Implementasi profil pelajar pancasila melalui proyek bermuatan kearifan lokal di sd negeri trayu
DOI:
https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v5i3.7082Keywords:
Profil Pelajar Pancasila, Kearifan Lokal, Sekolah DasarAbstract
Implementasi merdeka belajar merupakan langkah pemerintah untuk mewujudkan sumber daya manusia yang unggul dan berkarakter profil pelajar pancasila. Profil pelajar Pancasila merupakan kompetensi yang dibangun di satuan pendidikan melalui kegiatan intrakurikuler dan kegiatan ekstrakurikuler. Penguatan profil pelajar Pancasila memiliki fokus pada penguatan karakter bangsa dan kemampuan mengimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari. Namun, kenyataannya profil pelajar Pancasila di sekolah masih belum optimal Sementara profil pelajar Pancasila sangat berpengaruh dalam pengembangan karakter. Penanaman pendidikan karakter dapat dilaksanakan dengan mengintregasikan budaya kearifan lokal. Penelitian ini mengenai implementasi profil pelajar pancasila dengan tema kearifan lokal. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Bertujuan untuk meningkatakan pengetahuan siswa dalam menggambarkan implementasi profil pelajar Pancasila melalui proyek bertema kearifan lokal di SD Negeri Trayu. penelitian diatas maka dapat disimpulkan bahwa SD Negeri Trayu sudah mengimplementasikan kurikulum merdeka mulai pada tahun ajaran 2022/2023. Implementasi kurikulum merdeka dilaksanakan di kelas I dan kelas IV. Sementara, kelas II, III, V, dan VI masih menggunakan kurikulum 2013. Ada beberapa tahapan dalam mendesain projek penguatan profil pelajar pancasila pada tema kearifan lokal, tahapan-tahapan tersebut antara lain: 1) Proses perencanaan projek yaitu dengan membentuk tim fasilitator projek penguatan profil pelajar Pancasila, 2) Proses mengidentifikasi kesiapan sekolah dalam menjalankan projek, 3) Menentukan dimensi, tema, dan alokasi projek penguatan profil pelajar Pancasila, 4) Menyusun modul projek penguatan profil pelajar Pancasila, 5) Tahap terakhir adalah pengembangan asesmen projek penguatan profil pelajar pancasila, asesmen terdiri dari dua jenis yaitu asesmen formatif dan asesmen sumatif.
References
Admin, A., & Zaman, B. (2017). Pembinaan Karakter Siswa Melalui Pelaksanaan Shalat Sunnah Dhuha di Sekolah Dasar Islam Terpadu Nur Hidayah Surakarta. TAMADDUN, 18(2), Art. 2. https://doi.org/10.30587/tamaddun.v0i0.88
Ainiyah, N. (2013). Pembentukan karakter melalui pendidikan agama Islam. Al-Ulum, 13(1), 25–38.
Amelia, F. N., & Hamdu, G. (2022). Analisis kebutuhan instrumen penilaian sikap berbasis education for sustainable development di sekolah dasar. Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar), 4(3), 215–224. https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v4i3.4324
Angga, A., & Iskandar, S. (2022). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Mewujudkan Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 5295–5301. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2918
Creswell, J. W. (2018). 30 Keterampilan Esensial untuk Peneliti Kualitatif. Pustaka Pelajar.
