Kesiapan siswa dalam pembelajaran daring di masa pandemi Covid-19 di SD Muhammadiyah Sapen Yogyakarta

Authors

  • Nur Hidayah Universitas Ahmad Dahlan
  • Ragil Kurniawan Universitas Ahmad Dahlan

DOI:

https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v5i1.5257

Abstract

Kegiatan pembelajaran di Indonesia saat ini sedang mengalami suatu perubahan hal ini dikarenakan adanya virus covid-19. Virus ini sangat berdampak hampir ke semua sektor yang ada terutama dalam sektor dunia pendidikan. Pandemi covid-19 membawa perubahan dalam pembelajaran, sehingga pembelajaran tidak lagi dilakukan di sekolah melainkan di rumah secara daring (online) melalui media elektronik. Pelaksanaan pembelajaran daring perlu adanya kesiapan sekolah dengan merencanakan, mengatur, mengarahkan proses pembelajaran di tengah pandemi covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan serta mengetahui kesiapan sekolah terkait dengan sarana prasarana, guru, siswa, dan orang tua dalam pembelajaran daring di SD Muhammadiyah Sapen. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data menggunakan teknik intensif, Miles dan Huberman. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, siswa Sd Muhammadiyah Sapen. Hasil penelitian menunjukan bahwa kesiapan sekolah dalam pembelajaran daring dimasa pandemi covid-19 SD Muhammadiyah Sapen sudah sangat baik hal ini terlihat ketika sekolah memberikan penunjang untuk pembelajaran daring meliputi kesiapan sarpras, kesiapan gurudan kesiapan siswa. Sarpras sdh dipersiapkan bai dalam pelaksanaan pembelajaran, Guru memiliki kompetensi ketika melakukan kegiatan belajar mengajar mulai dari persiapan maupun pelaksanaan pembelajaran, siswa juga dapat mengikuti dalam pembelajaran daring.

References

Bhagaskara, A. E., Afifah, E. N., & Putra, E. M. (2021). Pembelajaran dalam Jaringan (Daring) Berbasis. 2(1), 13–23.

Budiningsih, Theresia Yulin; Rusilowati, Ani; Marwoto, P. (2015). Pengembangan Buku Ajar IPA Terpadu Berorientasi Literasi Sains Materi Energi Dan Suhu. Journal of Innovative Science Education, 4(2), 34–40.

Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Addie Model. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 35–42. https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124

Dewi, W. A. F. (2020). Dampak COVID-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55–61. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.89

Fayakun, M., & Joko, P. (2015). Efektivitas Pembelajaran Fisika Menggunakan Model Kontekstual (CTL) Dengan Metodepredict, Observe, Explain Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 11(1), 49–58. https://doi.org/10.15294/jpfi.v11i1.4003

Gestiardi, R. (2021). The Use of Technology in Online Learning In The Covid 19. 9, 36–42. https://doi.org/10.26858/jnp.v9i1.20299

Handayani, J. A., Al-Bahij, A., Bahar, H., & ... (2020). Analisis Kesiapan Pembelajaran Daring Peserta Didik Kelas I Sekolah Dasar Negeri Ciputat 04 di Masa Pandemi Covid-19. … Nasional Penelitian LPPM …, 1–5.

Hidayat, D. R., Rohaya, A., Nadine, F., & Ramadhan, H. (2020). Kemandirian Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid -19. Perspektif Ilmu Pendidikan, 34(2), 147–154. https://doi.org/10.21009/pip.342.9

Hidayat, P. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (Lks) Berbasis Contextual Teaching And Learning di Lingkungan Sekolah Pada Mata Pelajaran Ipa Kelas III SD Muhamamdiyah Pakel Program. 1(2), 121–131.

Indaryani, E., & Suliworo, D. (2018). Dampak Pemanfaatan WhatsApp Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Pelajaran Fisika. Prosiding Seminar Nasional Quantum, 25, 25–31.

Jamilah. (2020). Kesiapan Guru Sekolah Dasar Dalam Pelaksanaan. Prosiding Konferensi Nasional Pendidikan, 2(1), 67–77.

Lestari, I. D. (2018). Peranan Guru Dalam Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Information And Communication Technology (ICT) Di SDN RRI Cisalak. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 3(2), 137–142. https://doi.org/10.30998/sap.v3i2.3033

Mulyani, D. (2013). Hubungan Kesiapan Belajar Siswa Dengan Prestasi Belajar. Konselor, 2(1), 27–31. https://doi.org/10.24036/0201321729-0-00

Namira, D. (2021). Alternatif Media Evaluasi Pembelajaran Tematik Berbasis Android Menggunakan Google Formulir di Sekolah Dasar Plus Tahfizhul Quran ( PTQ ) Annida. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(1), 114–123.

Siregar, W. M. G. A. dan P. S. R. (2019). Tripusat Pendidikan Sebagai Penguatan Pendidikan Karakter Anak Sekolah Dasar. Seminar Nasional Pendidikan Dasar Universitas Negeri Medan 2019 3. 44–53.

Sopian, A. (2019). Manajemen Sarana Dan Prasarana. Raudhah Proud To Be Professionals : Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 4(2), 43–54. https://doi.org/10.48094/raudhah.v4i2.47

Sumiarsi, N., & Pendidikantarakan, D. (2015). Analisis Kompetensi Pedagogik dan Pengembangan Pembelajaran Guru SD Negeri 041 Tarakan. Jurnal Kebijakan Dan Pengembangan Pendidikan, 3(1), 99–104.

Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 4 Tahun 2020. (2020). 300.

Suryahadikusumah, A. R., & Dedy, A. (2019). Implementasi layanan bimbingan dan konseling di sekolah dasar untuk mengembangkan kemandirian siswa. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 9(1), 44. https://doi.org/10.25273/pe.v9i1.4225

Winaya, I. M. A., Mahendra, P. R. A., & ... (2021). Pengembangan Instrumen Penilaian Sikap Sosial Siswa Berbasis Google Form Pada Kegiatan Belajar Dari Rumah Siswa Sekolah …. Jurnal Komunitas …, 4, 626–634.

Yunitasari, R., & Hanifah, U. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Minat Belajar Siswa pada Masa COVID-19. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan. 2(3), 232–243.

Downloads

Published

2022-07-15

How to Cite

Hidayah, N., & Kurniawan, R. (2022). Kesiapan siswa dalam pembelajaran daring di masa pandemi Covid-19 di SD Muhammadiyah Sapen Yogyakarta. Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar), 5(1), 1–11. https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v5i1.5257

Issue

Section

Articles