Penerapan model pembelajaran paired story telling untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa sekolah dasar
DOI:
https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v5i3.6486Keywords:
Keterampilan Berbicara, Model Paired Story Telling, Sekolah DasarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara dengan menggunakan model paired story telling pada siswa kelas IV SDN 011 Pulau Jambu. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 011 Pulau Jambu yang berjumlah 22 anak. Model penelitian ini menggunakan model penelitian Hermawan. Tahapan siklus dalam penelitian ini menggunakan langkah perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, dokumentasi, tes. Teknik analisis data menggunakan kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model paired story telling dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Hal ini ditunjukkan oleh perolehan hasil observasi pada siklus I dari 22 orang siswa, diketahui bahwa keterampilan berbicara siswa yang termasuk dalam kategori tuntas mencapai 16 siswa (72%). Hasil siklus I ke siklus II mengalami peningkatan keterampilan berbicara siswa kategori tuntas menjadi 18 siswa (81%).
References
Darmuki, A., & Hariyadi, A. (2019). Peningkatan Keterampilan Berbicara Menggunakan Metode Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Mahasiswa Pbsi Tingkat I-B Ikip Pgri Bojonegoro Tahun Akademik 2018/2019. KREDO : Jurnal Ilmiah Bahasa Dan Sastra, 2(2), 256–267. https://doi.org/10.24176/kredo.v2i2.3343
Harianto, E. (2020). Metode Bertukar Gagasan dalam Pembelajaran Keterampilan Berbicara. Didaktika, 9(4), 411–422. https://jurnaldidaktika.org/contents/article/view/56
Janiar, I., Halidjah, S., & . S. (2014). Peningkatan Kemampuan Berbicara Dengan Menggunakan Metode Story Telling Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 3(7), 1–10. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/5756
Aufa, F. N., Purbasari, I., & Widianto, E. (2020). Keterampilan Berbicara Siswa Sekolah Dasar Menggunakan Visualisasi Poster Sederhana. WASIS : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(2), 86–92. https://doi.org/10.24176/wasis.v1i2.5060
Kusuma, W. E., Husniati, & Setiawan, H. (2021). Pengaruh Metode Paired Story Telling Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Kelas IV Sekolah Dasar The Influence Of Paired Story Telling Method On Speaking Skills Of Grade Iv Elementary Schools Students. 1(2), 50–56.
Irwandi. (2018). Penerapan Model Kooperatif Teknik Paired Storytelling untuk meningkatkan kemampuan bercerita siswa kelas V pada pembelajaran Bahasa Indonesia MIN Mesjid Raya Banda Aceh. Jurnal Pendidikan, 7 No. 1, 51–64.
Nurhaedah, N., Muslimin, M., & Kamal, A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Paired story telling Terhadap Keterampilan Menulis Karangan Narasi Pada Muatan Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SD Negeri Kompleks IKIP I Kota Makassar. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 3(3), 196. https://doi.org/10.26858/jkp.v3i3.10216
Nurming, S. (2017). Efektivitas Model Pembelajaran Tipe Paired Storytelling dalam Keterampilan Berbicara Bahasa Jerman Siswa Kelas XI SMAN 11 Makassar. Proceeding Of National Seminar, 257–265. https://ojs.unm.ac.id/semnaslemlit/article/view/4015/2374
Artikel, R. (2021). Peningkatan Kemampuan Berbicara Di Depan Kelas Melalui Model Pembelajaran Storytelling Improving Speaking Ability in Front of the Class Through Storytelling Learning Model. 6, 538–544.
Permana, E. P. (2015). Pengembangan Media Pembejaran Boneka Kaus Kaki Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas Ii Sekolah Dasar. Profesi Pendidikan Dasar, 2(2), 133–140. https://doi.org/10.23917/ppd.v2i2.1648
Tambunan, P. (2020). Pelajaran Keterampilan Bebicara Di Sekolah Dasar. Wanastra: Jurnal Bahasa Dan Sastra, 12(December), 11.
Hesti Resmi, S. (2019). Penerapan Model Paired Storytelling dalam Pembelajaran Bercerita. Journal of Education Action Research, 3(2), 100. https://doi.org/10.23887/jear.v3i2.17265
Yuliana, E., & Abdullah, A. (2021). Dampak Pembelajaran Daring terhadap Minat Belajar Mahasiswa. Maharot : Journal of Islamic Education, 5(1), 73. https://doi.org/10.28944/maharot.v5i1.579
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Elssi Brada, Rizki Ananda , Iis Aprinawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.