Efektivitas model pembelajaran role playing terhadap peningkatan interaksi sosial siswa kelas 4 SDN Bumiayu 2 Malang
DOI:
https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v5i1.5039Keywords:
Model Pembelajaran, Role Playing, Interaksi SosialAbstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan menguji efektivitas penggunaan model pembelajaran role playing terhadap peningkatan interaksi sosial siswa kelas 4 SDN Bumiayu 2 Malang. Penelitian ini menggunakan metode pre-experimental design dengan pendekatan kuantitatif. Hasil dari penghitungan uji paired sample test yang menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000 yang bernilai kurang dari 0,05. Sehingga dapat diartikan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil dari pretest dan posttest, dengan kata lain penggunaan model role playing berpengaruh dalam peningkatan interaksi sosial siswa. Tingkat efektivitas dari penggunaan model role playing termasuk dalam kategori sedang berdasarkan hasil uji N-Gain dengan rata-rata gain score sebesar 0,6.
References
Andriati, Novi. (2016). Model Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Bermain Peran Untuk Meningkatkan Interaksi Sosial Siswa. Jurnal Konseling Gusjigang, 2(2), 125-132. https://doi.org/10.24176/jkg.v2i2.698
Ari, Hidayat. (2018). Penerapan Role Playing untuk Meningkatkan Kemampuan Interaksi Sosial Siswa Kelas 5 SDN Kuin Utara 7 Banjarmasin. Tesis. Malang: Universitas Negeri Malang. http://repository.um.ac.id/id/eprint/63253
Bali, Muhammad M. E. I. (2017). Model Interaksi Sosial dalam Mengelaborasi Keterampilan Sosial. Jurnal Pedagogik, 4(2), 211-227. https://doi.org/10.33650/pjp.v4i2.19
Effendi, R. & Malihah, E. (2011). Pendidikan Lingkungan Sosial, Budaya, dan Teknologi. Bandung: CV. Maulana Media Grafika.
Hake, Richard R. (1999). Analyzing Change/Gain Scores. https://www1.physics.indiana.edu/~sdi/AnalyzingChange-Gain.pdf
Hurlock, E. B. (2013). Perkembangan Anak, jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 38 Tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 4, Level 3, dan Level 2, Corona Virus Disease 2019 Di Wilayah Jawa dan Bali. (online). (https://malangkota.go.id/2021/08/31/inmendagri-nomor-38-tahun-2021-tentan g-ppkm-level-4-level-3-dan-level-2-covid-19-di-jawa-dan-bali/), diakses 22 September 2021.
Lingga, Z. (2017). Hubungan Kematangan Emosi dan Interaksi Sosial dengan Penyesuaian Diri Siswa MTsN Kabanjahe Kabupaten Karo. Jurnal ANSIRU PAI, 1(2), 57-66. http://dx.doi.org/10.30821/ansiru.v1i2.1513.g1240
Melchioriyusni, Zikra, & Said, A. (2013). Interaksi Sosial Siswa dengan Kelompok Teman Sebaya di Sekolah dan Implikasinya terhadap Pelayanan BK. Jurnal Konseling dan Pendidikan, 1(2), 102-108. https://doi.org/10.29210/11700
Nuraida, A., Halimah, M., & Rokhayati, A. (2014). Pengaruh Interaksi Sosial Terhadap Aktivitas Belajar Siswa Kelas VI SD Negeri Salebu Kecamatan Mangunreja. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1). https://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/article/view/4680
Nurgiansah, T. H., Hendri, & Khoerudin, C. M. (2021). Role playing dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasiladan Kewarganegaraan. Jurnal Kewarganegaraan, 18(1), 56-64. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jk/article/view/22597
Rozi, dkk. (2020). Penerapan Adaptasi Kebiasaan Baru pada Era Pandemi Virus Corona 19 di Berbagai Sektor Pendidikan. Tulungagung: Akademia Pustaka.
Sekali, Endalina B. K. & Tarigan, M. A. (2019). Pengaruh Interaksi Sosial Terhadap Hasil Belajar. Prosiding Seminar Nasional Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan, 3, 794-797. http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/39420
Winata, K. A. & Hasanah, A. (2021). Implementasi Model Pembelajaran Interaksi Sosial Untuk Meningkatkan Karakter Peserta Didik. Jurnal Pendidikan, 9(1), 22-32. https://doi.org/10.36232/pendidikan.v9i1.639
Zuhara, Evi. (2020). Efektivitas Konseling Kelompok dengan Teknik Modeling untuk Meningkatkan Interaksi Sosial Siswa. Jurnal EDUKASI (Mesia Kajian Bimbingan Konseling), 6(1), 41-57. http://dx.doi.org/10.22373/je.v6i1.8208
Zulfah. (2021). Karakter: Pengendalian Diri. IQRA : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1), 28-33. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/iqra/article/view/5803
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Aldy Ferdiyansyah, Siti Latifa Zahara, Wahyu Puji Rahayu, Muhammad Alfan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.