Pandemi Tak Berarti Surut Rejeki: Studi Kasus Social Media Marketing Strategies Pada Usaha Mikro Berbasis Rumah Pawon Bu Puspa

Authors

  • Anggraeni Wulandari Perwakilan BKKBN DIY

DOI:

https://doi.org/10.12928/jfc.v3i2.3902

Keywords:

bisnis kuliner, pandemi Covid-19, strategi pemasaran media sosial, usaha mikro berbasis rumah

Abstract

Sebagai langkah bertahan hidup, beberapa usaha mikro tumbuh di tengah masyarakat. Meskipun demikian, usaha yang tumbuh di tengah pandemi ini, tidak semua mampu berkembang dengan baik. Penelitian ini bertujuan mengetahui langkah penggunaan media sosial sebagai strategi pemasaran usaha mikro berbasis rumah yaitu Pawon Bu Puspa, guna menjawab keresahan penggiat usaha mikro dalam melakukan strategi pemasaran saat pandemi. Penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data menggunakan pengamatan daring dan wawancara secara daring. Teknik pemilihan sampel menggunakan purposive sampling kepada narasumber terpilih, tentang pemanfaatan media sosial dalam pemasaran Usaha Mikro Pawon Bu Puspa pada saat pandemi di Kota Surakarta. Hasil penelitian menemukan bahwa pemanfaatan media sosial dalam pemasaran, sangat aman dan efektif di tengah situasi pandemi. Aman karena pembeli dan penjual berinteraksi lewat media sosial dan efektif karena omset Pawon Bu Puspa cenderung stabil dari awal pandemi hingga kini. Media sosial yang digunakan dalam pemasaran diantaranya adalah WhatsApp dan Instagram. Konten yang ditayangkan adalah produk dan pengetahuan seputar produk yang dipasarkan, baik manfaat maupun testimoni dari pelanggan. Selain aktif di akun Instagram Pawon Bu Puspa, pemasaran juga aktif pada akun Instagram pribadinya dan nomor WhatsApp admin Pawon Bu Puspa. Hasil penelitian dapat menjadi rujukan keberhasilan penggunaan media sosial dalam strategi pemasaran usaha mikro di tengah kondisi pandemi.

Author Biography

Anggraeni Wulandari, Perwakilan BKKBN DIY

Perwakilan BKKBN DIY

References

Barger, V., Peltier, J. W., & Schultz, D. E. (2016). Social media and consumer engagement: a review and research agenda. Journal of Research in Interactive Marketing, 10(4), 268287. https://doi.org/10.1108/JRIM-06-2016-0065

Clark, D. N., & Douglas, H. (2014). Micro-enterprise growth: Lessons from home-based business in New Zealand. Small Enterprise Research, 21(1), 8298. https://doi.org/10.1080/13215906.2014.11082078

Creswell, J. W. (2007). Qualitative inquiry and research design: Choosing among five approaches (2nd ed.). Thousand Oaks, CA: Sage.

Dollarhide, M. E. (2020). Social media definition. Retrieved February 11, 2021, from https://www.investopedia.com/terms/s/social-media.asp

Ershadi, M. J. (2019). Measuring the impact of soft and hard total quality management factors on customer behavior based on the role of innovation and continuous improvement. 31(6), 10931115. https://doi.org/10.1108/TQM-11-2018-0182

Holliman, G., & Rowley, J. (2014). Business to business digital content marketing: Marketers perceptions of best practice. Journal of Research in Interactive Marketing, 8(4), 269293. https://doi.org/10.1108/JRIM-02-2014-0013

Indonesia, P. R. Undang-undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2008 tentang Usaha Mikro, Kecil dan Menengah. , Pub. L. No. 20 (2008).

Kaplan, A. M., & Haenlein, M. (2010). Users of the world, unite! The challenges and opportunities of Social Media. Business Horizons, 53(1), 5968. https://doi.org/10.1016/j.bushor.2009.09.003

Li, F., Larimo, J., & Leonidou, L. C. (2021). Social media marketing strategy: definition, conceptualization, taxonomy, validation, and future agenda. Journal of the Academy of Marketing Science, 49(1), 5170. https://doi.org/10.1007/s11747-020-00733-3

Mason, C. M., Carter, S., & Tagg, S. (2011). Invisible Businesses: The Characteristics of Home-Based Businesses in the United Kingdom. Regional Studies, 45(5), 625639. https://doi.org/10.1080/00343401003614241

Miller, D., Costa, E., Haynes, N., McDonald, T., Nicolescu, R., Sinanan, J.,Wang, X. (2016). How the World Changed Social Media. In How the World Changed Social Media (1st ed.). https://doi.org/10.2307/j.ctt1g69z35

Prihatna, K. A., Ayal, R., Sistarani, M., & Christanti, Y. (2019). What Whatsapp status enables reseller to do as channel. International Journal of Innovative Technology and Exploring Engineering, 8(9 Special Issue 3), 4455. https://doi.org/10.35940/ijitee.I3009.0789S319

Salmons, J. (2015). Qualitative online interviews (2nd ed.; V. Knight, Ed.). London: Sage Publications Ltd.

Sayers, J. G. (2010). Home-based business in the city. Small Enterprise Research, 17(February), 165176. https://doi.org/https://doi.org/10.5172/ser.17.2.165

Downloads

Published

2020-12-25

Issue

Section

Articles