Integrasi kemampuan berpikir kritis dalam rubric pengetahuan majalah bobo dan implementasinya pada pembelajaran bahasa Indonesia SD
DOI:
https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v5i3.6296Keywords:
Kemampuan Berpikir, Berpikir Kritis, Rubric Pengetahuan, Majalah Bobo, Pembelajaran BahasaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan konten dalam majalah Bobo edisi 2021 yang dapat mengembankan kemampuan berpikir kritis peserta didik sekolah dasar. UNESCO menetapkan kompetensi untuk hidup pada abad 21 yaitu salah satunya adalah kemampuan berpikir kritis. Untuk itu, komponen berpikir kritis menjadi penting untuk dikembangkan sejak dini. Indicator kemampuan berpikir kritis yang terkandung dalam rubrik pengetahuan Majalah Bobo edisi bulan juni 2021. Indikator berpikir kritis yang dimaksud merupakan indikator modifikasi yaitu merumuskan masalah, memberikan argumen, membuat premis dan menarik kesimpulan. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan metode analisis konten. Objek penelitiannya yaitu rubrik pengetahuan yang terdapat dalam Majalah Bobo edisi 10,11,12 dan 13 bulan juni 2021. Penelitian ini menggunakan instrumen berupa lembar analisis dokumen yang disusun berdasarkan landasan teori tentang indikator berpikir kritis. Teknik analisis data dimulai dengan data yang sudah dikumpulkan, direduksi, dideskripsikan, diinterpretasikan, dianalisis, kemudian disimpulkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rubrik pengetahuan dari Majalah Bobo edisi bulan juni 2021 memuat pengetahuan tentang energy listrik dari sampah memenuhi 3 indikator, cara hewan berkamuflase memenuhi 4 indikator, sejarah singkat patung di Jakarta memenuhi 3 indikator dan terowongan panjang di dunia memenuhi 2 indikator. Bahan bacaan pada rubrik pengetahuan memenuhi empat indikator kemampuan berpikir kritis yaitu merumuskan masalah, memberikan argument, membuat premis dan menarik kesimpulan. Terlihat setelah membaca kritis peserta didik dapat menyerap informasi 5W+1H yang ada pada bacaan rubric pengetahuan. Muatan rubrik pengetahuan ini cocok untuk membangun kemampuan berpikir kritis peserta didik dengan menjadikan rubrik pengetahuan sebagai bahan ajar pendamping pembelajaran bahasa Indonesia.
References
* I. T. M. (2015). Keefektifan Metode Problem Solving dalam Pembelajaran Pkn untuk Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis dan Sikap Nasionalisme di SMA Negeri 1 Suela Lombok Timur. SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 11(2), 173–182. https://doi.org/10.21831/socia.v11i2.5302
Bravo, M. J., Galiana, L., Rodrigo, M. F., Navarro-Pérez, J. J., & Oliver, A. (2020). An adaptation of the Critical Thinking Disposition Scale in Spanish youth. In Thinking Skills and Creativity (Vol. 38, Issue October). https://doi.org/10.1016/j.tsc.2020.100748
Chaerowati, D. L. (2007). Sosialisasi Anak dalam Majalah “Bobo.” Mediator: Jurnal Komunikasi, 8(1), 157–164. https://doi.org/10.29313/mediator.v8i1.1235
Faradina, A. T. E., As’ari, A. R., & Sukoriyanto, S. (2019). Analisis Potensi Penyajian Prosedur Buku New Syllabus Mathematics Jilid II Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(11), 1522. https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i11.13026
Holy, D., Sinthya, P., Widiastuti, S., & Fauzi, A. (2021). Jurnal Fundadikdas ( Fundamental Pendidikan Dasar ) Pengembangan buku pengayaan kemampuan menentukan ide pokok untuk pembelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas 3 sekolah dasar Development of an ability enrichment book to determine main ideas for learning I. 4(3), 265–277.
Kundharu Sadhono dan Slamet. (2012). Meningkatkan Keterampilan Berbahasa Indonesia. Karya Putra Darwati.
Makhrus, M., Harjono, A., Syukur, A. B., & Muntari, S. (2018). Identifikasi Kesiapan LKPD Guru Terhadap Keterampilan Abad 21 Pada Pembelajaran IPA SMP. Jurnal Ilmiah Profei Pendidikan, 3(2), 124–128.
Mardati, A. (2022). Jurnal Fundadikdas ( Fundamental Pendidikan Dasar ) Efektivitas perangkat pembelajaran tematik discovery learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas III The Effectiveness of Discovery Learning Thematic Subject Specific Pedagogic on Critical Th. 4(3), 256–264.
Mutia, C. E. (2020). Analisis Nilai Moral Pada Cerita Pendek Majalah Bobo. Jurnal Muddarisuna, 10(4), 649–667. https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/mudarrisuna/article/view/7978%0Ahttps://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/mudarrisuna/article/download/7978/5583
Nurjanah, E., & Hakim, D. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Materi Mencerna (Menyimak Cerita Anak) Berbasis Cerita Anak Majalah Bobo. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar (JBPD), 2(1), 69–83.
Rohmawan, A. (2020). Aspek berpikir kritis dan kreatif dalam buku teks karya mahasiswa. BASINDO: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia …, 4, 32–44.
Safithri, R. N., & Erviana, V. Y. (2019). Pengembangan Modul Pembelajaran Tema 6 “Cita-Citaku” Subtema 1 Aku Dan Cita-Citaku Berbasis Literasi Membaca Kelas Iv Di Sekolah Dasar. Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar), 2(2), 69. https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v2i2.982
Sani, R. A. (2019). Pembelajaran Berbasis HOTS. Tira Smart.
Sari, D. H. N., Mahfud, H., & Saputri, D. Y. (n.d.). Kemampuan berpikir kritis materi hak dan kewajiban pada pembelajaran pendidikan kewarganegaran peserta didik kelas IV sekolah dasar. 449.
Septiana, T. S., & Kurniawan, M. R. (2018). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Siswa Kelas 5 Pada Mata Pelajaran Pkn Di Sd Muhammadiyah Kauman Tahun 2016/ 2017. Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar), 1(1), 94. https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v1i1.74
Slamet. (2014). Problematika Berbahasa Indonesia. Graha Ilmu.
Sulistiani, E., & Masrukan. (2016). Pentingnya Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Matematika untuk Menghadapi Tantangan MEA. Seminar Nasional Matematika X Universitas Semarang, 605–612.
Wiguna, F. A. (2017). Pengaruh Metode Pemberian Tugas (Resitasi) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran PKN Kelas IV SDN Mojoroto Kota Kediri. Ibriez : Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains, 2(1), 45–64. https://doi.org/10.21154/ibriez.v2i1.25
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Diah Hayu Novita Sari, Septi Yulisetiani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.