Daga, A. T. (2021). Makna Merdeka Belajar dan Penguatan Peran Guru di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(3), 1075–1090. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1279
Daroe Iswatiningsih. (2019). Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-Nilai Kearifan Lokal di Sekolah. SATWIKA (kajian Ilmu Budaya Dan Perubahan Sosial), 3(2), 10. https://doi.org/10.22219/satwika.v3i2.10244
Dora, N., Susanti, E., & Wandini, R. R. (2021). Peran Pendidikan Berbasis Kearifan Lokal Dalam Membentuk Karakter Siswa Di Mis Al-Afkary Batang Kuis. AR-RIAYAH : Jurnal Pendidikan Dasar, 5(1), 121–132. https://doi.org/10.29240/jpd.v5i1.2692
Fitriyah, C. Z., & Wardani, R. P. (2022). Paradigma Kurikulum Merdeka Bagi Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 12(3), 236–243. https://doi.org/10.24246/j.js.2022.v12.i3.p236-243
Hamdi, M. M. (2020). Evalusi Kurikulum Pendidikan. 4 No.1, 10. https://ejournal.staida-krempyang.ac.id/index.php/intizam/issue/view/27
Hidayat, N. (2020). Pendidikan Karakter Anak Usia Dini sebagai Upaya Peningkatan Karakter Bangsa. Pusat Study Gender & Anak ,UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu, Jurnal Hawa, 2(1), 12. https://ejournal.iainbengkulu.ac.id/index.php/hawa/article/view/2793/2628
Kahfi, A. (2022). Implementasi Profil Pelajar Pancasila Dan Implikasinya Terhadap Karakter Siswa Di Sekolah. DIRASAH (Jurnal pemikiran dan pendidikan dasar Islam), 5 No. 2, 14. https://stai-binamadani.e-journal.id/jurdir/article/download/402/318
KPAI, R. N. (2022). Data Kasus Perlindungan Anak 2021. Bank Data Perlindungan Anak. Https://bankdata.kpai.go.id/tabulasi-data/data-kasus-perlindungan-anak-2021. https://bankdata.kpai.go.id/tabulasi-data/data-kasus-perlindungan-anak-2021
Lukum, A. (2019). Pendidikan 4.0 di Era Generasi Z: Tantangan dan Solusinya. Prosiding Seminar Nasional KPK, 2(1), 1–3.
Mahmudah, F. N., & Putra, E. C. S. (2021). Tinjauan Pustaka Sistematis Manajemen Pendidikan: Kerangka Konseptual dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Era 4.0. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 9(1), 43–53. https://doi.org/10.21831/jamp.v9i1.33713
Ma’mur, J. (2012). Buku Panduan Internalisasi Pendidikan di Sekolah. Yogyakarta: Diva Press.
Manalu, J. B., Sitohang, P., & Turnip, N. H. H. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar. PROSIDING Pendidikan Dasar, 1, 7. https://doi.org/10.34007/ppd.v1i1.174
Marisa, M. (2021). Curriculum Innovation “Independent Learning” In The Era Of Society 5.0. Santhet ; Jurnal Sejarah, Pendidikan dan Humaniora, 5 No. 1, 13. https://doi.org/10.36526/js.v3i2.695
Mujiburrahman. (2022). Pendidikan Karakter Siswa Berbasis Kearifan Lokal di Aceh. PROCEEDINGS ICIS 2021, 1, 138–149.
Murdiyanto, E. (2020). Penelitian Kualitatif (Teori dan Aplikasi disertai contoh proposal). Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M) UPN” Veteran ….
