Pengembangan Program Pelibatan Orangtua dalam Penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini

Eka Oktavianingsih

Abstract


Keluarga merupakan lingkungan pertama anak tumbuh dan berkembang. Keluarga secara khusus adalah orang tua yang memiliki peran penting dalam penyelenggaraan pendidikan, baik sebagai sumber maupun pelaksana yang menopang proses pendidikan anak. Rendahnya keterlibatan orangtua dalam PAUD telah menjadi kontroversi hangat. Berbagai survei dan penelitian sebelumnya telah menunjukkan bahwa sebagian besar orangtua menghabiskan waktunya bekerja daripada berinteraksi dengan anak mereka. Ironisnya, sekolah juga belum memiliki program efektif yang dapat meningkatkan keteribatan orangtua dalam program PAUD. Penelitian ini bertujuan untuk: (a) mengetahui faktor penyebab rendahnya keterlibatan orangtua dalam program PAUD, (b) pengaruh permasalahan pelibatan orangtua terhadap pengelolaan program dan perkembangan anak usia dini, serta (c) rancangan program peningkatan keterlibatan orangtua dalam program PAUD. Penelitian ini menggunakan metode studi pustaka dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor rendahnya keterlibatan orangtua dalam program PAUD berupa kondisi sosial ekonomi orangtua, latar belakang pendidikan orangtua, bahasa, dan kemampuan komunikasi guru/sekolah. Pengaruh rendahnya keterlibatan orangtua adalah ketidaksesuaian program PAUD dengan kebutuhan anak dan orangtua, kekurangan pembiayaan, kekurangan SDM, ketidakberhasilan keberlanjutan program anak di rumah, serta perkembangan anak tidak akan maksimal. Adapun bentuk-bentuk program yang dirancang antara lain: (a) menciptakan pusat keluarga, (b) membuat papan buletin keluarga, (c) mengadakan rapat/pertemuan rutin antara guru dan orangtua, (d) melibatkan media cetak, (e) membuat website, (f) home visiting, (g) pelibatan orangtua dalam proses penilaian, serta (h) merancang kegiatan-kegiatan lain, seperti field trip, perayaan hari besar bersama, dan guru tamu.

 


Keywords


anak, keterlibatan, orangtua, PAUD, program

Full Text:

PDF

References


Amini, M. (2015). Profil Keterlibatan Orangtua dalam Pendidikan Anak Usia TK. Jurnal Imliah VISI PPTK PAUDNI, 10(1), 9–20.

Brink, M. B. (2002). Involving Parents in Early Childhood Assessment : Perspectives from an Early Intervention Instructor.

Early Childhood Education Journal, 29(4).

Christina Andhika Setyani.( 2012), 10 Maret. Trik Curi Waktu untuk Orangtua Sibuk. Kompas (online). Diunduh dari http://lifestyle.kompas.com/read/2012/03/10/1450320/Trik.Curi.Waktu.untuk.Orangtua.Sibuk. Diakses pada tanggal 2 Januari 2018.

Dunst, C. J., Bruder, M. B., & Espe-Sherwindt, M. (2014). Family Capacity-Building in Early Childhood Intervention : Do Context and Setting Matter? School Community Journal, 24(1), 37–49.

Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini & Pendidikan Masyarakat. (2016). Petunjuk Teknis Kemitraan Sekolah Dasar dengan Keluarga dan Masyarakat. Jakarta: Kemendikbud.

Fagbeminiyi, F. F. (2011). The Role of Parents in Early Childhood Education: A Case Study of Ikeja, Lagos State, Nigeria. Global Journal Of Human Social Science, 11(2).

Jafarov, J. (2015). Factors Affecting Parental Involvement in Education : The Analysis of Literature. Khazar Journal of Humanities and Social Sciences, 18(4).

Khatibah. (2011). Penelitian Kepustakaan. Jurnal Iqra’, 05(01).

Mestika Zed. (2008). Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Mohammad Dani Wahyudi. (2016). Implementasi Manajemen Partisipasi Orang Tua Dalam Pendidikan Anak Usia Dini (Paud) Di Lembaga Paud Mawaddah Banjarmasin. Jurnal Paradigma, Volume 11, Nomor 2, Juli 2016.

Morrison, J. W., Storey, P., & Zhang, C. (2015). Accessible Family Involvement in Early Childhood Programs. Dimensions of Early Childhood, 39(1), 33–38.

Nokali, N. E. El, Bachman, H. J., & Votruba-drzal, E. (2010). Parent Involvement and Children ’ s Academic and Social Development in Elementary School. Child Development, 81(3), 988–1005.

Patel, S., & Corter, C. (2013). Building capacity for parent involvement through school-based preschool services. Early Child, 183(7), 981–1004.

Rihatno, T., Yufiarti, & Nuraini, S. (2017). Pengembangan Model Kemitraan Sekolah dan Orangtua pada Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 11(1), 117–129. https://doi.org/https://doi.org/10.21009/JPUD.111.

Saesti Winahyu Prabhawani. (2016). Pelibatan orang tua dalam program sekolah di TK Khalifah Wirobrajan Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Edisi 2.

Siti Zaenab. (2015). Profesionalisme Guru PAUD Menuju NTB Bersaing: Pengantar Manajemen Pendidikan, Praktik, Teori, dan Aplikasi. Yogyakarta: Deepublish.

Timkey, S. (2015). The Influence of Parent Attitudes and Involvement on Children ’ s Literacy Achievement. Education and Human Development Master’s Theses.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.




DOI: https://doi.org/10.26555/jecce.v1i2.231

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2019 Eka Oktavianingsih

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Abstracting & Indexing By:

     


Journal of Early Childhood Care and Education (JECCE)  
ISSN: 2615-1413 (online)
Organized by :
PG PAUD FKIP Universitas Ahmad Dahlan
Published by:
Universitas Ahmad Dahlan 
Website : journal2.uad.ac.id/index.php/jecce | Email : jecce@pgpaud.uad.ac.id, 

 

View JECCE Stats

 
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0