Analisis kemampuan berhitung peserta didik kelas IV akibat kebijakan pemisahan kelas peserta didik laki-laki dan perempuan
DOI:
https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v5i3.6704Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya perbedaan kemampuan berhitung peserta didik yang dilihat berdasarkan hasil rata-rata nilai ulangan harian pada sekolah dasar yang memiliki kebijakan pemisahan kelas antara peserta didik laki-laki dan perempuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penyebab perbedaan kemampuan berhitung peserta didik kelas IV SD IT An-Najiyah Pekanbaru serta perbedaan kemampuan berhitung peserta didik secara lebih rinci. Dalam penelitian ini pendekatan penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini guru kelas IV dan peserta didik kelas IV. Menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi dalam mengumpulkan data. Model Sugiyono digunakan untuk menganalisis data, meliputi mengolah data, pengambilan data, dan pengambilan simpulan. Temuan akhir penelitian ini menunjukkan pada pelajaran berhitung kemampuan peserta didik laki-laki lebih rendah daripada perempuan di kelas terpisah. Perbedaan kemampuan berhitung peserta didik kelas IV disebabkan oleh latar belakang akademik guru yang tidak sesuai dengan tugasnya, sehingga menimbulkan kualitas pengajaran yang kurang bagus. Untuk menghasilkan pengajaran yang berkualitas bagus, sebaiknya memberikan tugas guru sesuai dengan latar belakang akademis mereka.
References
Afrah, N., Yulia., & Muslimin. (2021). Evaluasi Perkalian dengan Metode Garis pada Siswa Sekolah Dasar Kelas Empat di Kota Parepare. Pin isi Journal Of Education, 1(2), 118–123.
Agustin, R., D., Wana, P., R., & Aupriyanto, D., H. (2021). Pengaruh Pembiasaan Menghafal Perkalian terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik Matematika Kelas II. At-Thullaby: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 5(2), 111–120.
Ahmad., M., Y., Tambak, S., & Constantiani, N. (2017). Hubungan Metode Tanya Jawab dengan Minat Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Al-Thariqah, 2(1), 89–110.
Aini, R. (2014). Pengaruh Pengelolaan Kelas terhadap Hasil Belajar Siswa pada mata Pelajaran Ekonomi Kelas X IPS di SMA Negeri 8 Pontianak. Nitro Profesional,12(3), 703–712.
Alamsyah, M., Ahmad, S., & Harris, H. (2020). Pengaruh Kualifikasi Akademik dan Pengalaman Mengajar terhadap Profesionalisme Guru. Journal of Education Research, 1(3), 183–187.
Amir, Z. (2013). Perspektif Gender dalam Pembelajaran Matematika. Marwah, XII(1), 14–31.
Ananda, R., & Fadhilaturrahmi. (2018). Analisis Kemampuan Guru Sekolah Dasar dalam Implementasi Pembelajaran Tematik di SD. Jurnal Basicedu, 2(2), 11–21.
Ariyanti., & Muslimin, Z., I. (2015). Efektivitas Alat Permainan Edukatif (APE) Berbasis Media dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung Pada Anak. Jurnal Psikologi Tabularasa, 10(1), 58–69.
Ayuni, D., N., Irawan, B., & Putri, A., N. (2021). Studi Perbandingan Motivasi Belajar Siswa Kelas Putra dan Putri di SMPIT Al Madinah Tanjungpinang. Student Online Journal, 2(1), 340–348.
Choiroh, U., N., U. (2019). Peningkatan Kemampuan Berhitung Siswa menggunakan Media Stick Pouch Materi Perkalian dan Pembagian Kelas II MI AT Taqwa Kraton Pasuruan. Universitas Islam Negeri Suunan Ampel.
Dewi, V., F., Suryana, Y., & Hidayat, S. (2020). Pengaruh Penggunaan Jarimatika terhadap Kemampuan Berhitung Perkalian Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar. EduBasic Journal: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(2), 79–87.
