Pengembangan media pembelajaran aplikasi pembagian (APEM) berbasis android untuk siswa sekolah dasar
DOI:
https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v5i1.5632Abstract
Adanya permasalahan dalam kesulitan belajar matematika pada materi pembagian serta keterbatasan media pembelajaran sesuai kondisi saat ini yaitu pembelajaran online atau daring, sehingga siswa kesulitan memahami materi pembagian. Penelitian dan pengembangan bertujuan untuk (1) Mengetahui kelayakan media pembelajaran aplikasi pembagian (APEM). (2) Mengetahui keterbacaan media pembelajaran aplikasi pembagian (APEM). Penelitian yang digunakan termasuk jenis desain Research and Development (R&D). Menurut Sugiyono (2017:407), model penelitian dan pengembangan terdiri a) Potensi masalah, b) Pengumpulan data, c) Desain produk, d) Validasi desain, e) Revisi desain, f) Uji coba produk, g) Revisi produk. Jumlah populasi penelitian adalah 16 peseta didik yang berasal dari kelas III dan 9 pendidik di UPT SDN Kalimanis 02. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, dokumentasi. Teknik analisis data mengunakan teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil validasi dari 3 validator ahli materi mencapai 87.5% dengan kategori “Layak”. Hasil validasi dari 3 validator ahli media mencapai 85% dengan kategori “Layak”. Hasil validasi dari 3 validator ahli bahasa mencapai 93.33% dengan kategori “Sangat Layak”. Berdasarkan angket keterbacaan media mendapat nilai 234 dari total maksimal nilai 250 sehingga mencapai persentase 93.6% dengan kategori “Sangat Layak”. Sehingga dapat disampaikan media aplikasi pembagian (APEM) dapat dimanfaatkan sebagai media penyampaian materi yang lebih menarik peserta didik untuk fokus dalam mengikuti proses pembelajaran.
References
Adang, S. (2012). Kurikulum dan Pembelajaran. Yayasan Kesuma Karya.
Ajibade, B. A., & Bertram, C. (2020). How district teacher development centres support teachers’ learning: Case studies in KwaZulu-Natal, South Africa. Perspectives in Education, 38(2). https://doi.org/10.18820/2519593X/pie.v38.i2.07
Anggeraini, Y., Faridi, A., Mujiyanto, J., & Bharati, D. A. L. (2019). Literasi Digital: Dampak dan Tantangan dalam Pembelajaran Bahasa. Universitas Negri Semarang.
Annuni, H. (2019). Peningkatan Kemampuan Berhitung Menggunakan Media Colour Board Pada Materi Pembagian Bersusun Pendek Siswa Kelas Iii Mi Al-Ihsan Sidoarjo. Nanotechnology.
Bartels, B. H. (1998). Teacher to Teacher: Truss(t)ing Triangles. Mathematics Teaching in the Middle School, 3(6), 394–396. https://doi.org/10.5951/MTMS.3.6.0394
Dionys, D. (2012). Introduction of ICT and multimedia into Cambodia’s teacher training centres. Australasian Journal of Educational Technology, 28(6). https://doi.org/10.14742/ajet.812
Ekawati, A. (2015). Pengaruh Kecemasan Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMPN 13 Banjarmasin. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(3), 164–169. https://doi.org/10.33654/math.v1i3.16
Ellizah, D. L., Fadlaini, M., Aerin, W., Istiningsih, I., & Rokhimawan, A. (2020). Planning of PAUD Learning with STEAM (Science, Technology, Art, and Math) Approach. Indonesian Journal of Early Childhood Education Studies.
Ikhsan, M. (2019). Pengaruh Kecemasan Matematis Terhadap Hasil Belajar Matematika. De Fermat : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 1–6. https://doi.org/10.36277/defermat.v2i1.28
Indrawan, I. K. M. ., Parwati, N. ., & Suryawan, I. P. P. (2019). Peningkatan Prestasi Belajarmatematika Siswa Melalui Pembelajaran Arias Berbantuan Geogebra. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika Indonesia, 7(1), 79–85. https://doi.org/10.23887/jppm.v7i1.2820
Indriyana, R. S., & Susilowati, S. (2020). The Effects of Model Project-Based Learning Approach On Stem (Science, Technology, Engineering, Mathematic) on Science Learning To Junior High School Student’s Critical Thinking Skills And Cooperative Skills. Journal of Science Education Research, 4(1), 5–10. https://doi.org/10.21831/jser.v4i1.34232
Khambari, M. N. M., Luan, W. S., & Ayub, A. F. M. (2010). Technology in Mathematics Teaching: The Pros and Cons. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 8, 555–560. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2010.12.077
Komara, E. (2018). Penguatan Pendidikan Karakter dan Pembelajaran Abad 21. SIPATAHOENAN: South-East Asian Journal for Youth, Sports & Health Education, 4(1), 17–26.
McDougald, J. (2018). Innovating with ICTs in content and language environments. Latin American Journal of Content & Language Integrated Learning, 10(2), 181–188. https://doi.org/10.5294/laclil.2017.10.2.1
Mulyasa. (2013). Pengembangan dan Implementasi kurikulum 2013. Bandung: Remaja Rosadakarya.
Raitskaya, L. (2018). Key Issues in English for Specific Purposes in Higher Education. Yasemin Kirkgöz & Kenan Dikilitaş (Eds.), Vol. 11. Switzerland: Springer International Publishing …. Journal of Language and Education. https://elibrary.ru/item.asp?id=35670286
Setyowati, A. (2013). Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament dan Fan-N-Pick Pada Prestasi belajar Matematika Ditinjau Dari Kecemasan Pada Matematika Siswa SMP Negeri di Kabupaten Magelang. Jurnal Pembelajaran Matematika, 1(6), 606–618.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif Kuantitatif Dan RND. In Metode Penelitian Kuantitatif Kuantitatif Dan RND.
Sugiyono. (2016). METODE PENELITIAN : Kuatitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Susanto, A. (2015). Teori Belajar dan Pembelajaran di sekolah Dasar. PRENADAMEDIA GROUP.
Suwarsi, Mukti, Z., & Prabowo, A. (2018). Meningkatkan Keterampilan HOTS Siswa melalui Permainan Kartu Soal dalam Pembelajaran PBL. PRISMA (Prosiding Seminar Nasional Matematika), 1, 248–255.
Zaripova, R., Salekhova, L., Grigoriev, S., & Grigorieva, K. (2018). An ICT-mediated constructivist approach in increasing academic motivation VIA CLIL. Journal of Fundamental and Applied Sciences, 10(4), 1112–1123.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 sonya indah kurnia, Ida Putriani, Adin Fauzi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.