Bercakap-cakap sebagai Metode Peningkatan Kemampuan Berbicara Anak
DOI:
https://doi.org/10.26555/jecce.v2i1.567Keywords:
kemampuan berbicara, metode bercakap-cakap, penelitian tindakanAbstract
Berbicara adalah aktivitas mengeluarkan suara dari mulut seseorang guna berkomunikasi dengan orang lain yang melibatkan artikulasi dan kelancaran berupa simbol kata-kata. Kemampuan berbicara pada anak tidak muncul begitu saja, melainkan melalui beberapa tahapan, dan itu perlu dibentuk dan dibina sejak usia dini. Kemampuan berbicara anak itu juga dapat ditingkatkan. Penelitian ini mengkaji tentang peningkatan kemampuan bicara anak melalui metode bercakap-cakap dengan media boneka jari. Kajian ini mendeskripsikan proses peningkatan kemampuan anak berbicara menggunakan metode bercakap-cakap dengan menggunakan model Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dikelompok A3 TK ABA 4 Mangli, dengan tahapan perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi.Penelitian ini dilakukan dengan tindakan kolaboratif.
Metode bercakap-cakap dapat meningkatkan kemampuan berbicara anak. Dalam ketuntasan pada pra-siklus yang dialami oleh 4 orang anak atau 24%, pada siklus pertama ada 7 orang anak atau 41%, serta pada siklus kedua ada 15 orang anak atau 88%. Metode bercakap-cakap dengan media boneka jari dapat mengubah kegiatan pembelajaran menjadi aktif, kreatif, dan menyenangkan bagi anak, yang akhirnya dapat meningkatkan kemampuan berbicara anak. Begitu juga dalam menjawab beberapa pertanyaan sederhana, terutama yang menggunakan kata Tanya apa, mengapa, dimana, berapa dan bagaimana secara sederhana serta bagaimana anak mampu mengungkapkan pendapat secara sederhana, dan merangkai kata menjadi kalimat sederhana yang bermakna.
References
Azhar, A. (2002). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Atkinson, Rita.dkk. (2003).Pengantar Psikologi. Jakarta: Erlangga.
Clark, McDowall (2013). Childhood in Society. London: Learning Matters.
Dhieni, Nurbiana, dkk. (2007). Metode Pengembangan Bahasa, Jakarta: Universitas Terbuka.
Doherty, J. and Hughes, M. (2009). Child Development: Theory and Practice. Harlow: Longman.
“Early Childhood Teaching Certification; Early Childhood Certification". www.teaching-certification.com. Diunduh 20/1/2019.
Hurlock, E. (1980). Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: Erlangga.
Moleong, Lexy J. (2006). Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rosda.
Moeslichatoen. (2004). Metode Pengajaran Di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: PT Rineke Cipta.
Mulyasa, E. (2009). Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
Musfiroh, Tadkirotun. (2008). Pengembangan Kecerdasan Majemuk, Jakarta: Universitas Terbuka.
National Institutes of Health (2018). Speech and Language Development Milestones. Bathesda: NIDCD. Updated November 20, 2018
Sujiono, Yuliani Nurani & Bambang Sujiono. (2005), Menu Pembelajaran AUD. Jakarta: Yayasan Citra Pendidikan Indonesia.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).