Implementasi pendidikan karakter melalui pembiasaan membaca al-qur’an siswa kelas v di sekolah dasar

Authors

  • Sindy Umroh Atus Solekha Universitas Ahmad Dahlan
  • Suyatno Suyatno Universitas Ahmad Dahlan

DOI:

https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v4i3.4966

Keywords:

Pendidikan Karakter, Pembiasaan Membaca Al-Qur'an, Sekolah Dasar

Abstract

Pembelajaran di sekolah dasar merupakan sarana yang tepat dalam membentuk karakter peserta didik karena perkembangan anak usia sekolah dasar merupakan tahap penting dalam proses terbentuknya karakter. Pembiasaan membaca Al-Qur’an merupakan salah satu program unggulan di SD Muhammadiyah Dadapan dalam menanamkan karakter kepada peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pendidikan karakter melalui pembiasaan membaca Al-Qur’an di SD Muhammadiyah Dadapan. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data penelitian ini berupa wawancara dan dokumentasi. Pengujian keabsahan data pada penelitian ini yaitu dengan menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menujukan bahwa terdapat beberapa tahapan dalam program tersebut yaitu: 1) Perencanaan yang terdiri dari proses menyiapkan administrasi, penguatan guru, daftar hadir, kartu membaca Al-Qur’an, iqro' besar, dan iqro’ cadanganserta gurumelakukan tes baca iqro’/Al-Qur’an dan mengelompokan sesuai dengan kemampuan peserta didik. 2) Pelaksanaan terdapat beberapa tahapan yaitu pendahuluan, pelaksanaan, dan penutup. 3) Faktor pendukungterdiri dari guru yang profesional dan fasilitas yang memadai. Faktor penghambat yaitu kurangnya dukungan orang tua, kesadaran peserta didik, dan banyaknya peserta didik.

References

Awaliah, F. P., Dewi, & Anggraeni, D. (2021). Pembelajaran pendidikan kewargangeraan sebagai upaya meningkatkan moralitas anak. Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 22–29. https://ejurnal.unisap.ac.id/index.php/edukasitematik/article/view/93/31

Cloe, M., Steiner, V. J., Scribner, S., & Souberman, E. (1978). Mind in Society. Harvard University Press.

Hartono, R. (2020). Kontribusi Pembiasaan Membaca Al Qur’an sebelum Pembelajaran dalam Upaya Membina Akhlak Siswa Kelas VIII Di SMP Ma’arif 5 Ponorog Tahun Pelajaran 2019/2020. In Skripsi. http://etheses.iainponorogo.ac.id/10013/

Hasna, U. M. (2017). Implementasi Pendidikan Karakter Bagi Siswa Melalui Pembiasaan Membaca Al-Qur’an Di Sdit Harapan Bunda Purwokerto. In Skripsi. IAIN Purwokerto.

Hasyim, M., & Andreina, F. K. (2019). Analisis High Order Thinking Skill (HOTS) Siswa dalam Menyelesaikan Soal Open Ended Matematika. FIBONACCI, 5(1), 55–62. https://doi.org/ttps://doi.org/10.24853/fbc.5.1.55-64

Hendri, N. (2017). Lingkungan Pembelajaran yang Produktif dan Kondusif. E-Tech, 7(2), 1–9. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/et.v7i2.107070

Julaeha, S. (2019). Problematika Kurikulum dan Pembelajaran Pendidikan Karakter. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(2), 157. https://doi.org/10.36667/jppi.v7i2.367

Khaironi, M. (2017). Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age Universitas Hamzanwadi, 01(2), 82–89. https://doi.org/https://doi.org/10.29408/goldenage.v1i02.546

Laksana, S. D. (2021). Pentingnya Pendidikan Karakter Dalam Menghadapi Teknologi Pendidikan Abad 21. Jurnal Teknologi Pembelajaran, 1(01), 14–22. https://doi.org/10.25217/jtep.v1i01.1289

Laurens, T., Batlolona, F. A., Batlolona, J. R., & Leasa, M. (2017). How does realistic mathematics education (RME) improve students’ mathematics cognitive achievement? Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 14(2), 569–578.

