Peningkatan ketrampilan layanan bimbingan konseling melalui pelatihan identifikasi dan intervensi permasalahan siswa pada guru sekolah dasar
DOI:
https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v5i1.5344Abstract
Keterampilan mengidentifikasi dan memberikan intervensi dasar terhadap permasalahan psikologis anak bagi guru sekolah dasar (SD) sangat penting untuk peningkatan kualitas akademik dan non akademik siswa. Hal tersebut mengingat tidak ada layanan khusus bimbingan dan konseling pada jenjang SD. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan meningkatkan pemahaman terhadap layanan bimbingan konseling melalui pelatihan ketrampilan identifikasi dan penanganan masalah siswa. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah desain randomized pretest-postest control group dengan mengujicobakan modul ‘Keterampilan Identifikasi dan Penanganan Masalah Siswa’ yang telah melalui tahapan validasi modul. Subjek penelitian adalah guru-guru SD dengan status guru kelas baik guru tetap PNS maupun yayasan. Lokasi pengambilan data di SD Muhammadiyah Kleco Kotagede Yogyakarta. Adapun hasil dari penelitian ini adalah nilai t sebesar 1,866 dengan nilai p = 0,071 atau (p>0,05) yang berarti tidak ada perbedaan yang pada tingkat pemahaman guru dalam mengidentifikasi dan penanganan masalah siswa, sebelum dan sesudah mengikuti pelatihan.
References
Aminah, S., Wibowo, M.E.,& Sugiharto, D. Y. P. (2014). Pengembangan Model Program Bimbingan dan Konseling Berbasis Karakter di Sekolah Dasar. Jurnal Bimbingan Konseling, 3(1), 72–75. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/jubk.v3i1.4609
Atamimi, N. (2015). Keterampilan Psikologis Model Bimbingan Konseling Proaktif Untuk Guru Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 3(3). https://doi.org/10.21831/cp.v3i3.7358
Batubara, H. H., & Ariani, D. N. (2018). Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan.
Cooper, P. (2011). Teacher strategies for effective intervention with students presenting social, emotional and behavioural difficulties: an international review. European Journal of Special Needs Education, 26(1), 71–86. https://doi.org/10.1080/08856257.2011.543547
Djoekardi, D. (2015). Sosialisasi program anti-bullying dalam rangka menciptakan sekolah damai. Jurnal Ilmu Kesejahteraan Sosial, 16(1), 45-59.
Fajaryanti, M. A. (2013). Identifikasi Permasalahan Pelaksanaan Layanan Bimbingandan Konseling di SD Muhammadiyah Mutihan Wates Kulonprogo [Universitas Negeri Yogyakarta]. http://eprints.uny.ac.id/10542/
Fatkhiyah, N., Masturoh, & Atmoko, D. (2020). Edukasi kesehatan reproduksi remaja. Abdimas Mahakam Journal, 4(1), 84-89.
Hastjarjo, T. D. (2011). Validasi Eksperimen. Buletin Psikologi, 19(2), 70–80.
Inayah, C., Ahsani, E. L. F., Mastura, E., Ni’mah, L. S., & Amalia, V. (2021). Pengaruh Sarana dan Prasarana dalam Menunjang Prestasi Belajar Siswa SD di Sekolah Indonesia Den Haag. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 8(1), 52–63. https://doi.org/10.36835/modeling.v8i1.686
Kusumawaty, I., Yunike, Y., Elviani, Y., & Harmiyati, L. (2020). Penguatan kapasitas konselor sebaya di sekolah. ,. Journal of Community Engagement in Health, 3(2), 140-146.
Pala, A. (2011). The Need For Character Education. International Journal of Social Sciences and Humanity Studies, 3(2), 23–32.
Pratiwi, N. & Pritanova, N. (2017). Pengaruh literasi digital terhadap psikologis anak dan remaja. Semantik. 6(1), 11-24.
Purwani, E. (2017). Kendala Guru Bimbingan dan Konseling dalam Pelaksanaan Layanan Informasi di SMA Negeri 7 Kerinci [STKIP PGRI Sumatera Barat]. http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1188
Putra, A. (2016). Layanan Khusus Peserta Didik (Kesiswaan). El-Idare: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(2), 1–15.
R, J. (2013). Behaviour problems in theory: A half century of research on adolescent behaviour and development.
Santrock, J. W. (2011). ‘Educational Psychology’, McGraw-Hill, New York,.
Saragih, A. H. (2008). Kompetensi Minimal Seorang Guru Dalam Mengajar. Jurnal Tabularasa, 5, 23–34.
Shaughnessy, J. J., Zechmeister, E. B. dan Zechmeister, J. S. (2007). Metodologi penelitian psikologi. (Terj. Helly Prajitno dan Sri Mulyantini). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Silitonga, A. S., Sarjono, Y., & Anif, S. (2014). Pengelolaan kegiatan bimbingan dan konseling untuk pembentukan karakter siswa sekolah dasar. Jurnal Manajemen Pendidikan, 9(1). http://hdl.handle.net/11617/4412
Sugiyatno, A.A. Warsito, & A. B. (2010). (n.d.). ‘Mengembangkan Kemampuan Guru Kelas dalam Mengidentifikasi Masalah Siswa SD’,Laporan Pengabdian Masyarakat.
Sukardi. (2010). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara. Bumi Aksara.
UNICEF. (2000). UNICEF. 2000‘Skills-BasedHealthEducationtoPreventHIV/AIDS’. UNICEF. 2000‘Skills-BasedHealthEducationtoPreventHIV/AIDS’. (2000).
Wambu, Grace W.; Fisher, T. A. (2015). School Guidance and Counseling in Kenya: Historical Development, Current Status, and Future Prospects. Journal of Education and Practice, 6(11), 93–102. http://iiste.org/Journals/index.php/JEP
Widodo, W. (2018). Peranan organisasi pembelajaran dalam mengoptimalkan inovasi guru. TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan Dan Konseling. https://doi.org/10.26539/1377
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Ismira Dewi, Nurul Hidayah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.