Pengembangan media B-Math berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) pada peserta didik tunanetra
DOI:
https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v5i1.5915Abstract
Pendidikan STEM merupakan pendidikan dengan mengintegrasikan berbagai mata pelajaran antara lain sains, teknologi, enggenering, dan matematika. Pengintegrasian beberapa mata pelajaran ini dapat mengembangkan potensi peserta didik dalam belajar terutama dengan hal yang berkaitan dengan pemecahan masalah dalam kehidupan sehari-hari. Namun pada kenyataannya, penyediaan media pembelajaran guna mendukung peningkatan kualitas khususnya bagi tunanetra masih sangat sedikit. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengetahui kualitas media B-Math berbasis STEM bagi peserta didik tunanetra. Penelitian ini menggunakan pendekatan R&D (Research and Development) dengan model four-D (Define, Design, Development, Dissemination). Adapun subjek dalam penelitian ini adalah ahli media, ahli materi, dan ahli bahasa.. Hasil pengembangan pada penelitian ini adalah media braille mathematics (B-Math). Adapun media B-Math ini telah melalui uji validasi oleh para validator yaitu ahli media, ahli materi, dan ahli bahasa. Berdasarkan hasil validasi oleh para validator maka diperoleh nilai 84 dari ahli media dan termasuk dalam kriteria “Sangat Baik”. Penilaian dari ahli materi memperoleh nilai 76 dan termasuk dalam kategori “Baik”. Adapun penilaian dari ahli bahasa memperoleh nilai 85 dan termasuk dalam kategori “Sangat Baik”. Nilai rata-rata yang diperoleh dari penilaian ketiga ahli tersebut adalah 81,67 dan termasuk dalam kriteria “Sangat Baik”.
References
Andriana, R., Ali, M., & Sari, D. N. (2011). Matematika SD Kelas VI (N. P.D (ed.); 2nd ed.). Yudhistira.
Aulia, W. P., & Sopandi, A. A. (2019). Cara Belajar Siswa Tunanetra dalam Pembelajaran Matematika Kelas X di SMK Negeri 7 Padang. Jurnal Penelitian Pendidikan Kebutuhan Khusus, 7(2), 155–160. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/juppekhu1059790.64
Dewi, S. C., Wardono, & Soedjoko, E. (2015). Implementasi Model PBL dengan Pendekatan Realistik Berbantuan Edmodo Untuk Meningkatkan Literasi Matematika Siswa Kelas VII. Unnes Journal of Mathematics Education, 4(2), 164–171. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujme
Erviana, V. Y. (2019). Pengembangan Ensiklopedia Terintegrasi STEM (Science, Technology, Engineering, Mathematics) Sebagai Pengayaan Bagi Peserta Didik. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 5(1), 31–44.
Fathani, A. H. (2016). Pengembangan Literasi Matematika Sekolah dalam Perspektif Multiple Intelligences. Jurnal EduSains, 4(2), 136–150. http://e-journal.iain-palangkaraya.ac.id/index.php/edusains/article/download/524/652
Hidayat, A. A., & Suwandi, A. (2016). Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus Tunanetra. Luxima Metro Media.
Ilahi, M. T. (2013). Pendidikan Inklusif: Konsep dan Aplikasi. AR-RUZZ MEDIA.
Kemendikbud. (2019). Hasil PISA Indonesia 2018: Akses Makin Meluas, Saatnya Tingkatkan Kualitas. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2019/12/hasil-pisa-indonesia-2018-akses-makin-meluas-saatnya-tingkatkan-kualitas
Khairiyah, N. (2019). Pendekatan Science, Technology, Engineering dan Mathematics (STEM). Guepedia.
Marsigit, Budiharti, Novianto, A., Rudyanto, H. E., & Emanuela, M. (2018). Matematika Untuk Sekolah Dasar: Sebuah Pendekatan Realistik Reflektif (1st ed.). Matematika.
Muthmainnah, R. N. (2015). Pemahaman Siswa Tunanetra (Buta Total Sejak Lahir Dan Sejak Waktu Tertentu) Terhadap Bangun Datar Segitiga. Jurnal Pendidikan Matematika & Matematika, 1(1), 15–27. https://doi.org/https://doi.org/10.24853/fbc.1.1.15-27
Netra, M. (2011). Koin untuk Buku. Mitra Netra.
Pertuni. (2017). Siaran Pers: Peran Strategis Pertuni dalam Memberdayakan Tunanetra di Indonesia. Pertuni. https://pertuni.or.id/siaran-pers-peran-strategis-pertuni-dalam-memberdayakan-tunanetra-di-indonesia/
Rumantiningsih, D. K., Astuti, E. P., & Purwoko, R. Y. (2020). Mengatasi kesulitan belajar matematika pada siswa tunanetra melalui pengembangan media pandikar berkode braille. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 6(2), 105–114.
Sarnita, F., Fitriani, A., & Widia. (2019). Penggunaan Lembar Kerja ( LKS ) Berbasis STEM Untuk Melatih Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Tuna Netra. Seminar Nasional Taman Siswa Bima Tahun, 380–387.
Sartika, D. (2019). Pentingnya Pendidikan Berbasis STEM dalam Kurikulum 2013. Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 3(3), 89–93.
Sugiyono. (2016a). Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development/ R&D). Alfabeta.
Sugiyono. (2016b). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Utami, T. N., Jatmiko, A., & Suherman. (2018). Pengembangan Modul Matematika dengan Pendekatan Science, Technology, Engineering, And Mathematics (STEM) pada Materi Segiempat. Desimal: Jurnal Matematika, 1(2), 165–172. https://doi.org/10.24042/djm.v1i2.2388
Utami, Y. P., Alan, D., & Cahyono, D. (2020). Studi at Home : Analisis Kesulitan Belajar Matematika pada Proses Pembelajaran Daring. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik (JI-MR), 1(1), 20–26. http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/pendidikanmatematika/article/view/252/84
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Aristia Indriani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.