Pengembangan Media Pembelajaran Daring Matakuliah Kajian PAUD di Jurusan PG PAUD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya

Kartika Rinakit Adhe

Abstract


Pada era digital sekarang ini proses pembelajaran dituntut untuk berkembang dengan inovatif. Salah satu upaya memenuhi tantangan tersebut adalah pembelajaran daring atau lebih dikenal dengan virtual learning. Pembelajaran daring menghubungkan dosen dengan mahasiswa dengan jaringan internet dimana saja dan kapan saja. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan tentang pengembangan metode pembelajaran daring dalam proses belajar mengajar di jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PGPAUD). Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan racangan penelitian pengembangan dengan tahapan identifikasi masalah pembelajaran di program studi, perancangan model, validasi ahli dan uji coba model dalam skala terbatas. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa  pengembangan metode pembelajaran daring yang telah diujicobakan dengan skala kecil sangat efektif. Hal ini menunjukkan pembelajaran daring efektif, dan dapat diterapkan serta  memiliki daya tarik bagi mahasiswa dalam belajar.


Keywords


pengembangan media; pembelajaran daring; mahasiswa

Full Text:

PDF

References


Essa E. (2008). Early Chilhood education Annotated Studen’s edition, sixth Edition. USA: Wadswort

Borg, W.R., Gall, M.D., & Gall, J.P., (2003). Educational research. An introduction (7th ed.). New York: Longman.

Ghirardini, B. (2011). E-learning Methodologies. Germany: Federal Ministry of Food, Agriculture and Cunsomer Protection.

Permana, P. (2009). E-Learning, Sistem Manajemen Pembelajaran Online. Bandung:UPI.

Prasetio, dkk. (2012). Perancangan dan Implementasi Content Pembelajaran Online Dengan Metode Blended Learning. Jurnal Teknik Elektro -FT, UNSRAT, 1 (3): 1-7.

Rambarizki, R. (2017). Penerapan Pembelajaran Daring Kombinasi Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Paket C Vokasi di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Pioneer Karanganyar. E-Journal UNESA.

Siahaan, S. (2003). E-learning (Pembelajaran Elektronik) Sebagai Salah Satu Alternatif Kegiatan Pembelajaran. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. No. 042. Tahun ke-9. Jakarta




DOI: https://doi.org/10.26555/jecce.v1i1.3

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2018 Kartika Rinakit Adhe

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Abstracting & Indexing By:

     


Journal of Early Childhood Care and Education (JECCE)  
ISSN: 2615-1413 (online)
Organized by :
PG PAUD FKIP Universitas Ahmad Dahlan
Published by:
Universitas Ahmad Dahlan 
Website : journal2.uad.ac.id/index.php/jecce | Email : jecce@pgpaud.uad.ac.id, 

 

View JECCE Stats

 
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0