Kesiapan siswa dalam pembelajaran daring di masa pandemi Covid-19 di SD Muhammadiyah Sapen Yogyakarta
DOI:
https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v5i1.5257Abstract
Kegiatan pembelajaran di Indonesia saat ini sedang mengalami suatu perubahan hal ini dikarenakan adanya virus covid-19. Virus ini sangat berdampak hampir ke semua sektor yang ada terutama dalam sektor dunia pendidikan. Pandemi covid-19 membawa perubahan dalam pembelajaran, sehingga pembelajaran tidak lagi dilakukan di sekolah melainkan di rumah secara daring (online) melalui media elektronik. Pelaksanaan pembelajaran daring perlu adanya kesiapan sekolah dengan merencanakan, mengatur, mengarahkan proses pembelajaran di tengah pandemi covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan serta mengetahui kesiapan sekolah terkait dengan sarana prasarana, guru, siswa, dan orang tua dalam pembelajaran daring di SD Muhammadiyah Sapen. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data menggunakan teknik intensif, Miles dan Huberman. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, siswa Sd Muhammadiyah Sapen. Hasil penelitian menunjukan bahwa kesiapan sekolah dalam pembelajaran daring dimasa pandemi covid-19 SD Muhammadiyah Sapen sudah sangat baik hal ini terlihat ketika sekolah memberikan penunjang untuk pembelajaran daring meliputi kesiapan sarpras, kesiapan gurudan kesiapan siswa. Sarpras sdh dipersiapkan bai dalam pelaksanaan pembelajaran, Guru memiliki kompetensi ketika melakukan kegiatan belajar mengajar mulai dari persiapan maupun pelaksanaan pembelajaran, siswa juga dapat mengikuti dalam pembelajaran daring.
References
Bhagaskara, A. E., Afifah, E. N., & Putra, E. M. (2021). Pembelajaran dalam Jaringan (Daring) Berbasis. 2(1), 13–23.
Budiningsih, Theresia Yulin; Rusilowati, Ani; Marwoto, P. (2015). Pengembangan Buku Ajar IPA Terpadu Berorientasi Literasi Sains Materi Energi Dan Suhu. Journal of Innovative Science Education, 4(2), 34–40.
Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Addie Model. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 35–42. https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124
Dewi, W. A. F. (2020). Dampak COVID-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55–61. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.89
Fayakun, M., & Joko, P. (2015). Efektivitas Pembelajaran Fisika Menggunakan Model Kontekstual (CTL) Dengan Metodepredict, Observe, Explain Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 11(1), 49–58. https://doi.org/10.15294/jpfi.v11i1.4003
Gestiardi, R. (2021). The Use of Technology in Online Learning In The Covid 19. 9, 36–42. https://doi.org/10.26858/jnp.v9i1.20299
Handayani, J. A., Al-Bahij, A., Bahar, H., & ... (2020). Analisis Kesiapan Pembelajaran Daring Peserta Didik Kelas I Sekolah Dasar Negeri Ciputat 04 di Masa Pandemi Covid-19. … Nasional Penelitian LPPM …, 1–5.
Hidayat, D. R., Rohaya, A., Nadine, F., & Ramadhan, H. (2020). Kemandirian Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid -19. Perspektif Ilmu Pendidikan, 34(2), 147–154. https://doi.org/10.21009/pip.342.9
Hidayat, P. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (Lks) Berbasis Contextual Teaching And Learning di Lingkungan Sekolah Pada Mata Pelajaran Ipa Kelas III SD Muhamamdiyah Pakel Program. 1(2), 121–131.
Indaryani, E., & Suliworo, D. (2018). Dampak Pemanfaatan WhatsApp Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Pelajaran Fisika. Prosiding Seminar Nasional Quantum, 25, 25–31.
Jamilah. (2020). Kesiapan Guru Sekolah Dasar Dalam Pelaksanaan. Prosiding Konferensi Nasional Pendidikan, 2(1), 67–77.
Lestari, I. D. (2018). Peranan Guru Dalam Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Information And Communication Technology (ICT) Di SDN RRI Cisalak. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 3(2), 137–142. https://doi.org/10.30998/sap.v3i2.3033
Mulyani, D. (2013). Hubungan Kesiapan Belajar Siswa Dengan Prestasi Belajar. Konselor, 2(1), 27–31. https://doi.org/10.24036/0201321729-0-00
Namira, D. (2021). Alternatif Media Evaluasi Pembelajaran Tematik Berbasis Android Menggunakan Google Formulir di Sekolah Dasar Plus Tahfizhul Quran ( PTQ ) Annida. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(1), 114–123.
Siregar, W. M. G. A. dan P. S. R. (2019). Tripusat Pendidikan Sebagai Penguatan Pendidikan Karakter Anak Sekolah Dasar. Seminar Nasional Pendidikan Dasar Universitas Negeri Medan 2019 3. 44–53.
Sopian, A. (2019). Manajemen Sarana Dan Prasarana. Raudhah Proud To Be Professionals : Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 4(2), 43–54. https://doi.org/10.48094/raudhah.v4i2.47
Sumiarsi, N., & Pendidikantarakan, D. (2015). Analisis Kompetensi Pedagogik dan Pengembangan Pembelajaran Guru SD Negeri 041 Tarakan. Jurnal Kebijakan Dan Pengembangan Pendidikan, 3(1), 99–104.
Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 4 Tahun 2020. (2020). 300.
Suryahadikusumah, A. R., & Dedy, A. (2019). Implementasi layanan bimbingan dan konseling di sekolah dasar untuk mengembangkan kemandirian siswa. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 9(1), 44. https://doi.org/10.25273/pe.v9i1.4225
Winaya, I. M. A., Mahendra, P. R. A., & ... (2021). Pengembangan Instrumen Penilaian Sikap Sosial Siswa Berbasis Google Form Pada Kegiatan Belajar Dari Rumah Siswa Sekolah …. Jurnal Komunitas …, 4, 626–634.
Yunitasari, R., & Hanifah, U. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Minat Belajar Siswa pada Masa COVID-19. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan. 2(3), 232–243.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Nur Hidayah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.