Pengembangan media B-Math berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) pada peserta didik tunanetra

Authors

  • Aristia Indriani Ahmad Dahlan University
  • Vera Yuli Erviana Universitas Ahmad Dahlan

DOI:

https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v5i1.5915

Abstract

Pendidikan STEM merupakan pendidikan dengan mengintegrasikan berbagai mata pelajaran antara lain sains, teknologi, enggenering, dan matematika. Pengintegrasian beberapa mata pelajaran ini dapat mengembangkan potensi peserta didik dalam belajar terutama dengan hal yang berkaitan dengan pemecahan masalah dalam kehidupan sehari-hari. Namun pada kenyataannya, penyediaan media pembelajaran guna mendukung peningkatan kualitas khususnya bagi tunanetra masih sangat sedikit. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengetahui kualitas media B-Math berbasis STEM bagi peserta didik tunanetra. Penelitian ini menggunakan pendekatan R&D (Research and Development) dengan model four-D (Define, Design, Development, Dissemination). Adapun subjek dalam penelitian ini adalah ahli media, ahli materi, dan ahli bahasa.. Hasil pengembangan pada penelitian ini adalah media braille mathematics (B-Math). Adapun media B-Math ini telah melalui uji validasi oleh para validator yaitu ahli media, ahli materi, dan ahli bahasa. Berdasarkan hasil validasi oleh para validator maka diperoleh nilai 84 dari ahli media dan termasuk dalam kriteria “Sangat Baik”. Penilaian dari ahli materi memperoleh nilai 76 dan termasuk dalam kategori “Baik”. Adapun penilaian dari ahli bahasa memperoleh nilai 85 dan termasuk dalam kategori “Sangat Baik”. Nilai rata-rata yang diperoleh dari penilaian ketiga ahli tersebut adalah 81,67 dan termasuk dalam kriteria “Sangat Baik”.

References

Andriana, R., Ali, M., & Sari, D. N. (2011). Matematika SD Kelas VI (N. P.D (ed.); 2nd ed.). Yudhistira.

Aulia, W. P., & Sopandi, A. A. (2019). Cara Belajar Siswa Tunanetra dalam Pembelajaran Matematika Kelas X di SMK Negeri 7 Padang. Jurnal Penelitian Pendidikan Kebutuhan Khusus, 7(2), 155–160. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/juppekhu1059790.64

Dewi, S. C., Wardono, & Soedjoko, E. (2015). Implementasi Model PBL dengan Pendekatan Realistik Berbantuan Edmodo Untuk Meningkatkan Literasi Matematika Siswa Kelas VII. Unnes Journal of Mathematics Education, 4(2), 164–171. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujme

Erviana, V. Y. (2019). Pengembangan Ensiklopedia Terintegrasi STEM (Science, Technology, Engineering, Mathematics) Sebagai Pengayaan Bagi Peserta Didik. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 5(1), 31–44.

Fathani, A. H. (2016). Pengembangan Literasi Matematika Sekolah dalam Perspektif Multiple Intelligences. Jurnal EduSains, 4(2), 136–150. http://e-journal.iain-palangkaraya.ac.id/index.php/edusains/article/download/524/652

Hidayat, A. A., & Suwandi, A. (2016). Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus Tunanetra. Luxima Metro Media.

Ilahi, M. T. (2013). Pendidikan Inklusif: Konsep dan Aplikasi. AR-RUZZ MEDIA.

Kemendikbud. (2019). Hasil PISA Indonesia 2018: Akses Makin Meluas, Saatnya Tingkatkan Kualitas. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2019/12/hasil-pisa-indonesia-2018-akses-makin-meluas-saatnya-tingkatkan-kualitas

Khairiyah, N. (2019). Pendekatan Science, Technology, Engineering dan Mathematics (STEM). Guepedia.

Marsigit, Budiharti, Novianto, A., Rudyanto, H. E., & Emanuela, M. (2018). Matematika Untuk Sekolah Dasar: Sebuah Pendekatan Realistik Reflektif (1st ed.). Matematika.

Muthmainnah, R. N. (2015). Pemahaman Siswa Tunanetra (Buta Total Sejak Lahir Dan Sejak Waktu Tertentu) Terhadap Bangun Datar Segitiga. Jurnal Pendidikan Matematika & Matematika, 1(1), 15–27. https://doi.org/https://doi.org/10.24853/fbc.1.1.15-27

Netra, M. (2011). Koin untuk Buku. Mitra Netra.

Pertuni. (2017). Siaran Pers: Peran Strategis Pertuni dalam Memberdayakan Tunanetra di Indonesia. Pertuni. https://pertuni.or.id/siaran-pers-peran-strategis-pertuni-dalam-memberdayakan-tunanetra-di-indonesia/

Rumantiningsih, D. K., Astuti, E. P., & Purwoko, R. Y. (2020). Mengatasi kesulitan belajar matematika pada siswa tunanetra melalui pengembangan media pandikar berkode braille. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 6(2), 105–114.

Sarnita, F., Fitriani, A., & Widia. (2019). Penggunaan Lembar Kerja ( LKS ) Berbasis STEM Untuk Melatih Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Tuna Netra. Seminar Nasional Taman Siswa Bima Tahun, 380–387.

Sartika, D. (2019). Pentingnya Pendidikan Berbasis STEM dalam Kurikulum 2013. Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 3(3), 89–93.

Sugiyono. (2016a). Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development/ R&D). Alfabeta.

Sugiyono. (2016b). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Utami, T. N., Jatmiko, A., & Suherman. (2018). Pengembangan Modul Matematika dengan Pendekatan Science, Technology, Engineering, And Mathematics (STEM) pada Materi Segiempat. Desimal: Jurnal Matematika, 1(2), 165–172. https://doi.org/10.24042/djm.v1i2.2388

Utami, Y. P., Alan, D., & Cahyono, D. (2020). Studi at Home : Analisis Kesulitan Belajar Matematika pada Proses Pembelajaran Daring. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik (JI-MR), 1(1), 20–26. http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/pendidikanmatematika/article/view/252/84

Downloads

Published

2022-07-15

How to Cite

Indriani, A., & Erviana, V. Y. (2022). Pengembangan media B-Math berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) pada peserta didik tunanetra. Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar), 5(1), 12–25. https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v5i1.5915

Issue

Section

Articles