Penerapan model pembelajaran paired story telling untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa sekolah dasar

Authors

  • Elssi Brada Universitas Pahlawan Tuanku tambusai Bangkinang
  • Rizki Ananda Universitas Pahlawan Tuanku tambusai Bangkinang
  • Iis Aprinawati Universitas Pahlawan Tuanku tambusai Bangkinang

DOI:

https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v5i3.6486

Keywords:

Keterampilan Berbicara, Model Paired Story Telling, Sekolah Dasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara dengan menggunakan model paired story telling pada siswa kelas IV SDN 011 Pulau Jambu. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 011 Pulau Jambu yang berjumlah 22 anak. Model penelitian ini menggunakan model penelitian Hermawan. Tahapan siklus dalam penelitian ini menggunakan langkah perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, dokumentasi, tes. Teknik analisis data menggunakan kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model paired story telling dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Hal ini ditunjukkan oleh perolehan hasil observasi pada siklus I dari 22 orang siswa, diketahui bahwa keterampilan berbicara siswa yang termasuk dalam kategori tuntas mencapai 16 siswa (72%). Hasil siklus I ke siklus II mengalami peningkatan keterampilan berbicara siswa kategori tuntas menjadi 18 siswa (81%).

References

Darmuki, A., & Hariyadi, A. (2019). Peningkatan Keterampilan Berbicara Menggunakan Metode Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Mahasiswa Pbsi Tingkat I-B Ikip Pgri Bojonegoro Tahun Akademik 2018/2019. KREDO : Jurnal Ilmiah Bahasa Dan Sastra, 2(2), 256–267. https://doi.org/10.24176/kredo.v2i2.3343

Harianto, E. (2020). Metode Bertukar Gagasan dalam Pembelajaran Keterampilan Berbicara. Didaktika, 9(4), 411–422. https://jurnaldidaktika.org/contents/article/view/56

Janiar, I., Halidjah, S., & . S. (2014). Peningkatan Kemampuan Berbicara Dengan Menggunakan Metode Story Telling Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 3(7), 1–10. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/5756

Aufa, F. N., Purbasari, I., & Widianto, E. (2020). Keterampilan Berbicara Siswa Sekolah Dasar Menggunakan Visualisasi Poster Sederhana. WASIS : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(2), 86–92. https://doi.org/10.24176/wasis.v1i2.5060

Kusuma, W. E., Husniati, & Setiawan, H. (2021). Pengaruh Metode Paired Story Telling Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Kelas IV Sekolah Dasar The Influence Of Paired Story Telling Method On Speaking Skills Of Grade Iv Elementary Schools Students. 1(2), 50–56.

Irwandi. (2018). Penerapan Model Kooperatif Teknik Paired Storytelling untuk meningkatkan kemampuan bercerita siswa kelas V pada pembelajaran Bahasa Indonesia MIN Mesjid Raya Banda Aceh. Jurnal Pendidikan, 7 No. 1, 51–64.

Nurhaedah, N., Muslimin, M., & Kamal, A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Paired story telling Terhadap Keterampilan Menulis Karangan Narasi Pada Muatan Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SD Negeri Kompleks IKIP I Kota Makassar. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 3(3), 196. https://doi.org/10.26858/jkp.v3i3.10216

Nurming, S. (2017). Efektivitas Model Pembelajaran Tipe Paired Storytelling dalam Keterampilan Berbicara Bahasa Jerman Siswa Kelas XI SMAN 11 Makassar. Proceeding Of National Seminar, 257–265. https://ojs.unm.ac.id/semnaslemlit/article/view/4015/2374

Artikel, R. (2021). Peningkatan Kemampuan Berbicara Di Depan Kelas Melalui Model Pembelajaran Storytelling Improving Speaking Ability in Front of the Class Through Storytelling Learning Model. 6, 538–544.

Permana, E. P. (2015). Pengembangan Media Pembejaran Boneka Kaus Kaki Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas Ii Sekolah Dasar. Profesi Pendidikan Dasar, 2(2), 133–140. https://doi.org/10.23917/ppd.v2i2.1648

Tambunan, P. (2020). Pelajaran Keterampilan Bebicara Di Sekolah Dasar. Wanastra: Jurnal Bahasa Dan Sastra, 12(December), 11.

Hesti Resmi, S. (2019). Penerapan Model Paired Storytelling dalam Pembelajaran Bercerita. Journal of Education Action Research, 3(2), 100. https://doi.org/10.23887/jear.v3i2.17265

Yuliana, E., & Abdullah, A. (2021). Dampak Pembelajaran Daring terhadap Minat Belajar Mahasiswa. Maharot : Journal of Islamic Education, 5(1), 73. https://doi.org/10.28944/maharot.v5i1.579

Downloads

Published

2023-01-06

How to Cite

Brada, E. ., Ananda , R. ., & Aprinawati , I. . (2023). Penerapan model pembelajaran paired story telling untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa sekolah dasar. Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar), 5(3), 149–159. https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v5i3.6486