Naibaho, T., Sinaga, S. J., Simangunsong, V. H., & Sihombing, S. (2022). Eksplorasi Kue Tradisional Batak Toba Terhadap Konsep Geometri. Jurnal Pendidikan Matematika (JUDIKA EDUCATION), 5(1), 42–48. https://doi.org/10.31539/judika.v5i1.3652
Nilamsari, N. (2014). MEMAHAMI STUDI DOKUMEN DALAM PENELITIAN KUALITATIF. WACANA (Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi), XII No. 2, 5. https://journal.moestopo.ac.id/index.php/wacana/article/view/143/88
Njatrijani, R. (2018). Kearifan Lokal Dalam Perspektif Budaya Kota Semarang. Gema Keadilan, 5(1), 16–31. https://doi.org/10.14710/gk.2018.3580
Oktavianti, I., & Ratnasari, Y. (2018). Etnopedagogi Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar Melalui Media Berbasis Kearifan Lokal. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(2), 149–154. https://doi.org/10.24176/re.v8i2.2353
Oktoviani, W., & Halim, A. (2021). Pengaruh Pembelajaran Tematik Terpadu Tipe Webbed Berbasis Kearifan Lokal terhadap Minat Belajar pada SDN Gudang Tigaraksa. Jurnal Inovasi Penelitian, 2 No.3. https://doi.org/10.47492/jip.v2i3.808
Pohan, S. A., & Dafit, F. (2021). Pelaksanaan Pembelajaran Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1191–1197. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.898
Pratiwi, D. R., Purnomo, E., Wahyudi, A. B., & Saifudin, M. F. (2022). Menggali nilai karakter dalam ungkapan hikmah di sekolah dasar se-Karesidenan Surakarta. Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar), 4(3), 241–255. https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v4i3.4795
Putriani, J. D., & Hudaidah, H. (2021). Penerapan Pendidikan Indonesia Di Era Revolusi Industri 4.0. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(3), 830–838. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i3.407
Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal Basicedu, 6(4), 6313–6319. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3237
Rahayuningsih, F. (2021). Internalisasi Filosofi Pendidikan Ki Hajar Dewantara Dalam Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. 1(3), 11.
Rahmadayanti, D., & Hartoyo, A. (2022). Potret Kurikulum Merdeka, Wujud Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 7174–7187. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3431
Ramdani, E. (2018). Model Pembelajaran Kontekstual Berbasis Kearifan Lokal sebagai Penguatan Pendidikan Karakter. JUPIIS: JURNAL PENDIDIKAN ILMU-ILMU SOSIAL, 10(1), 1–10. https://doi.org/10.24114/jupiis.v10i1.8264
Rony, R., & Jariyah, S. A. (2021). Urgensi Pendidikan Karakter dalam Membentuk Akhlak Peserta Didik. Tafkir: Interdisciplinary Journal of Islamic Education, 1(1), 79–100. https://doi.org/10.31538/tijie.v1i1.18
Rusnaini, R., Raharjo, R., Suryaningsih, A., & Noventari, W. (2021). Intensifikasi Profil Pelajar Pancasila dan Implikasinya Terhadap Ketahanan Pribadi Siswa. Jurnal Ketahanan Nasional, 27(2), 230. https://doi.org/10.22146/jkn.67613
Samani, M., & Hariyanto, M. S. (2011). Konsep dan model pendidikan karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sari, N. (2020). Pendidikan Berbasis Kearifan Lokal Untuk Membentuk Karakter Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran: JPPP, 1(1), 1–10. https://doi.org/10.30596/jppp.v1i1.4452
Sari, Z. A. A., Nurasiah, I., Lyesmaya, D., Nasihin, N., & Hasanudin, H. (2022). Wayang Sukuraga: Media Pengembangan Karakter Menuju Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Basicedu, 6(3), 3526–3535. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2698
Septiana, A. R., & Hanafi, M. (2022a). Pemantapan Kesiapan Guru dan Pelatihan Literasi Digital pada Implementasi Kurikulum Merdeka. JOONG-KI : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(3), 6.