Fadhli, K., Rahmawati, I., Nasrulloh, M., F., Putri, F., D., L., Martina., & Rosyid, M., A. (2022). Penggunaan Alat Peraga TAPASAM sebagai upaya Meningkatkan Kemampuan Berhitung bagi Anak. Jumat Pendidikan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 11–17.
Fakhiroh, Z., Casta, C., & Holia, I. (2021). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Materi Perkalian Cara Bersusun Pendek menggunakan Metode Drill di Kelas III SD Negeri 1 Lungbenda. ARJI: Action Research Journal Indonesia, 3(4), 252–263.
Fatmawati, N., Mappincara, A., & Habibah, S. (2019). Pemanfaatan dan Pemeliharaan Sarana dan Prasarana Pendidikan. Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, Dan Pembelajaran, 3(2), 115–121.
Febrizalti, T., & Saridewi. (2020). Stimulasi Kemampuan Berhitung Anak Usia Dini melalui Metode Jarimatika. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 1840–1848.
Firmanti, P. (2017). Penalaran Siswa Laki-laki dan Perempuan dalam Proses Pembelajaran Matematika. HUMANISMA: Journal of Gender Studies, 1(2), 73–85.
Hakim, D., L., & Sari, R., M., M. (2019). Aplikasi Game Matematika dalam Meningkatkan Kemampuan Menghitung Matematis. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 12(1), 129–141.
Hanifah, F., N. (2018). Penerapan Pemisahan Kelas Antara Siswa Putra dan Putri dalam Upaya Pembinaan Akhlak di MTS Surya Buana Malang [Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri].
Maulidah, R., Satianingsih, R., & Yustitia, V. (2021). Implementasi Media Flash Card: Studi Eksperimental untuk Keterampilan Berhitung Siswa. Elementary School, 8(1), 7–14.
Mayasari, S., & Indraswari, C. (2018). Efektivitas Media Sosial Instagram dalam Publikasi HUT Museum Nasional Indonesia (MNI) kepada Masyarakat. Jurnal Komunikasi, 9(2), 190–196.
Muafiah, E. (2013). Pendidikan Perempuan di Pondok Pesantren. Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam, 7(1), 89–110.
Mukminah., Hirlan., & Sriyani. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Berhitung Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV SDN 1 Anyar. Jurnal Pacu Pendidikan Dasar, 1(1), 1–14.
Nasaruddin. (2013). Karakterisik dan Ruang Lingkup Pembelajaran Matematika di Sekolah. Al-Khwarizmi., 2, 63–76.
Nashoba, D., R. (2019). Pengaruh Gender terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas VII pada Pokok Bahasan Himpunan di Kontrol dengan Kemampuan Berfikir Kritis di MTS Darul Amanah. Universitas Islam Negeri Walisongo.
Novitasari, D. (2017). Analisis Kreativitas Siswa Dalam Pemecahan Masalah Visual Spasial Dan Logis Matematis Ditinjau Dari Gender. Media Pendidikan Matematika, 5(2), 75–83.
Nur, F., M. (2012). Pemanfaatan Sumber Belajar dalam Pembelajaran Sains Kelas V Sd pada Pokok Bahasan Makhluk Hidup dan Proses Kehidupan. Jurnal Penelitian Pendidikan, 13(1), 67–78.
Oktavia, R. (2019). Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Geometri Berorientasi Pisa ditinaju dari Gender pada Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 2 Masaran.
Pertiwi, R., D., & Siswono, T., Y., E. (2021). Kemampuan Komunikasi Matematis dalam Menyelesaikan Soal Transformasi Geometri ditinjau dari Gender. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Dan Sains, 5(1), 26–36.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 21 Tahun 2016 tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah, (2016).
Pramithasari. (2017). Ruang Lingkup Pelajaran Matematika di SD. WordPress.Com.
Pramudyani, A., Fauzi, N., & Ramli, M. (2021). Analisis Kemampuan Berhitung Siswa ditinjau dari Gender di Madrasah Ibtidaiyah Kabupaten Sorong. Misool: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2), 66–73.
Priatna, N., & Yuliardi, R. (2019). Pembelajaran Matematika.
