Penerapan program sekolah ramah anak di SD Negeri Tlacap pada masa pandemi covid-19

Authors

  • Kristi Wardani Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Muhaimi Mughni Prayogo PGSD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Endang Hangestiningsih Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

DOI:

https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v4i3.4891

Keywords:

Program sekolah, Sekolah ramah anak, Pandemi covid-19

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menggali kondisi objektif penerapan Sekolah Ramah Anak  (SRA) di masa pandemi Covid-19 dimana pelaksanaan pembelajaran dilakukan di rumah. SD Negeri Tlacap merupakan sekolah mini piloting SRA di Sleman yang telah melaksanakan program SRA sejak tahun 2016/2017. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara online melalui kuisioner dan focus group discussion virtual pada informan yang terdiri dari orang tua atau wali siswa dan guru kelas SDN Tlacap yang dipilih berdasarkan teknik purposive random sampling. Pengolahan data dilakukan dengan tahapan teknik analisa data oleh Miles & Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan sekolah ramah anak pada masa pandemi di SD N Tlacap berupa pelaksanaan kegiatan akademis dan non akademis. Kegiatan akademis yaitu pelaksanaan Belajar Dari Rumah (BDR), sementara kegiatan non akademis terdiri dari perawatan lingkungan sekolah, Pembiasaan Perilaku Hidup Bersih (PHBS), pencegahan perilaku bullying verbal, pencegahan penyalahgunaan internet dengan melibatkan peran orangtua, dan pengelolaan program sekolah secara daring dengan memanfaatkan whatsapp group kelas sebagai media komunikasi dan distribusi informasi. Praktik sekolah ramah anak sudah baik, namun masih terdapat beberapa kendala seperti kesulitan orangtua siswa yang bekerja dalam membagi waktu dalam mendampingi proses BDR, keterbatasan pengetahuan dan orang tua dalam menjelaskan kepada siswa terkait materi yang diangap sulit, keterbatasan sarana prasarana, serta keterbatasan guru dalam membuat video pembelajaran menarik setiap hari. Penerapan program sekolah ramah  ini tidak lepas dari kerjasama orangtua dan guru yang berjalan dengan intensif dan kooperatif.

kata kunci: program skeolah, sekolah ramah anak, pandemi covid-19

 

Abstract

The purpose of this research is to explain the objective condition of a Child-Friendly School implementation in the pandemic Covid-19 situation, especially about remote learning from home practice in Tlacap elementary public school. Tlacap elementary public school has been implementing a Child-Friendly School program since the 2016/2017 academic year. This qualitative research involves the headmaster, program coordinator, teachers of grades 3 and 5, and parents representative for grades 3 and 5 in the online interview through google forms and virtually focuses group discussion for data collecting. The data analysis process use stages of Miles & Huberman. This research reveals that the Child-Friendly school program in a pandemic Covid-19 situation is academic and nonacademic.  Academic activities are the implementation of Learning From Home (LFH), while non-academic activities consist of maintaining the school environment, Clean Living Behavior Habituation, preventing verbal bullying behavior, preventing internet abuse by involving parents intervention, and managing online school programs by utilizing class WhatsApp groups as media for communication and distribution of information. The practice of child-friendly schools in Tlacap Public School is good, but there are still some obstacles such as the difficulty of parents working in dividing their time in assisting the LFH process, limited knowledge and parents in explaining to students related material that is considered difficult, limited infrastructure facilities, and limitations of teachers in making interesting learning videos every day. The implementation of this program cannot be separated from the collaboration of parents and teachers who run intensively and cooperatively.

keyword: school programme, child-friendly school, pandemi-covid19

 

References

Admin. (2020). KLA Sleman Siap di Monev. Diakses dari https://dinp3ap2kb.slemankab.go.id/2020/07/kla-sleman-siap-di-monev/ pada 31 Maret 2021.

Ambarsari, L., & Harun, H. (2018). Sekolah Ramah Anak Berbasis Hak Anak Di Sekolah Dasar. Profesi Pendidikan Dasar, 5(1), 10-19. https://journals.ums.ac.id/index.php/ppd/article/view/6111

Andira, A. (2021). Problematika Penerapan Belajar dari Rumah Anak Usia Sekolah Dasar Pada Masa Pandemi Covid-19 di Desa Tanjung Tebat Kabupaten Lahat. Mahasiswa Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah IAIN Bengkulu. Penelitian, tidak diterbitkan. Bengkulu: Fakultas Tarbiyah IAIN BENGKULU.Diakses dari http://repository.iainbengkulu.ac.id/5486/1/cd%20ayu.pdf

Cobanoglu, F., & Sevim, S. (2019). Child-friendly schools: An assessment of kindergartens. International Journal of Educational Methodology, 5(4), 637-650. https://doi.org/10.12973/ijem.5.4.637

Fatonah, U., & Mulyono, R. (2021). Manajemen E-Learning Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19. Media Manajemen Pendidikan, 4(1), 150-159. Diakses dari https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/mmp/article/view/9906

Gunawan, Vallenia. (2020). Pelaksanaan Perlindungan Hak Anak Dari Perundungan/Bullying Di Sekolah Ramah Anak (Studi Kasus Sd Pl Santo Yusup Semarang). Skripsi. Program Studi Ilmu Hukum. Fakultas Hukum dan Komunikasi. Universitas Katolik Soegijapranata Semarang. Diakses dari: http://repository.unika.ac.id/25206/

Hertinjung, W. S. (2013). Bentuk-bentuk perilaku bullying di sekolah dasar. Jurnal Psikologi, 7, 450-458. Diakses dari: https://publikasiilmiah.ums.ac.id/bitstream/handle/11617/3952/D7.pdf;sequence=1

Hidayanto, F & Ilmi M.Z.. (2015). Pentingnya internet sehat. Asian Journal of Innovation and Entrepreneurship, 4(01), 21-24. Diakses dari https://journal.uii.ac.id/ajie/article/download/7888/6897.

