Strategi Promosi Call Me Tiramisu Di Media Sosial
DOI:
https://doi.org/10.12928/jfc.v7i2.12725Keywords:
bauran pemasaran, citra merek, media sosial, strategi promosiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi promosi yang diterapkan oleh usaha tiramisu di media sosial dalam meningkatkan citra merek (brand image) dan interaksi konsumen. Pendekatan kualitatif digunakan dengan studi kasus pada Call Me Tiramisu yang aktif di media sosial seperti Instagram dan TikTok. Data dikumpulkan menggunakan metode netnografi dengan pendekatan tidak langsung melalui analisis konten dari postingan mereka di media sosial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi promosi yang efektif melibatkan penggunaan berbagai saluran media sosial, penerapan elemen 7P Bauran Pemasaran, dan kolaborasi dengan influencer. Penggunaan media sosial memungkinkan usaha tiramisu untuk menjangkau audiens dan konsumen yang lebih luas, meningkatkan citra merek (brand image), dan menciptakan interaksi positif dengan konsumen. Kolaborasi dengan influencer terbukti memperluas jangkauan pasar dan meningkatkan loyalitas pelanggan. Studi ini memberikan wawasan tentang pentingnya manajemen konten yang baik dan pemilihan saluran media sosial yang tepat dalam pemasaran produk kuliner, serta bagaimana usaha tiramisu dapat memanfaatkan strategi promosi yang efektif untuk memperkuat posisi merek (brand) mereka di pasar.
References
Achmad, Z. A., Azhari, T. Z., Esfandiar, W. N., Nuryaningrum, N., Syifana, A. F. D., & Cahyaningrum, I. (2020). Pemanfaatan media sosial dalam pemasaran produk UMKM di Kelurahan Sidokumpul, Kabupaten Gresik. Jurnal Ilmu Komunikasi, 10(1), 17–31.
Anwar, K., Yunus, M., & Alfin, R. (2023). Digital marketing solusi pemasaran di era digital untuk meningkatkan omset penjualan UMKM. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 6(2), 404–414.
Anwar, M. (2020). Manajemen Strategik: Daya saing dan globalisasi. Sasanti Institute.
Ardiansah, I., & Maharani, A. (2021). Optimalisasi Instagram Sebagai Media Marketing: Potret Penggunaan Instagram sebagai Media Pemasaran Online pada Industri UKM. CV. Cendekia Press.
Booms, B.H. and Bitner, M.J. (1981). Marketing strategies and organization structures for service firms. In: marketing of services. American Marketing Association Chicago, 47-51.
Erwin, E., Judijanto, L., Yuliasih, M., Nugroho, M. A., Amien, N. N., & Mauliansyah, F. (2024). Social media marketing trends. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Fitrianna, H., & Aurinawati, D. (2020). Pengaruh digital marketing pada peningkatan brand awareness dan brand image terhadap keputusan pembelian produk Cokelat Monggo di Yogyakarta. INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis Dan Manajemen Indonesia, 3(3), 409–418.
Hutomo, M. R., & Padmantyo, S. (2025). Pemberdayaan UMKM melalui pelatihan inovasi produk makanan untuk meningkatkan keputusan pembelian di era digital. Jurnal Bisnis Mahasiswa, 6(1), 45–56.
Kartajaya, H., Kotler, P., & Hooi, D. H. (2019). Marketing 4.0: Moving from traditional to digital. World Scientific Book Chapters, 99–123.
Kozinets, R. V. (2002). The field behind the screen: using netnography for marketing research in online communities. Journal of Marketing Research, 39(1), 61–72.
Laksana, M. F. (2019). Praktis memahami manajemen pemasaran. Sukabumi: CV Al Fath Zumar.
Martowinangun, K., Lestari, D. J. S., & Karyadi, K. (2019). Pengaruh strategi promosi terhadap peningkatan penjualan di CV. Jaya Perkasa Motor Rancaekek Kabupaten Bandung. Jurnal Co Management, 1(1), 139–152.