Rifa’i, M. (2018). Manajemen Peserta Didik (R. Ananda & M. Fadhli (eds.); Cetakan Pe). CV. Widya Puspita.
Rohmah, N. (2017). Segregasi Gender dalam Pembelajaran Ilmu Falak di Pesantren Salafiyah Lirboyo Kediri dan Pesantren Modern Assalam Surakarta sebagai Upaya Pemberdayaan Peran Perempuan. Al-Mabsut: Jurnal Studi Islam Dan Sosial, 11(1), 0–23.
Romlah, M., Kurniah, N., & Wembrayarli. (2016). Peningkatan Kemampuan Berhitung Anak Melalui Kegiatan Bermain Sempoa. Jurnal Ilmiah Potensia, 1(2), 72–77.
Rusmayanti, A., Muti’ah, A., & Husniah, F. (2017). Penerapan Keterampilan Bertanya dan Memberikan Penguatan dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas VII SMP Negeri 4 Jember. Lingua Franca, 2(2), 510–518.
Setiawan, A. (2018). Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak Usia Dini Melalui media Pembelajaran Matematika di RA Ma’arif 1 Kota Metro. SELING: Jurnal Program Studi PGRA, 4(2), 181–188.
Sidiq, U., & Choiri, M. (2019). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta,cv.
Sulistyani, N., & Deviana, T. (2019). Analisis Bahan Ajar Matematika Kelas V Sd di Kota Malang. JP2SD (Jurnal Pendidikan dan Pengembangan Dasar), 7(2), 133–141.
Surya, Y., F., & Marta, R. (2017). Analisis Kesulitan Belajar Mahasiswa PGSD STKIP Pahlawan Tuanku Tambusai pada Mata Kuliah Konsep Dasar IPA SD Tahun Ajaran 2016/2017. Jurnal Basicedu, 1(2), 1–9.
Susanti, Y. (2020). Pembelajaran Matematika dengan menggunakan Media Berhitung di Sekolah Dasar dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa. EDISI : Jurnal Edukasi Dan Sains, 2(3), 435–448.
Syamsuddin, S., Jafar, M., I., & Patta, R. (2018). Analisis Kemampuan Berhitung Siswa Kelas III SD Negeri Kecamatan Ulaweng Kabupaten Bone. Jurnal Publikasi Pendidikan, 8(1), 71–75.
Tamin, Z., & Subaidi. (2019). Implementasi Segregasi Kelas Berbasis Gender dalam Menanggulangi Interaksi Negatif Siswa di SMP Al-Falah Ketintang Surabaya. Al-Hikmah: Jurnal Studi Keislaman, 9(1), 30–43.
Toriq, M. (2017). Pemisahan Rombongan belajar Berbasis Gender: Studi Kompaeatif Hasil Belajar Kelas Laki-laki dan Perempuan di Madrasah aliyah Yajri Payaman Magelang. Negeri Semarang.
Triasningsih, R. (2015). Pengaruh Kualifikasi Akademik terhadap Kinerja Guru Sd Dabin I dan IV Kecamatam Pituruh Kabupaten Purworejo.
Tyas, N., M. (2016). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika Kelas IV Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Ungaran Barat Kabupaten Semarang.
Ulfa, I. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Auditory Intelectually Repetition (Air) berbantuan Media Stik Bilangan terhadap Kemampuan Berhitung.
Yantoro., Hayati, S., & Herawati, N. (2020). Strategi Guru dalam Meningkatkan Kemampuan. ADI WIDYA : Jurnal Pendidikan Dasar, 5(1), 189–194.
Yonata, F. (2020). Manifestasi Gender dalam Buku Ajar.
Zakia, M., G. (2017). Sistem Pengelompokan Peserta Didik di Sekolah Dasar Negeri. Manajemen Dan Supervisi Pendidikan, 1(3), 201–207.
Zellatifanny, C., M., & Mudjiyanto, B. (2018). Tipe Penelitian Deskripsi dalam Ilmu Komunikasi The Type Of Descritive Research In Communicatio Study. Jurnal Diakom, 1(2), 83–90.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Nurul Atikah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.