Palang Pintu Kereta Api Pneumatik Otomatis Berbasis PLC Omron CP1E-NA20DR-A

Ari Widodo, Wahyu Sapto Aji

Abstract


One alternative in reducing accidents at railroad crossings without guards is automatic pneumatic railroad crossings. This tool uses PLC (Programmable Logic Controller) as a processing system. Automatic crossing railroad crossing works by using two proximity sensors that are placed on the right and left crossings with a distance far from the crossing (approximately 1 KM). The system outputs are pneumatically actuated sirens, lights and door lintels. At most this door will move up and down closing and opening the crossing. The use of pneumatics in manufacturing because pneumatics saves more space around the crossing and is safe. In testing, detection is done in 2 opposite directions. The results show the tool has been working to close and open crossings with good performance.

Salah satu alternatif dalam mengurangi kecelakaan di pintu perlintasan kereta api tanpa penjaga adalah palang pintu kereta api pneumatik otomatis. Alat ini menggunakan PLC (Programmable Logic Controller) sebagai sistem pemroses. Palang pintu perlintasan kereta api otomatis bekerja dengan menggunakan dua buah sensor proximity yang di letakkan pada kanan dan kiri perlintasan dengan jarak yang jauh dari perlintasan (kurang lebih 1 KM). Keluaran sistem berupa aktifnya sirene, lampu, dan palang pintu yang digerakkan dengan pneumatik. Paling pintu ini akan bergerak naik dan turun menutup dan membuka perlintasan. Penggunaan pneumatik dalam pembuatan karena pneumatik lebih menghemat ruang sekitar perlintasan dan aman. Dalam pengujiannya, pendeteksian dilakukan dengan 2 arah yang berlawanan. Hasil menunjukkan alat telah bekerja menutup dan membuka perlintasan dengan kinerja yang baik.


Keywords


Palang Pintu Kereta Api, Pneumatik, Programmable Logic Controller (PLC), Sensor Proximity.

Full Text:

PDF

References


M. A. Firdaus, B. Utomo, J. T. Elektro, F. Teknik, And U. N. Semarang, “Miniatur Palang Pintu Kereta Api Otomatis Dengan Menampilkan Kecepatan Kereta Serta Waktu Tunggu Menggunakan Arduino,” Vol. 8, No. 1, 2016.

M. Fayyadh, U. Sunarya, And R. Nugraha, “Perancangan Sistem Otomatisasi Palang Pintu Kereta Api Berbasis Motion Detection Automatic,” Vol. 2, No. 1, Pp. 291–297, 2015.

B. P. Pangestu, B. H. Prasetio, And G. E. Setyawan, “Implementasi Kendali Palang Pintu Kereta Api Menggunakan Ir Sensor,” Vol. 1, No. 4, Pp. 282–291, 2017.

M. G. Putri, N. Fairusiyyah, And Y. Dharmawan, “Samurai Pkk ( Sistem Palang Pintu Pencegah Kecelakaan Kereta Api ) Dengan Control Room Dan Wifi Signal,” Pp. 78–84.

A. Ibrahim, “Prototype Palang Pintu Otomatis Pada Jalur Lintasan Keretaapi Berbasis Mikrokontroler,” Pp. 9–10, 2015.

S. Suryady Et Al., “Analisa Nilai Tekanan Proses Kerja Sistem Pneumatik Pada Mesin Pad Printing.”

T. S. P. Kusuma Dewi, “Aplikasi Programmable Logic Controller (Plc) Omron Cp1e Na20 Dra Dalam Proses Pengaturan Sistem Kerja Mesin Pembuat Pelet Ikan,” Vol. 17, No. 4, Pp. 170–177, 2014.

M. Subhan And A. Satmoko, “Untuk Pergerakan Tote Iradiator Gamma Multiguna Batan,” Vol. 10, No. 1978, Pp. 50–61, 2016.

A. A. Akhmad, “Perancangan Simulasi Sistem Pergerakan Dengan Pengontrolan Pneumatik Untuk Mesin Pengamplas Kayu Otomatis,” Vol. 18, No. 3, Pp. 21–28, 2009.

M. K. Muhaimin, I. Pendahuluan, M. Arus, And S. Dc, “Rancang Bangun Sistem Kendali Dan Monitor Pintu Perlintasan Kereta Api Secara Jarak Jauh,” Pp. 65–68.




DOI: https://doi.org/10.12928/biste.v1i2.1011

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Abstracted/Indexed by:


 
Buletin Ilmiah Sarjana Teknik Elektro
ISSN Online: 2685-9572 | Print: 2685-7936
Organized by Program Studi Teknik Elektro, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Ahmad Dahlan
Published by Universitas Ahmad Dahlan
Website: http://journal2.uad.ac.id/index.php/biste/
Email 1: biste@ee.uad.ac.id
Email 2: bisteuad@gmail.com
WA: 089688130196
 

View BISTE Stats

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.