Marlina, Y. (2021). Implementasi Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) pada Penjumlahan Pecahan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN 40. 2(2), 80–99. https://doi.org/https://doi.org/10.5281/zenodo.5739288

Nuraini, K., & Jannah, M. (2021). Penerapan Bimbingan Belajar Sekaligus Penanaman Pendidikan. 2(1), 1–10. https://doi.org/https://doi.org/10.32528/jiwakerta.v2i1.6723

Prayitno, S. H., & Faizah, H. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran untuk Materi FPB dan KPK bagi Siswa Sekolah Dasar Kelas IV. UNION: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 317–328. https://doi.org/https://doi.org/10.30738/union.v7i3.5935

Purwandari, A. W., Normasari, F., & Asy’ari, H. (2018). Penguatan Pendidikan Karakter (PPK). Penerbit Erlangga.

Ranam, S., Muslim, I. F., & Priyono, P. (2021). Implementasi Pendidikan Karakter Di Pesantren Modern El-Alamia Dengan Memberikan Keteladanan Dan Pembiasaan. Research and Development Journal of Education, 7(1), 90. https://doi.org/10.30998/rdje.v7i1.8192

Rukmayanti, D. (2019). Implementasi Program Pembiasaan dalam Pembelajaran Membaca Al-Qur’an Anak Usia Dini. In Skripsi.

Sani, M. (2016). Kegiatan Menutup Pelajaran. Journal of Accounting and Business Education, 1(3). https://doi.org/10.26675/jabe.v1i3.6031

Setiawan, Y. (2020). Pengembangan Model Pembelajaran Matematika SD Berbasis Permainan Tradisional Indonesia dan Pendekatan Matematika Realistik. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(1), 12–21. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i1.p12-21

Shadiq, F., & Mustajab, N. A. (2010). Pembelajaran Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika di SMP. In Daud, A., & Suharjana, A. (2010). Modul matematika SMP program bermutu (Kajian kritis dalam pembelajaran matematika di SMP). Yogyakarta. PPPPTK Matematik. PPPPTK Matematika. http://repositori.kemdikbud.go.id/14547/1/8. Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Realistik di SMP.pdf

Sholihah, A. M., & Maulida, W. Z. (2020). Pendidikan Islam sebagai Fondasi Pendidikan Karakter. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 12(01), 49–58. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v12i01.214

Silahuddin. (2017). Urgensi Membangun Karakter Anak Sejak Usia Dini. Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan UIN Ar-Raniry, 3(2), 18–41. https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/bunayya/article/viewFile/1705/1243

Siswanto, R. D., & Ratiningsih, R. P. (2020). Korelasi kemampuan berpikir kritis dan kreatif matematis dengan kemampuan pemecahan masalah matematis materi bangun ruang. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(2), 96–103. https://doi.org/https://doi.org/10.24176/anargya.v3i2.5197

Sjarkawi. (2011). Pembentukan Kepribadian Anak : Peran Moral, Intelektual, Emosional, dan Sosial Sebagai Wujud Integritas Membangun Jati Diri. PT Bumi Aksara.

Sujana, I. W. C. (2019). Fungsi dan tujuan pendidikan indonesia. ADI WIDYA: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 29–39. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.25078/aw.v4i1.927

Susanto, A. (2017). Proses Habituasi Nilai Disiplin Pada Anak Usia Dini Dalam Kerangka Pembentukan Karakter Bangsa. Sosio Religi: Jurnal Kajian Pendidikan Umum, 15(1), 18–34. https://ejournal.upi.edu/index.php/SosioReligi/article/view/5623/3816

Syamsurrijal, A. (2020). Bermain Sambil Belajar: Permainan Tradisional Sebagai Media Penanaman Nilai Pendidikan Karakter. ZAHRA: Research and Tought Elementary School of Islam Journal, 1(2), 1–14. https://doi.org/10.37812/zahra.v1i2.116

Downloads

Published

2022-02-24

How to Cite

Solekha, S. U. A., & Suyatno, S. (2022). Implementasi pendidikan karakter melalui pembiasaan membaca al-qur’an siswa kelas v di sekolah dasar. Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar), 4(3), 328–340. https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v4i3.4966

Issue

Section

Articles