Analisis Sikap Konsumen Pada Makanan Olahan Berbasis Singkong : Studi Kasus Pada Brownies Berbahan Mocaf Cokro Tela

Authors

  • Arsy Nur Fadilah Universitas Gadjah Mada
  • Any Suryantini Universitas Gadjah Mada
  • Dwidjono Hadi Darwanto Universitas Gadjah Mada

DOI:

https://doi.org/10.12928/jfc.v3i2.3903

Keywords:

atribut brownies, mocaf, sikap konsumen

Abstract

Saat ini kecenderungan selera konsumsi masyarakat cenderung kepada produk impor berbasis terigu. Disisi lain pangan lokal seringkali dianggap sebagai makanan yang inferior dan terigu dianggap sebagai makanan superior. Peningkatan kebebasan masyarakat untuk memilih bahan pangan yang dikonsumsinya memungkinkan untuk dilakukan subtitusi pangan berbasis tepung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui atribut-atribut yang mempengaruhi pemilihan produk brownies Cokro Tela berbahan baku mocaf dan mengetahui sikap konsumen terhadap brownies Cokro Tela berbahan baku mocaf. Responden dalam penelitian ini berjumlah 80 orang yang diambil secara Purposive sampling dimana responden diambil berdasarkan kriteria tertentu yaitu responden yang sudah pernah membeli dan mencoba brownies Cokro Tela. Metode yang digunakan yaitu metode survei. Model analisis yang digunakan yaitu Model Fishbein. Model tersebut digunakan untuk mengidentifikasi sikap konsumen terhadap atribut brownies Cokro Tela berbahan baku mocaf yang meliputi atribut campuran mocaf dan terigu, harga, varian brownies, rasa dan tekstur. Hasil penelitian menunjukan bahwa atribut yang paling mempengaruhi dalam pemilihan produk brownies Cokro Tela berbahan mocaf adalah atribut rasa (18,17) dan tekstur (17,03). Sikap konsumen terhadap keseluruhan atribut brownies Cokro Tela dianggap baik.

Author Biographies

Arsy Nur Fadilah, Universitas Gadjah Mada

Universitas Gadjah Mada

Any Suryantini, Universitas Gadjah Mada

Universitas Gadjah Mada

Dwidjono Hadi Darwanto, Universitas Gadjah Mada

Universitas Gadjah Mada

References

APTINDO, I. (Indonesia R. and S. A. (2016). Industri Tepung Terigu Nasional.

Ariani, M. (2010). Analisis Konsumsi Pangan Tingkat Masyarakat Mendukung Pencapaian Diversifikasi Pangan, 33(1), 2028.

Damayanti, D. A., Wahyuni, W., & Wena, M. (2014). Kajian kadar serat, kalsium, protein, dan sifat organoleptik chiffon cake berbahan mocaf sebagai alternatif pengganti terigu. Teknologi Dan Kejuruan, 37(1), 7382.

Gardjito, M., Djuwardi, A., & Harmayani, E. (2013). Pangan Nusantara: Karakteristik dan prospek untuk percepatan diversifikasi pangan. Kencana.

Kristianto, P. L. (2011). Integrasi Ilmu Psikologi dalam Kegiatan Pemasaran.

Kristianto, P. L. (2011). Psikologi pemasaran. Yogyakarta: CAPS.

Mauludyani, Anna Vipta Resti; Matianto, Drajat; Baliwati, Y. F. (2008). Pola Konsumsi Dan Permintaan Pangan Pokok Berdasarkan Analisis Data Susenas 2005. Jurnal Gizi Dan Pangan, 3(2), 101117.

Pangan, K., Densitas, S., & Pada, G. (2014). Studi aspek sosial ekonomi dan budaya, konsumsi pangan, serta densitas gizi pada masyarakat kasepuhan ciptagelar jawa barat linda dwi jayanti.

Permadi, R. (2015). Analisis Kepuasan Konsumen Terhadap Atribut Buah Pisang Kepok. Jurnal Social Economic of Agriculture, 4(2), 815.

Pratana, J. A. J. (2014). Analisis pengaruh sikap, subjective norm dan perceived behavioral control terhadap purchase intention pelanggan SOGO Department Store di Tunjungan Plaza Surabaya. Jurnal Strategi Pemasaran, 2(1).

Rahmawati, A. N., Wuryaningsih Dwi Sayekti, Rabiatul Adawiyah. (2018). Pengambilan Keputusan Dalam Pemilihan Pangan Lokal Olahan dan Pola Konsumsi Pangan Rumah Tangga Di Kota Metro. Jurnal Ilmu-Ilmu Agribisnis, 2(2), 187-195.

Simatupang, P. (2016). Restorasi budaya pangan nusantara sebagai penopang kedaulatan pangan nasional pendahuluan. In Pangan Lokal Budaya, Potensi dan Prospek Pengembangan. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengambangan.

Wiranti, Endang Wisnu dan Yeyen Prestyaning Wanita. (2013). Preferensi Konsumen Terhadap Beberapa Olahan Mocaf dan Tingkat Kelayakan Usahanya. Prosiding Seminar Hasil Penelitian Tanaman Aneka Kacang dan Umbi 2013, 555-559.

Xie, B., Wang, L., Yang, H., Wang, Y., & Zhang, M. (2015). Consumer perceptions and attitudes of organic food products in eastern China. British Food Journal, 117(3), 11051121. https://doi.org/10.1108/BFJ-09-2013-0255

Downloads

Published

2020-12-25

Issue

Section

Articles