Nasution, A. (2021). Strategi pemasaran bisnis kuliner menggunakan influencer melalui media sosial instagram. Jurnal Bisnis Corporate, 6(1), 11–18.
Nurhayaty, E. (2022). Strategi mix marketing (product, price, place, promotion, eople, process, physical evidence) 7p di pd rasa galendo kabupaten ciamis. Jurnal Media Teknologi, 8(2), 119–127.
Prabowo, W. A. (2018). Pengaruh digital marketingterhadap organizational performance denganintellectual capital dan perceived quality sebagai variabel intervening pada industri hotel bintang tiga di jawa timur. Jurnal Manajemen Pemasaran, 12(2), 101–112.
Sahir, S. H. (2021). Metodologi penelitian. Penerbit KBM Indonesia.
Sari, D. P. (2022). Pengembangan netnografi pada era metaverse. Akrab Juara: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 7(3), 12–22.
Steiner, G. A. (2010). Strategic planning. Simon and Schuster.
Syafira, A., & Rohman, A. (2024). Penerapan strategi promosi media sosial terhadap loyalitas konsumen di mie marlena, banyu sangkah tanjung bumi bangkalan. Jurnal Media Akademik (JMA), 2(6).
Supriyati, E., & Istiyanto, A. (2025). Strategi pemasaran produk dessert melalui media sosial di Solo Raya. Jurnal Ilmu Ekonomi dan Manajemen (JIEM), 6(1), 45–56. https://ejurnal.kampusakademik.co.id/index.php/jiem/article/download/4111/3686/16574
Werdani, R. E., Kurniawati, N. I., Sukoco, J. B., Windriya, A., & Iskandar, D. (2020). Pelatihan pemasaran produk homemade melalui sosial media. JPPM (Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat), 4(1), 1–5.
Wijayanti, A. (2020). Wisata Kuliner sebagai strategi penguatan pariwisata di Kota Yogyakarta, Indonesia. Khasanah Ilmu-Jurnal Pariwisata Dan Budaya, 11(1), 74–82.
Zakariah, M. A., Afriani, V., & Zakariah, K. M. (2020). Metodologi penelitian kualitatif, kuantitatif, action research, research and development (RnD). Yayasan Pondok Pesantren Al Mawaddah Warrahmah Kolaka.
Zaki, M. (2018). Pengaruh influencer marketing sebagai strategi pemasaran digital era moderen. Jurnal Manajemen Dan Inovasi (MANOVA), 1(2), 14–23.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Dodik Prakoso Suwandojo

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with JOURNAL OF FOOD AND CULINARY agree to the following terms:
- All articles published are Open Access that means they will be immediately and permanently free for everyone to read and download. We use the CC-BY-SA license options under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0). Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0). CC-BY-SA assures that all works will be available under CC-BY-SA always and no risk of commercial actions against the will of the copyright holder.
- Anyone can use, copy and disseminate the material in any medium or format; as well as re-use, re-mix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially. However, they must acknowledge the authors by giving appropriate credits (cite to the article or content), provide a link to the license, and indicate if changes were made and use under the same license as the original.
- Authors retain copyright and grant license exclusive rights in their article to Universitas Ahmad Dahlan as publisher of the JOURNAL OF FOOD AND CULINARY.
- Authors have the right to retain patent, trademark and other intellectual property rights (including research data).
- Authors have the right to proper attribution and credit for the published work.
Copyright Transfer Agreement
- The Authors submitting the manuscripts do so on the understanding that if they are accepted for publications, copyright of the articles shall be assigned to Universitas Ahmad Dahlan as publisher of the JOURNAL OF FOOD AND CULINARY.
- Universitas Ahmad Dahlan as publisher of The JOURNAL OF FOOD AND CULINARY, the Editors, and the Editorial Board Members of the JOURNAL OF FOOD AND CULINARY make every efforts to ensure that no wrong or misleading data, opinions or statements are published in the journal. In any way, the contents of the articles and circulars published in the JOURNAL OF FOOD AND CULINARY are the sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.
- The publisher may revoke the publication for violating the ethical code of conduct.

