Analisis konsep sejarah masa penjajahan bangsa Eropa pada pembelajaran IPS di sekolah dasar
DOI:
https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v4i3.5145Keywords:
Konsep sejarah, Masa penjajahan Bangsa Eropa, Sekolah dasarAbstract
Artikel ini membahas mengenai masalah analisis konsep materi sejarah masa penjajahan Bangsa Eropa pada pembelajaran IPS di SD. Hal ini bertujuan untuk menganalisis konsep materi sejarah masa penjajahan Bangsa Eropa di SD yang sesuai dengan tingkatan pemahaman siswa tingkat dasar. Dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan melakukan studi literatur dari berbagai sumber penelitian yang telah dilaksanakan dan relevan dengan penelitian ini. Dari hasil temuan konsep materi sejarah masa penjajahan Bangsa Eropa pada siswa SD ini dimulai dari penjelajahan samudera untuk mencari dempah rempah hingga datangnya Bangsa Eropa ke Indonesia untuk mendapatkan rempah-rempah. Namun dengan seiring berjalannya waktu Bangsa Eropa ini mulai semena mena dan menduduki pemerintahan di Indonesa serta membuat rakyat Indonesia sengsara
References
Alfaqi, M. Z. (2016). Melihat Sejarah Nasionalisme Indonesia Untuk. Jurnal Civics, 13(2), 209–216.
Derani, S. (2013). Ulama Betawi Perspektif Sejarah. Buletin Al-Turas, 19(2), 217–240.
Etti, R. S., & Ekadjati, E. S. (2022). Carita Parahiyangan Karya Pangeran Wangsakerta: Ringkasan, Konteks Sejarah, Isi Naskah, dan Peta. Kiblat Buku Utama.
Hasan, S. H. (2012). Pendidikan Sejarah Untuk Memperkuat Pendidikan Karakter. Paramita: Historical Studies Journal, 22(1). https://doi.org/10.15294/paramita.v22i1.1875
Hutauruk, A. F. (2020). Sejarah Indonesia: Masuknya Islam Hingga Kolonialisme. Yayasan Kita Menulis.
Maghfiroh, S. L., & Rohma, S. (2021). Optimization of Social Media as a Counter to Islamophobia in Australia. Kanal: Jurnal Ilmu Komunikasi, 9(2), 44–49.
Nurjanah, L., Handayani, S., & Gunawan, R. (2021). Konsep Dasar Ilmu Pengetahuan Sosial dalam Dunia Pendidikan. Chronologia, 3(2), 38–48.
Pamungkas, S., & Azmi, U. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Ular Tangga Edukatif Dalam Pembelajaran Sejarah Indonesia Masa Kolonialisme Dan Imperialisme Bangsa Eropa . Jurnal Ilmiah Dikdaya, 11(1), 137–144.
Rahman, N., Radzi, S. B. M. D., Tamrin, K. M., & Bakar, Y. A. (2009). Enrique Melaka: Panglima Awang sebagai Magellan Melayu. SARI: Jurnal Alam Dan Tamadun Melayu, 27(2), 167–198.
Riska, R., & Hudaidah, H. (2021). Sistem Pendidikan di Indonesia Pada Masa Portugis dan Belanda. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 824–829.
Rochmiatun, E. (2018). Elit lokal Palembang dan polemik kebangkitan Kesultanan Palembang: Menggali sumber sejarah melalui manuskrip. Manuskripta, 8(1), 107–127.
Rosnawati, R., Syukri, A. S. A., Badarussyamsi, B., & Rizki, A. F. R. A. F. (2021). Aksiologi Ilmu Pengetahuan dan Manfaatnya bagi Manusia. Jurnal Filsafat Indonesia, 4(2), 186–194.
Rulianto, R., & Dokopati, A. (2021). Pengaruh Penaklukan Konstantinopel Terhadap Kemajuan Turki Usmani Tahun 1453 (Kajian Politik Ekspansi Sultan Muhammad Al-Fatih). SINDANG: Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Kajian Sejarah, 3(1), 62–68.
Saihu, S. (2020). Konsep pembaharuan pendidikan islam menurut fazlurrahman. Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam Dan Manajemen Pendidikan Islam, 2(1), 82–95.
Samingan, S., & Roe, Y. T. (2021). Kedatangan Bangsa Portugis: Berdagang dan Menyebarkan Agama Katolik di Nusa Tenggara Timur. Historis: Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Sejarah, 6(1), 18–24.
Sardiman, S. (2015). Menakar Posisi Sejarah Indonesia pada Kurikulum 2013. ISTORIA: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sejarah, 11(2). https://doi.org/10.21831/istoria.v11i2.7555
Sukmana, W. J. (2021). Metode Penelitian Sejarah (Metode Sejarah). Seri Publikasi Pembelajaran, 1(2), 1–4.
Taufik Abdullah. (1974). Masalah Sejarah daerah dan kesadaran Sejarah. Bulletin Yaperna, 2.
Wiharyanto, A. . K. (2009). Perlawanan Indonesia Terhadap Belanda Pada Abad XIX. Historia Vitae, 23(2), 1–29.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Yosi Mediana Lestari, Gita Ramadia , Muh. Husen Arifin , Yona Wahyuningsih
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.