Pengembangan buku pengayaan kemampuan menentukan ide pokok untuk pembelajaran Bahasa Indonesia kelas 3 sekolah dasar

Authors

  • Sinthya Debbie Holy Princess Universitas Islam Balitar, Blitar, Jawa Timur
  • Sripit Widiastuti Universitas Islam Balitar, Blitar, Jawa Timur
  • Adin Fauzi Universitas Islam Balitar, Blitar, Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v4i3.5190

Keywords:

Buku pengayaan, Menentukan ide pokok, Bahasa Indonesia, Siswa kelas 3, Sekolah dasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku pengayaan menentukan ide pokok untuk pembelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas III Sekolah Dasar yang layak digunakan. Prosedur penelitian dan pengembangan ini mengacu pada model Research and Development (R&D) milik Sugiyono. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penilaian validator ahli materi dan bahasa Indonesia memperoleh persentase 88,88% dengan kriteria sangat layak. Hasil penilaian validator ahli bahan ajar memperoleh persentase 81,97% dengan kriteria sangat layak. Pada uji coba keterbacaan oleh siswa memperoleh persentase 100% dengan kategori sangat layak, di dukung dengan uji coba pengerjaan latihan soal, 8 dari 10 siswa memperoleh nilai maksimal 100 yang menunjukkan bahwa buku pengayaan yang dikembangkan dapat membantu siswa dalam memahami materi dan latihan soal. Sedangkan pada uji coba keterbacaan oleh guru memperoleh persentase 90,03% dengan kriteria sangat layak digunakan sebagai buku pendamping buku utama dan dapat memudahkan guru dalam menyampaikan pembelajaran menentukan ide pokok.

References

Arifin, Z. (2020). Metodologi penelitian pendidikan. Jurnal Al-Hikmah, 1(1).

Iswara, P. D. (2016). Pengembangan materi ajar dan evaluasi pada keterampilan mendengarkan dan membaca. Mimbar Sekolah Dasar, 3(1), 89–97.

Krissandi, A. D. S., & Rusmawan, R. (2015). Kendala guru sekolah dasar dalam implementasi Kurikulum 2013. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 34(3).

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1984). Drawing valid meaning from qualitative data: Toward a shared craft. Educational Researcher, 13(5), 20–30.

Nafi’ah, S. A. (2018). Kurikulum 2013 Tertolakkah? As-Sibyan, 1(1), 17–29.

Nurlelah, N., Istiningsih, S., & Setiawan, H. (2022). Hubungan Minat Baca Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Pada Cerita Fiksi Siswa Kelas V SDN Gugus 5 Cakranegara. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(1).

Nurmaisyah, A., & Hamdu, G. (2021). Analisis Kemampuan Siswa Kelas V Sekolah Dasar dalam Menemukan Unsur Paragraf pada Teks Nonfiksi. Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(4), 886–894.

Onwuegbuzie, A. J., & Leech, N. L. (2007). A call for qualitative power analyses. Quality & Quantity, 41(1), 105–121.

Pahrun, R. (2021). Penggunaan media gambar untuk meningkatkan kemampuan menulis karangan deskriptif pada siswa kelas IV SDN 28 Kota Selatan Kota Gorontalo. Dikmas: Jurnal Pendidikan Masyarakat Dan Pengabdian, 1(1), 11–22.

Pranatawijaya, V. H., Widiatry, W., Priskila, R., & Putra, P. B. A. A. (2019). Penerapan Skala Likert dan Skala Dikotomi Pada Kuesioner Online. Jurnal Sains Dan Informatika, 5(2), 128–137.

Qualitative Data, Analysis, and Design. (n.d.). In Introduction to Educational Research: A Critical Thinking Approach (pp. 342–386). SAGE Publications, Inc. https://doi.org/10.4135/9781483384443.n12

Rijali, A. (2019). Analisis Data Kualitatif. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah. https://doi.org/10.18592/alhadharah.v17i33.2374

Saroh, E. R. S., & Damaianti, V. S. (2017). Pengaruh Teknik Scramble Terhadap Kemampuan Menentukan Ide Pokok Dan Memparafrase Dalam Pembelajaran Membaca Pemahaman. EduHumaniora| Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 8(2), 144–151.

Subandiyah, H. (2015). Pembelajaran literasi dalam mata pelajaran bahasa indonesia. Paramasastra: Jurnal Ilmiah Bahasa Sastra Dan Pembelajarannya, 2(1).

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Dan Pengembangan (R&D). Alfabeta.

Syamsudin, A. (2014). Pengembangan Instrumen Evaluasi Non Tes (Informal) untuk Menjaring Data Kualitatif Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 3(1).

Tsalits, A. U. (2019). Pengembangan Media Buku Saku Untuk Menemukan Ide Pokok Paragraf Menggunakan Model Skrambel Siswa Kelas IV-B SDN Pudakpayung 1 Kota Semarang. Universitas Negeri Semarang.

Wagianti, N. (2021). Implementasi Strategi Pembelajaran Reading Aloud Dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Kelas VB Pada Mata Pelajaran Pai Di SDN 106153 Klambir V Kebun Hamparan Perak. Kumpulan Karya Ilmiah Mahasiswa Fakultas Agama Islam Dan Humaniora, 1(01), 6.

Wijaya, H. (2020). Analisis Data Kualitatif Teori Konsep dalam Penelitian Pendidikan. Sekolah Tinggi Theologia Jaffray.

Yulianto, A. (2020). Pengujian psikometri skala Guttman untuk mengukur perilaku seksual pada remaja berpacaran. Jurnal Psikologi: Media Ilmiah Psikologi, 18(01).

Downloads

Published

2022-02-24

How to Cite

Debbie Holy Princess, S., Widiastuti , S. ., & Fauzi , A. . (2022). Pengembangan buku pengayaan kemampuan menentukan ide pokok untuk pembelajaran Bahasa Indonesia kelas 3 sekolah dasar. Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar), 4(3), 265–277. https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v4i3.5190

Issue

Section

Articles