54,8%). Minat beli produk makanan sebagian besar termasuk dalam kategori tinggi (58,1%). Hasil uji Rank Spearman untuk persepsi label halal MUI dengan minat beli produk makanan nilai p=0,000. Ada hubungan persepsi label halal MUI dengan minat beli produk makanan.

Author Biographies

Kurnia Fitra Nanda, Universitas Muhammadiyah Surakarta

Prodi Ilmu Gizi, Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Surakarta

Retty Ikawati, Universitas Ahmad Dahlan

Prodi Bisnis Jasa Makanan Universitas Ahmad Dahlan

References

Abdul Aziz, Y. & Vui, C. N. 2012. The role of Halal awareness and Halal certification ininfluencing non-Muslim purchasing intention. Paper presented at 3rd International Conference on Business and Economic Research (3rd ICBER 2012) Proceeding, 1819-1830.

Ahmad, M., Kadir, S.A., Salehudin, N.A. 2013, Perceptions and Behaviours of Muslims and Non-Muslims Towards Halal Products, Journal of Social and Development Sciences, Vol. 4 No. 6, pp. 249-257.

Almatsier, Sunita. 2001. Prinsip Dasar Ilmu Gizi. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.

Al-Quran. Al-Baqarah : 168 dan 173.

Ann, MF. 2008. The digital consumer valuable partner for product development and production,Cloth. Textiles Res. J., 26 (2): 177-190.

Badan Pusat Statistik Jakarta Pusat , 2010. Statistik Indonesia Tahun 2010. Jakarta Pusat : Badan Pusat Statistik

Bonne, K, & Verbeke, W. 2006. Muslim Consumers Motivations towards Meat Consumption in Belgium: Insights from a Means-End Chain Approach. Journal Anthropology of Food, 5(1), 1-24.

Cahyati, Rikka. 2016. Pengaruh Pencantuman Label Halal Terhadap Minat Beli Luwak White Coffee Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas 17 Agustus 1945 Samarinda. Skripsi. Fakultas Ekonomi. Universitas 17 Agustus 1945. Samarinda.

Fung, RYK., Chong, SPY. And Wang, Y. 2004. A Framework of Product Styling Platform Approach:styling as intangible modules. Concurr. Eng.,12 (2).

Hasan, Ali. 2013. Marketing dan Kasus-kasus Pilihan. Yogyakata : CAPS

Kurniawan, Petrus. 2017. Hubungan Persepsi Konsumen Tentang Kehalalan Produk Samyang dan Terpaan Persuasi Reference Group Terhadap Minat Beli Produk Samyang. Skripsi. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Universitas Diponegoro.

Kotler, dan Amstrong. 2003. Dasar-Dasar Pemasaran. Edisi Ke-9. Jilid 1. Jakarta : PT.Indeks Gramedia.

Laura, King. 2016. Psikologi Umum. Jakarta Pusat : Salemba Humanika.

Nugraha, Ranu, Muhammad,KH, dan Anies,SB. 2017. Pengaruh Labelisasi Halal Terhadap Minat Beli Konsumen. Jurnal Administrasi Vol 50.

Rambe, Yuli Mutia dan Affifudin. 2012. Pengaruh Pencantuman Label Halal Pada Kemasan Mie Instan Terhadap Minat Pembelian Masyarakat Muslim. Jurnal Ekonomi dan Keuangan. Vol 1, No.1.

Rao, AR., dan Monroe, KB. 1988. The moderating effect of prior knowledge on cue utilization in product evaluations. J.Consum,Res., 15:253-264.

Riaz, Mian N, dan Chaundry,Muhammad M. 2004. Halal Food Production. Boca Raton, FL : CRC Press.

Robbins, Stephen P. 2002. Prinsip-Prinsip Perilaku Organisasi. Edisi ke-5. Jakarta : Penerbit Erlangga.

Shafie, S., & Othman, M. N. 2006. Halal Certification: International Marketing Issues and Challenges. Paper Presented At The Ifsa Vii World Congress Berlin, Germany.

Soesilawati, Endang S. 2010. Perilaku Konsumsi Muslim dalam Mengkonsumsi Makanan Halal. Jurnal Indonesia Vol 3.

Sumarwan, Ujang. 2011. Perilaku Konsumen : Teori dan Penerapannya Dalam Pemasaran. Bogor : Penerbit IPB Press.

Wahyuni, Meika. 2015. Persepsi Konsumen Muslim Terhadap Sertifikasi Halal. Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Universitas Islam Negeri Walisongo. Semarang.

Waskito, Danang. 2015. Pengaruh Sertifikasi Halal, Kesadaran Halal, Dan Bahan Makanan Terhadap Minat Beli Produk Makanan Halal. Skripsi. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta.

Younus, Sohai.l, Faiza,Rashed., dan Anas,Zia. 2015. Identifying the Factors Affecting Customer Purchase Intention. USA : Journal Vol. 15.

Downloads

Published

2020-06-17

Issue

Section

Articles