Efektivitas perangkat pembelajaran tematik discovery learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas III
DOI:
https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v4i3.5140Abstract
Pembelajaran di Sekolah Dasar membutuhkan perangkat pembelajaran yang mampu mendukung kemampuan berpikir kritis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas perangkat pembelajaran tematik discovery learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas III. Penelitian ini termasuk pendekatan kuantitatif dengan penelitian eksperimen. Degisn yang digunakan quasi eksperimen. Populasi yang digunakan siswa kelas III SD dengan sampel 2 kelas, satu kelas sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan berupa soal tes (pretest dan posttest) dan lembar observasi. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif dan menggunakan statistik inferensia. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa nilai rata-rata N-gain score kelas ekperimen adalah 60,99 atau 61 % dikategorikan cukup efektif. Sedangkan untuk kelas control diperoleh nilai rata-rata 53,0794 atau 53% dan dikategorikan kurang efektif. Dari hasil analisis uji N-gain score dapat diketahui bahwa penggunaan perangkat pembelajarn dengan pendekatan discovery learning efektif digunakan dalam mengembangkan kemampuan berpikir kritis peserta didik.
References
Aini, N. A., Syachruroji, A., & Hendracipta, N. (2019). Pengembangan LKPD Berbasis Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran IPA Materi Gaya. Jurnal Pendidikan Dasar, 10(1), 68–76. https://doi.org/doi.org/10.21009/JPD.010.07
Aji, G. P., & Riyanto, S. (2019). Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan Pada Pembelajaran Tematik Dengan Metode Global Kelas 1 Sdn Kajen 02. Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar), 2(3), 93. https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v2i3.1238
Amelia, K., & Astuti, S. (2020). Efektivitas Penerapan Model Discovery Learningdan Inquiry Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Pembelajaran Subtema Perubahan Bentuk EnergiKelas III Gugus Sudirman. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 6(2), 151–157. https://doi.org/https://doi.org/10.5281/zenodo.3742727
Asmara, R., & Afriansyah, E. A. (2018). Perbedaan Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa antara Model Eliciting Activities dan Discovery Learning. Suska Journal of Mathematics Education, 4(2), 78. https://doi.org/10.24014/sjme.v4i2.5714
Astari, F. A., Suroso, & Yustinus, Y. (2018). Efektifitas Penggunaan Model Discovery Learning dan Model Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas 3 SD. Jurnal Basicedu, 2(1), 1–10. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v2i1.115
Eryand Lamas, A. M. (2020). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Motivasi. Jurnal Pembelajaran Fisika, 6(2), 173–181.
Hattarina, S., & Nurianti, R. (2020). Pengembangan Media Video Pembelajaran Tematik Kelas 3 MI Arriyadlah Pandean Paiton Probolinggo. Episentrum: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 1(1), 80–89.
Hidayati, R. (2017). Keefektifan Setting TPSdalam Pendekatan Discovery Learningdan Problem-Based Learningpada Pembelajaran Materi Lingkaran SMP. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(1), 78–86. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jrpm.v4i1.9451
Ikalor, A., Jamaluddin, & Rasmi, D. A. C. (2019). Efektivitas Penerapan Model Discovery Learningterhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Penguasaan Konsep Biologi SiswakelaS VII SMP Negeri 19 Mataram Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Ilmiah Pendidikan Indonesia, 1(2), 153–161.
Irmawati, Rukli, & Baharullah. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Menggunakan Metode Discovery LearningBerbasis GRANDER di Sekolah Dasar. EDUMASPUL: Jurnal Pendidikan, 3(2), 127–139. https://doi.org/https://doi.org/10.33487/edumaspul.v3i2.147
Istikomah, Hartono, & Rusilowati, A. (2013). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Metode Discovery Learning untuk Pemahaman Sains Pada Anak TK B. Journal of Primary Educational, 2(2), 71–76. https://doi.org/10.15294/JPE.V2I2.3064
Lieung, K. W. (2019). Pengaruh Model Discovery Learning terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Musamus: Journal of Primary Education, 1(2), 73–82. https://doi.org/https://doi.org/10.35724/musjpe.v1i2.1465
Nahrowi, M. (2019). Pengembangan Model Penilaian Autentik dalam Pembelajaran Tematik Berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS) pada Madrasah Ibtidaiyah di Kecamatan Gebog Kabupaten Kudus. Elementary (Islamic Teacher Journal), 7(2), 279–295. https://doi.org/10.21043/elementary.v7i2.6005
Oktaviani, W., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2019). Pengaruh Metode Discovery Learning terhadap Pemahaman Konsep Operasi Hitung Siswa kelas V B dan C di SDN Neglasari. Jurnal Basicedu, 3(2), 524–532.
Prasasti, D. E., Koeswanti, H. D., & Giarti, S. (2019). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Discovery Learning Di Kelas Iv Sd. Jurnal Basicedu, 3(1), 174–179. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i1.98
Pratiwi, D. E., & Mawardi, M. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Inquiry dan Discovery Learning Ditinjau dari Keterampilan Berpikir Kritis Pada Mata Pelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 288–294. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.345
Prayitno, S. H., & Faizah, H. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran untuk Materi FPB dan KPK bagi Siswa Sekolah Dasar Kelas IV. UNION: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 317–328. https://doi.org/https://doi.org/10.30738/union.v7i3.5935
Ratri, F. K. (2021). Integrasi Technological Pedagogical and Content Knowledge dalam Perangkat Pembelajaran Tematik Kelas 3. JANACITTA : Journal of Primary and Children’s Education, 4(1), 1–10.
Saputri, M. A., & Rahayu, T. S. (2021). Efektivitas Model Problem Based Learning dan Discovery Learning Terhadap Berfikir Kritis Pada Pembelajaran Matematika: Kajian Meta-Analisis. Fondatia: Jurnal Pendidikan Dasar, 5(1), 85–94. https://doi.org/https://doi.org/10.36088/fondatia.v5i1.1102
Septiana, T. S., & Kurniawan, M. R. (2018). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Siswa Kelas 5 Pada Mata Pelajaran Pkn Di Sd Muhammadiyah Kauman Tahun 2016/ 2017. Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar), 1(1), 94. https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v1i1.74
Simamora, R. E., Saragih, S., & Hasratuddin, H. (2018). Improving Students’ Mathematical Problem Solving Ability and Self-Efficacy through Guided Discovery Learning in Local Culture Context. International Electronic Journal of Mathematics Education, 14(1), 61–72. https://doi.org/10.12973/iejme/3966
Utami, K. N., & Mustadi, A. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Tematik dalam Peningkatan Karakter, Motivasi, dan Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 1. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jpk.v7i1.15492
Winoto, Y. C., & Prasetyo, T. (2020). Efektivitas Model Problem Based Learning dan Discovery Learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa Sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 228–238. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.348
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Asih Mardati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.