Analisis Sikap Konsumen Pada Makanan Olahan Berbasis Singkong : Studi Kasus Pada Brownies Berbahan Mocaf Cokro Tela
DOI:
https://doi.org/10.12928/jfc.v3i2.3903Keywords:
atribut brownies, mocaf, sikap konsumenAbstract
Saat ini kecenderungan selera konsumsi masyarakat cenderung kepada produk impor berbasis terigu. Disisi lain pangan lokal seringkali dianggap sebagai makanan yang inferior dan terigu dianggap sebagai makanan superior. Peningkatan kebebasan masyarakat untuk memilih bahan pangan yang dikonsumsinya memungkinkan untuk dilakukan subtitusi pangan berbasis tepung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui atribut-atribut yang mempengaruhi pemilihan produk brownies Cokro Tela berbahan baku mocaf dan mengetahui sikap konsumen terhadap brownies Cokro Tela berbahan baku mocaf. Responden dalam penelitian ini berjumlah 80 orang yang diambil secara Purposive sampling dimana responden diambil berdasarkan kriteria tertentu yaitu responden yang sudah pernah membeli dan mencoba brownies Cokro Tela. Metode yang digunakan yaitu metode survei. Model analisis yang digunakan yaitu Model Fishbein. Model tersebut digunakan untuk mengidentifikasi sikap konsumen terhadap atribut brownies Cokro Tela berbahan baku mocaf yang meliputi atribut campuran mocaf dan terigu, harga, varian brownies, rasa dan tekstur. Hasil penelitian menunjukan bahwa atribut yang paling mempengaruhi dalam pemilihan produk brownies Cokro Tela berbahan mocaf adalah atribut rasa (18,17) dan tekstur (17,03). Sikap konsumen terhadap keseluruhan atribut brownies Cokro Tela dianggap baik.
References
APTINDO, I. (Indonesia R. and S. A. (2016). Industri Tepung Terigu Nasional.
Ariani, M. (2010). Analisis Konsumsi Pangan Tingkat Masyarakat Mendukung Pencapaian Diversifikasi Pangan, 33(1), 2028.
Damayanti, D. A., Wahyuni, W., & Wena, M. (2014). Kajian kadar serat, kalsium, protein, dan sifat organoleptik chiffon cake berbahan mocaf sebagai alternatif pengganti terigu. Teknologi Dan Kejuruan, 37(1), 7382.
Gardjito, M., Djuwardi, A., & Harmayani, E. (2013). Pangan Nusantara: Karakteristik dan prospek untuk percepatan diversifikasi pangan. Kencana.
Kristianto, P. L. (2011). Integrasi Ilmu Psikologi dalam Kegiatan Pemasaran.
Kristianto, P. L. (2011). Psikologi pemasaran. Yogyakarta: CAPS.
Mauludyani, Anna Vipta Resti; Matianto, Drajat; Baliwati, Y. F. (2008). Pola Konsumsi Dan Permintaan Pangan Pokok Berdasarkan Analisis Data Susenas 2005. Jurnal Gizi Dan Pangan, 3(2), 101117.
Pangan, K., Densitas, S., & Pada, G. (2014). Studi aspek sosial ekonomi dan budaya, konsumsi pangan, serta densitas gizi pada masyarakat kasepuhan ciptagelar jawa barat linda dwi jayanti.
Permadi, R. (2015). Analisis Kepuasan Konsumen Terhadap Atribut Buah Pisang Kepok. Jurnal Social Economic of Agriculture, 4(2), 815.
Pratana, J. A. J. (2014). Analisis pengaruh sikap, subjective norm dan perceived behavioral control terhadap purchase intention pelanggan SOGO Department Store di Tunjungan Plaza Surabaya. Jurnal Strategi Pemasaran, 2(1).
Rahmawati, A. N., Wuryaningsih Dwi Sayekti, Rabiatul Adawiyah. (2018). Pengambilan Keputusan Dalam Pemilihan Pangan Lokal Olahan dan Pola Konsumsi Pangan Rumah Tangga Di Kota Metro. Jurnal Ilmu-Ilmu Agribisnis, 2(2), 187-195.
Simatupang, P. (2016). Restorasi budaya pangan nusantara sebagai penopang kedaulatan pangan nasional pendahuluan. In Pangan Lokal Budaya, Potensi dan Prospek Pengembangan. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengambangan.
Wiranti, Endang Wisnu dan Yeyen Prestyaning Wanita. (2013). Preferensi Konsumen Terhadap Beberapa Olahan Mocaf dan Tingkat Kelayakan Usahanya. Prosiding Seminar Hasil Penelitian Tanaman Aneka Kacang dan Umbi 2013, 555-559.
Xie, B., Wang, L., Yang, H., Wang, Y., & Zhang, M. (2015). Consumer perceptions and attitudes of organic food products in eastern China. British Food Journal, 117(3), 11051121. https://doi.org/10.1108/BFJ-09-2013-0255
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Universitas Ahmad Dahlan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with JOURNAL OF FOOD AND CULINARY agree to the following terms:
- All articles published are Open Access that means they will be immediately and permanently free for everyone to read and download. We use the CC-BY-SA license options under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0). Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0). CC-BY-SA assures that all works will be available under CC-BY-SA always and no risk of commercial actions against the will of the copyright holder.
- Anyone can use, copy and disseminate the material in any medium or format; as well as re-use, re-mix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially. However, they must acknowledge the authors by giving appropriate credits (cite to the article or content), provide a link to the license, and indicate if changes were made and use under the same license as the original.
- Authors retain copyright and grant license exclusive rights in their article to Universitas Ahmad Dahlan as publisher of the JOURNAL OF FOOD AND CULINARY.
- Authors have the right to retain patent, trademark and other intellectual property rights (including research data).
- Authors have the right to proper attribution and credit for the published work.
Copyright Transfer Agreement
- The Authors submitting the manuscripts do so on the understanding that if they are accepted for publications, copyright of the articles shall be assigned to Universitas Ahmad Dahlan as publisher of the JOURNAL OF FOOD AND CULINARY.
- Universitas Ahmad Dahlan as publisher of The JOURNAL OF FOOD AND CULINARY, the Editors, and the Editorial Board Members of the JOURNAL OF FOOD AND CULINARY make every efforts to ensure that no wrong or misleading data, opinions or statements are published in the journal. In any way, the contents of the articles and circulars published in the JOURNAL OF FOOD AND CULINARY are the sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.
- The publisher may revoke the publication for violating the ethical code of conduct.