Pengaruh Penambahan Jamur Tiram Putih (Pleurotus oestreatus) dan Tepung Tapioka Terhadap Sifat Organoleptik Kerupuk

Authors

  • Anisa Nur Baitirahman Universitas Ahmad Dahlan
  • Yunda Maymanah Rahmadewi Universitas Ahmad Dahlan
  • Palupi Melati Pangastuti Universitas Ahmad Dahlan

DOI:

https://doi.org/10.12928/jfc.v2i2.1911

Keywords:

jamur tiram, kerupuk, tepung tapioka

Abstract

Kerupuk merupakan produk pangan yang bersifat kering, ringan, dan porous. Saat ini kerupuk yang berkembang adalah kerupuk tidak berprotein. Penambahan jamur tiram diharapkan dapat meningkatkan kualitas serta nilai gizi dari kerupuk. Percobaan ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penambahan jamur tiram dan tepung tapioka terhadap sifat organoleptik kerupuk. Rancangan percobaan yang digunakan adalah metode Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan faktor tunggal yaitu proporsi jamur tiram dan tapioka dengan enam level taraf perlakuaan (berturut-turut 2:1; 1:1; 1:2) dengan 2 kali ulangan. Proporsi jamur tiram dan tapioka dalam pembuatan kerupuk memberi pengaruh nyata terhadap tingkat kerenyahan, warna, pori-pori, serta aroma dan rasa. Dari percobaan yang dilakukan menyatakan bahwa proporsi terbaik untuk kerupuk jamur tiram adalah 1:2.

References

Ardiansyah. 2013. Metode Pembuatan Tepung Jamur Tiram (Pleurotus oestreatus) Terhadap Sifat Fungsional Tepung Jamur Tiram Putih. Skripsi. Universitas Lampung. Bandar Lampung.

Cahyana Y. A et.al. 1999. Jamur Tiram (Pembibitan, Pembudidayaan, Analisis Usaha). Jakarta: Penebar Swadaya.

Herdritomo, H. I., D. Tjokrokusumo, dan I. Djajanegara. 2008. Pengaruh Mutase Radiasi Sinar Gamma (Co60) Terhadap Produksi Jamur Tiram Putih (Pleurotus oestreatus), Biotika. Vol. 6,No. 1: 8-14.

Martawijaya, E.I. dan M.Y. Nurjayadi. 2010. Bisnis Jamur Tiram di Rumah Sendiri. Bogor: IPB Press.

Muchtadi, TR., P et.al. 1988. Teknologi Pemasakan Ekstrusi. Bogor: Institut Pertanian Bogor.

Nurainy et.al. 2015. Pengaruh Tapioka dan Tepung Jamur Pada Kerupuk, dalam Jurnal Teknologi Industri dan Hasil Pertanian. Vol. 20, No 1: 2015.

Sutikarini, Sri Anggrahini, dan Eni Harmayani. 2015. Perubahan Komposisi Kimia dan Sifat Organoleptik Jamur Tiram Putih (Pleurotus ostreatus) Selama Pengolahan, J. Ilmiah Agrosains Tropis. Vol. 8, No. 6: 261-271.

Sutrisno, Koswara. 2009. Pengolahan Aneka Kerupuk. Ebookpangan.com

Tabita D. 1992. Pengaruh Berbagai Taraf Perbandingan Tapioka dan Tepung Biji Durian Terhadap Sifat Kerupuk Durian (Durio zibethinus). Skipsi. Lampung. Universitas Lampung. Bandar Lampung

Winarno, F.G., 1997. Pangan, Gizi, Teknologi dan Konsumen. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Downloads

Published

2019-12-31

Issue

Section

Articles