Pengembangan buku pengayaan kemampuan menentukan ide pokok untuk pembelajaran Bahasa Indonesia kelas 3 sekolah dasar
DOI:
https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v4i3.5190Keywords:
Buku pengayaan, Menentukan ide pokok, Bahasa Indonesia, Siswa kelas 3, Sekolah dasarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku pengayaan menentukan ide pokok untuk pembelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas III Sekolah Dasar yang layak digunakan. Prosedur penelitian dan pengembangan ini mengacu pada model Research and Development (R&D) milik Sugiyono. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penilaian validator ahli materi dan bahasa Indonesia memperoleh persentase 88,88% dengan kriteria sangat layak. Hasil penilaian validator ahli bahan ajar memperoleh persentase 81,97% dengan kriteria sangat layak. Pada uji coba keterbacaan oleh siswa memperoleh persentase 100% dengan kategori sangat layak, di dukung dengan uji coba pengerjaan latihan soal, 8 dari 10 siswa memperoleh nilai maksimal 100 yang menunjukkan bahwa buku pengayaan yang dikembangkan dapat membantu siswa dalam memahami materi dan latihan soal. Sedangkan pada uji coba keterbacaan oleh guru memperoleh persentase 90,03% dengan kriteria sangat layak digunakan sebagai buku pendamping buku utama dan dapat memudahkan guru dalam menyampaikan pembelajaran menentukan ide pokok.
References
Arifin, Z. (2020). Metodologi penelitian pendidikan. Jurnal Al-Hikmah, 1(1).
Iswara, P. D. (2016). Pengembangan materi ajar dan evaluasi pada keterampilan mendengarkan dan membaca. Mimbar Sekolah Dasar, 3(1), 89–97.
Krissandi, A. D. S., & Rusmawan, R. (2015). Kendala guru sekolah dasar dalam implementasi Kurikulum 2013. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 34(3).
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1984). Drawing valid meaning from qualitative data: Toward a shared craft. Educational Researcher, 13(5), 20–30.
Nafi’ah, S. A. (2018). Kurikulum 2013 Tertolakkah? As-Sibyan, 1(1), 17–29.
Nurlelah, N., Istiningsih, S., & Setiawan, H. (2022). Hubungan Minat Baca Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Pada Cerita Fiksi Siswa Kelas V SDN Gugus 5 Cakranegara. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(1).
Nurmaisyah, A., & Hamdu, G. (2021). Analisis Kemampuan Siswa Kelas V Sekolah Dasar dalam Menemukan Unsur Paragraf pada Teks Nonfiksi. Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(4), 886–894.
Onwuegbuzie, A. J., & Leech, N. L. (2007). A call for qualitative power analyses. Quality & Quantity, 41(1), 105–121.
Pahrun, R. (2021). Penggunaan media gambar untuk meningkatkan kemampuan menulis karangan deskriptif pada siswa kelas IV SDN 28 Kota Selatan Kota Gorontalo. Dikmas: Jurnal Pendidikan Masyarakat Dan Pengabdian, 1(1), 11–22.
Pranatawijaya, V. H., Widiatry, W., Priskila, R., & Putra, P. B. A. A. (2019). Penerapan Skala Likert dan Skala Dikotomi Pada Kuesioner Online. Jurnal Sains Dan Informatika, 5(2), 128–137.
Qualitative Data, Analysis, and Design. (n.d.). In Introduction to Educational Research: A Critical Thinking Approach (pp. 342–386). SAGE Publications, Inc. https://doi.org/10.4135/9781483384443.n12
Rijali, A. (2019). Analisis Data Kualitatif. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah. https://doi.org/10.18592/alhadharah.v17i33.2374
Saroh, E. R. S., & Damaianti, V. S. (2017). Pengaruh Teknik Scramble Terhadap Kemampuan Menentukan Ide Pokok Dan Memparafrase Dalam Pembelajaran Membaca Pemahaman. EduHumaniora| Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 8(2), 144–151.
Subandiyah, H. (2015). Pembelajaran literasi dalam mata pelajaran bahasa indonesia. Paramasastra: Jurnal Ilmiah Bahasa Sastra Dan Pembelajarannya, 2(1).
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Dan Pengembangan (R&D). Alfabeta.
Syamsudin, A. (2014). Pengembangan Instrumen Evaluasi Non Tes (Informal) untuk Menjaring Data Kualitatif Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 3(1).
Tsalits, A. U. (2019). Pengembangan Media Buku Saku Untuk Menemukan Ide Pokok Paragraf Menggunakan Model Skrambel Siswa Kelas IV-B SDN Pudakpayung 1 Kota Semarang. Universitas Negeri Semarang.
Wagianti, N. (2021). Implementasi Strategi Pembelajaran Reading Aloud Dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Kelas VB Pada Mata Pelajaran Pai Di SDN 106153 Klambir V Kebun Hamparan Perak. Kumpulan Karya Ilmiah Mahasiswa Fakultas Agama Islam Dan Humaniora, 1(01), 6.
Wijaya, H. (2020). Analisis Data Kualitatif Teori Konsep dalam Penelitian Pendidikan. Sekolah Tinggi Theologia Jaffray.
Yulianto, A. (2020). Pengujian psikometri skala Guttman untuk mengukur perilaku seksual pada remaja berpacaran. Jurnal Psikologi: Media Ilmiah Psikologi, 18(01).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Debbie Holy Princess Sinthya Debbie, Sripit Widiastuti , Adin Fauzi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.