Inayah, N., & Risminawati, D. (2017). Upaya Penanganan Bullying Melalui Penanaman Pendidikan Karakter (Studi Kasus di Kelas IV SD Muhammadiyah 4 andangsapi Surakarta Tahun Ajaran 2016/2017). Skripsi. PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta. Diakses dari http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/50774

Indiani, B. (2020). Mengoptimalkan proses pembelajaran dengan media daring pada masa pandemi covid-19. Jurnal Sipatokkong Bpsdm Sulsel, 1(3), 227-232.

Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak. (2015). Panduan Implementasi Sekolah Ramah Anak. diakses dari https://disdikbud.patikab.go.id/download/file/Juknis-SEKOLAH_RAMAH_ANAK__SAFIN_PRESENTASI.pdf

Kontributor. 15 Juli 2020. Mencari Solusi Pembelajaran Daring. Krjogja. Diakses dari: https://www.krjogja.com/berita-lokal/diy/yogyakarta/mencari-solusi-keterbatasan-pembelajaran-daring/

Mastur, M., Afifulloh, M., & Dina, L. N. A. B. (2020). Upaya Guru Dalam Melaksanakan Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. JPMI: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 2(3), 72-81. http://www.riset.unisma.ac.id/index.php/JPMI/article/view/7613

Mujahidah, M. (2015). Implementasi teori ekologi bronfenbrenner dalam membangun pendidikan karakter yang berkualitas. Lentera, 17(2). Diakses dari https://journal.iain-samarinda.ac.id/index.php/lentera_journal/article/view/439

Noor, T. R & Astutik, E.. (2021). Strategi Solutif Kepala Sekolah Pada Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid 19 di SDN Sumput Sidoarjo. al-fikrah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 9(1), 20-31. Diakses dari https://ojs.iainbatusangkar.ac.id/ojs/index.php/alfikrah/article/view/2658

Putri, D. P. (2018). Pendidikan karakter pada anak sekolah dasar di era digital. AR-RIAYAH: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 37-50. Diakses dari https://core.ac.uk/download/pdf/230671359.pdf

Rigianti, H. A. (2020). Kendala Pembelajaran Daring Guru Sekolah Dasar di Banjarnegara. Elementary School: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ke-Sd-An, 7(2), 297–302. Diakses dari https://journal.upy.ac.id/index.php/es/article/view/768.

Sabiq, A. F. (2020). Persepsi Orang Tua Siswa tentang Kegiatan Belajar di Rumah sebagai Dampak Penyebaran Covid 19. Civic-Culture: Jurnal Ilmu Pendidikan PKn dan Sosial Budaya, 4(1 Extra), 1-7. Diakses dari http://publikasi.stkippgri-bkl.ac.id/index.php/CC/article/view/322/310.

Safitri, D., Sari, W. P., & Sary, M. P. (2019). Character Building Development Activities To Prevent Bullying Among Elementary School Students [Kegiatan Pengembangan Pendidikan Karakter Untuk Mencegah Bullying Di Kalangan Anak-Anak Sekolah Dasar]. Proceeding of Community Development, 2, 30-36. Diakses dari http://103.129.221.144/index.php/comdev/article/view/68.

Saragih, E. M., & Ansi, R. Y. (2020, October). Efektivitas Penggunaan Whatsapp Group Selama Pandemi Covid-19 Bagi Pelaku Pendidik. In Seminar Nasional Multi Disiplin Ilmu Universitas Asahan.

Surat Edaran Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan no 4 tahun 2020.

Susanti, M. H., Rachman, M., & Ananda, A. (2021). Implementasi Sekolah Ramah Anak di SD Ummul Quro Kota Semarang. Integralistik, 33(1), 52-60. https://doi.org/10.15294/integralistik.v33i1.26880

Utami, S. F., Suarantalla, R., & Hermanto, K. (2020). Analisis Beban Kerja Mental Guru Sekolah Dasar Menggunakan Metode NASA-TLX Studi Kasus di SDN Batu Tering. Jurnal Industri & Teknologi Samawa, 1(2), 14–18. Diakses dari http://jurnal.uts.ac.id/index.php/jitsa/article/download/814/557.

Wahid, F. S., & Purnomo, A. (2020). Kajian Pendidikan Karakter Pada Sekolah Dasar Ramah Anak Di Kabupaten Brebes. Syntax, 2(4), 49. Diakses dari https://www.jurnal.syntax-idea.co.id/index.php/syntax-idea/article/view/194.

Wajdi, F. (2021). Manajemen Perkembangan Siswa SD Melalui Peran Guru Dan Orang Tua Pada Masa Pandemi. JAMP: Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 4(1), 41-50.

Yasa, A. D., & Delawanti, D. (2021). Pembiasaan Personal Hygiene untuk Penerapan Pola Hidup Sehat dan Bersih Bagi Siswa Sekolah Dasar. Pelita: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3), 71-75. Retrieved from http://journal.kualitama.com/index.php/pelita/article/view/52

Yulianingsih, W., Suhanadji, S., Nugroho, R., & Mustakim, M. (2020). Keterlibatan Orangtua dalam Pendampingan Belajar Anak selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1138-1150. https://obsesi.or.id/index.php/obsesi/article/view/740

Downloads

Published

2022-02-24

How to Cite

Wardani , K. ., Prayogo, M. M., & Hangestiningsih , E. . (2022). Penerapan program sekolah ramah anak di SD Negeri Tlacap pada masa pandemi covid-19. Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar), 4(3), 278–294. https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v4i3.4891

Issue

Section

Articles