Perbedaan Kreativitas Anak Kelompok A Antara Kegiatan Kolase Bahan Alam dan Kolase Bahan Kertas

Sri Widayati, Nurhenti Simatupang, Kartika Rinakit Adhe, Nurul Ulfatul Hasanah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui  (1)  pengaruh kegiatan kolase bahan alam dan kolase bahan kertas pada kreativitas anak kelompok A  (2) membandingkan hasil kreativitas antara kegiatan kolase bahan alam dan kolase bahan kertas. Makna kreativitas yang paling inti adalah munculnya ide seseorang untuk menghasilkan sesuatu yang berbeda dari sebelumnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan Kuasi Eksperimen Desain. Pada penelitian ini peneliti memberikan perlakuan berupa kolase bahan alam pada kelompok A1 dan kegiatan  kolase bahan kertas pada kelompok A2 di TK Putra Airlangga. Hasil kreativitas anak  diolah dengan menggunakan  uji Mann Whitney U Test. Hasil penelitian menunjukkan hasil uji Mann Whitney U Test diperoleh nilai Asymp. Sig (2 tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak, maka penelitian ini dinyatakan adanya pengaruh kegiatan kolase bahan alam terhadap kemampuan kreativitas anak kelompok A di TK Putra Airlangga. Berdasarkan nilai rata–rata kreativitas anak yang melakukan kegiatan kolase dengan bahan alam lebih besar daripada anak melakukan kegiatan kolase dengan bahan kertas (28.84 > 10.16). Hal ini menunjukkan bahwa anak yang berkegiatan kolase dengan bahan alam lebih baik jika dibandingkan dengan anak yang melakukan kegiatan kolase dengan bahan kertas. Selain itu ditemukan bahwa pemberian treatment bahan alam dengan penyediaan bahan  lebih dari  3 macam mempengaruhi tingkat kreativitas anak dan sebaiknya guru memberikan  beberapa bahan yang berbeda dan beberapa contoh aneka kegiatan. Hal ini akan membuat anak lebih punya banyak kesempatan untuk  memilih  bahan yang sesuai minat anak.


Keywords


Kreativitas anak; Kolase bahan alam; Kolase bahan kertas

Full Text:

PDF

References


Apreyani, Nindya . 2016. Skripsi: Hubungan Antara kreativitas Guru dalam Mengajar dengan motivasi Belajar Siswa. UGM: Psikologi UGM

Fakhriyani. Diana Vidya. 2016. Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Pemikiran Penilaian Pendidikan dan Sains. Vol. 4. No.2: hal.193-200

Istiqomah, N. 2018. Pengaruh Kegiatan Kolase Dengan Menggunakan Media Bahan Alam Terhadap Keterampilan Motorik Halus pada Anak Kelompok B di Raudhatul Athfal Perwanida 1 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi: Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung. Diakses pada tanggal 5 Maret 2019. http://repository.radenintan.ac.id/4751/1/NIAMUL%20ISTIQOMAH.pdf

Kemendiknas. 2014. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No 137 Tahun 2014 Tentang Standart Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Dirjen Managenen Pendidikan Dasar dan Menengah dan Dirjen Pembinaan TK dan SD

Muharrar, Syakir dan Vera Yanti Sri. 2013. Kreasi Kolase Montase Mozaik. Semarang: Erlangga Group

Nisak, Khoirun. 2016. Mengembangkan Kemampuan Fisik Motorik Halus Melalui Kegiatan Kolase Biji-bijian Pada Anak Usia 4-5 Tahun di KB Al-amanah Kecamatan Pesantren Kota Kediri tahun Pelajaran 2015/206. Kediri: Universitas Nusantara

Nurhanifah, Siti. 2018. Kreativitas Guru Dalam Pengembangan Media Pembelajaran di TK B TKIT Raudhatul Jannah Bogor. Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah

Purni, Made. 2016. Pengaruh Kegiatan Kolase Terhadap Kreativitas Anak Di Kelompok B1 TK Alkhairaat Tatura Kecamatan Palu Selatan. Artikel Ilmiya: Universitas Tadulako

Sujiono, Nurani. 2009. Konsep Dasar Anak Usia Dini. Jakarta: PT Indeks.

Wibowo, Agus. 2016. Kreatifitas- Dan-Pendidikan-Kita (Online), (mediaindonesia.com/read/detail/38101 diakses pada 14 april 2019




DOI: https://doi.org/10.26555/jecce.v2i1.625

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2019 Sri Widayati, Nurhenti Simatupang, Kartika Rinakit Adhe, Nurul Ulfatul Hasanah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Journal of Early Childhood Care and Education (JECCE)  
ISSN: 2615-1413 (online)
Organized by :
PG PAUD FKIP Universitas Ahmad Dahlan
Published by:
Universitas Ahmad Dahlan 
Website : journal2.uad.ac.id/index.php/jecce | Email : jecce@pgpaud.uad.ac.id, 

 

View JECCE Stats

 
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0