Septiana, A. R., & Hanafi, M. (2022b). Pemantapan Kesiapan Guru dan Pelatihan Literasi Digital pada Implementasi Kurikulum Merdeka. JOONG-KI : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(3), 6. https://doi.org/10.56799/joongki.v1i3.832
Setiadi, H. (2016). Pelaksanaan penilaian pada Kurikulum 2013. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 20(2), 166–178. https://doi.org/10.21831/pep.v20i2.7173
Shufa, N. K. F. (2018). Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal Di Sekolah Dasar: Sebuah Kerangka Konseptual. Inopendas Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1(1), 6. https://doi.org/10.24176/jino.v1i1.2316
Sibagariang, D., Sihotang, H., & Murniarti, E. (2021). Peran Guru Penggerak Dalam Pendidikan Merdeka Belajar Di Indonesia. Jurnal Dinamika Pendidikan, 14 No.2, 12. https://doi.org/10.51212/jdp.v14i2.53
Simarmata, M. Y., Yatty, M. P., & Fadhillah, N. S. (2022). Analisis Keterampilan Berbicara Melalui Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Di Smp Negeri 1 Kuala Mandor B. VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 13(1), 47–59. https://doi.org/10.31932/ve.v13i1.1564
Siswati, S. (2019). Pengembangan Soft Skills dalam Kurikulum untuk Menghadapi Revolusi Industri 4.0. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 17(2), 264. https://doi.org/10.31571/edukasi.v17i2.1240
Soleh, A. R., & Pratiwi, D. R. (2022). Wujud Nilai Karakter Gotong Royong dalam Teks Nusantara Bertutur pada Harian Kompas dan Pemanfaatannya pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Sekolah Dasar. Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar), 4(3), 225–240. https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v4i3.4363
Solehudin, D., Priatna, T., & Zaqiyah, Q. Y. (2022). Konsep Implementasi Kurikulum Prototype. Jurnal Basicedu, 6(4), 7486–7495. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3510
Sufyadi, Susanti, & et al. (2021). Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Kepala Pusat Asesmen dan Pembelajaran Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementerian Pendidikan Kebudayaan, Riset dan Teknologi.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). ALFABETA.
Sulianti, A., Safitri, R. M., & Gunawan, Y. (2019). Implementasi Pendidikan Kewarganegaraan Berbasis Kearifan Lokal dalam Membangun Karakter Generasi Muda Bangsa. Integralistik, 30(2), 100–106. https://doi.org/10.15294/integralistik.v30i2.20871
Sumarsih, I., Marliyani, T., Hadiyansah, Y., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Penggerak Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8248–8258. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3216
Suryana, C., & Iskandar, S. (2022). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Menerapkan Konsep Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 7317–7326. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3485
Susetyo. (2020a). Permasalahan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia FKIP Universitas Bengkulu. Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Dan Sastra. https://ejournal.unib.ac.id/semiba/article/view/13358/6514
Susetyo, S. (2020b). Permasalahan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia FKIP Universitas Bengkulu. Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 1(1), 29–43.
Susilowati, E. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dalam Pembentukan Karakter Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Al- Miskawih ; Jurnal pendidikan Sains, 1 No. 1, 18. https://doi.org/10.56436/mijose.v1i1.85
Syamsuar & Reflianto. (2018). Pendidikan dan Tantangan Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi di Era Revolusi Industri 4.0. E-TECH. Jurnal Ilmial Teknologi Pendidikan, 6(2), 13. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/e-tech/article/view/101343/100535
Tabroni, I., Jamil, N. A., & Nurarita, N. (2022). Merdeka Belajar Policy as a Strategy to Improve Quality of Education. Syaikhuna: Jurnal Pendidikan dan Pranata Islam, 13(01), 1–12. https://doi.org/10.36835/syaikhuna.v13i01.5492
Trisna, B. N. (2019). Pendidikan 4.0: Perubahan Paradigma dan Penguatan Kearifan Lokal dalam Pembelajaran Matematika. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 83–92. https://doi.org/10.33654/math.v5i1.519
Vhalery, R., Setyastanto, A. M., & Leksono, A. W. (2022a). Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka: Sebuah Kajian Literatur. Research and Development Journal of Education, 8(1), 185–201.
Vhalery, R., Setyastanto, A. M., & Leksono, A. W. (2022b). Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka: Sebuah Kajian Literatur. Research and Development Journal of Education, 8(1), 185. https://doi.org/10.30998/rdje.v8i1.11718
Widya, R. (2020). Dampak Negatif Kecanduan Gadget Terhadap Perilaku Anak Usia Dini Dan Penanganannya Di PAUD Ummul Habibah. 13(1), 6. https://jurnal.pancabudi.ac.id/index.php/abdiilmu/article/view/888/839
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 ANJAR SULISTIAWATI, Ahmad Khawani , Junari Yulianti , Agus Kamaludin , Abdul Munip
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.