Relevansi Relevansi Realistic Mathematics Education (RME) dengan Higher Order Thinking Skills (HOTS) pada pembelajaran matematika di sekolah dasar
DOI:
https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v4i3.4780Keywords:
RME, HOTs, Matematika, Sekolah DasarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan relevansi Realistic Mathematics Education (RME) dengan Higher Order Thinking Skills (HOTS) pada Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Penelitian ini termasuk jenis deskriptif kualitatif dengan metode studi literatur. Peneliti berperan sebagai instrument dalam penelitian ini. Teknik analisis yang digunakan adalah model Miles Huberman. Langkah-langkah dari model Miles Huberman yaitu, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa karakteristik Realistic Mathematics Education (RME) mempunyai relevansi dengan aspek Higher Order Thinking Skills (HOTs), indikator pada Realistic Mathematics Education (RME) mempunyai relevansi dengan domain Higher Order Thinking Skills (HOTs). Temuan lain yaitu Realistic Mathematics Education (RME) pada pembelajaran matematika dapat membantu peserta didik dalam melatih Higher Order Thinking Skills (HOTs). Pembelajaran Matematika menuntut peserta didik memiliki Higher Order Thinking Skills (HOTs). Dapat disimpulkan bahwa ada relevansi antara Realistic Mathematics Education (RME) dengan Higher Order Thinking Skills (HOTs) pada Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar, sehingga dapat dijadikan dasar dalam menerapkan pembelajaran yang bermakna.
References
Dinni, H. N. (2018). HOTS (High Order Thinking Skills) dan Kaitannya dengan Kemampuan Literasi Matematika. PRISMA (Prosiding Seminar Nasional Matematika), 1, 170–176. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/19597
Giannakas, F., Papasalouros, A., Kambourakis, G., & Gritzalis, S. (2019). A comprehensive cybersecurity learning platform for elementary education. Information Security Journal: A Global Perspective, 28(3), 81–106. https://doi.org/10.1080/19393555.2019.1657527
Hadi, S. (2017). Pendidikan Matematika realistik: Teori Pengembangan dan Implementasinya. PT Raja Grafindo Persada.
Hasyim, M., & Andreina, F. K. (2019). Analisis High Order Thinking Skill (HOTS) Siswa dalam Menyelesaikan Soal Open Ended Matematika. FIBONACCI, 5(1), 55–62. https://doi.org/ttps://doi.org/10.24853/fbc.5.1.55-64
Laurens, T., Batlolona, F. A., Batlolona, J. R., & Leasa, M. (2017). How does realistic mathematics education (RME) improve students’ mathematics cognitive achievement? Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 14(2), 569–578.
Marlina, Y. (2021). Implementasi Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) pada Penjumlahan Pecahan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN 40. 2(2), 80–99. https://doi.org/https://doi.org/10.5281/zenodo.5739288
Pamuji, Z. (2017). Implementasi Manajemen Pembelajaran Ramah Anak Dalam Menanamkan Karakter Disiplin (Studi pada Upaya Guru Kelas 1A di MA Muhammadiyah Beji). YINYANG: Jurnal Studi Islam, Gender Dan Anak, 12(2), 235–255. https://doi.org/10.24090/yinyang.v12i2.2017.pp235-255
Prayitno, S. H., & Faizah, H. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran untuk Materi FPB dan KPK bagi Siswa Sekolah Dasar Kelas IV. UNION: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 317–328. https://doi.org/https://doi.org/10.30738/union.v7i3.5935
Purnomo, B. W., Fatwa Sari, A., Matematika, P., Al Hikmah Surabaya Jambangan, S., & Timur, J. (2021). Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika Literasi Matematika Siswa IPS dalam Menyelesaikan Soal PISA Konteks Saintifik. 10(September), 357–368. https://doi.org/https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i3.990
Safitri, A., Surya, E., Syahputra, E., & Simbolon, M. (2017). Impact of Indonesian Realistic Mathematics Approach to Students Mathematic Disposition on Chapter Two Composition Function and Invers Fungtion in Grade XI IA-1 SMA Negeri 4 Padangsidimpuan. International Journal of Novel Research in Education and Learning, 4(2), 93–100. https://www.researchgate.net/profile/Edy-Surya-2/publication/318585138_Impact_of_Indonesian_Realistic_Mathematics_Approach_to_Students_Mathematic_Disposition_on_Chapter_Two_Composition_Function_and_Invers_Fungtion_in_Grade_XI_IA-1_SMA_Negeri_4_Padangsidimpuan/links/597178420f7e9b25e86066ce/Impact-of-Indonesian-Realistic-Mathematics-Approach-to-Students-Mathematic-Disposition-on-Chapter-Two-Composition-Function-and-Invers-Fungtion-in-Grade-XI-IA-1-SMA-Negeri-4-Padangsidimpuan.pdf
Saniah, L., & Patimah, L. (2020). Pembelajaran Matematika dengan Strategi Think Talk Write (TTW) dalam Upaya Meningkatkan Berpikir Kreatif Matematis Siswa. Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 5(2), 178–186. https://doi.org/https://doi.org/10.35569/biormatika.v8i1.1221
Saraswati, P. M. S., & Agustika, G. N. S. (2020). Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Dalam Menyelesaikan Soal HOTS Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 257–269. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.25336
Sasmi, M. A., Holisin, I., & Mursyidah, H. (2020). Pengaruh Pendekatan RME dengan Model Pembelajaran CPS terhadap HOTS Siswa Kelas VII SMP. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(1), 1–10. https://doi.org/10.30738/union.v8i1.4790
Setiawan, Y. (2020). Pengembangan Model Pembelajaran Matematika SD Berbasis Permainan Tradisional Indonesia dan Pendekatan Matematika Realistik. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(1), 12–21. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i1.p12-21
Shadiq, F., & Mustajab, N. A. (2010). Pembelajaran Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika di SMP. In Daud, A., & Suharjana, A. (2010). Modul matematika SMP program bermutu (Kajian kritis dalam pembelajaran matematika di SMP). Yogyakarta. PPPPTK Matematik. PPPPTK Matematika. http://repositori.kemdikbud.go.id/14547/1/8. Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Realistik di SMP.pdf
Siswanto, R. D., & Ratiningsih, R. P. (2020). Korelasi kemampuan berpikir kritis dan kreatif matematis dengan kemampuan pemecahan masalah matematis materi bangun ruang. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(2), 96–103. https://doi.org/https://doi.org/10.24176/anargya.v3i2.5197
Umami, R., Rusdi, M., & Kamid, K. (2021). Pengembangan instrumen tes untuk mengukur higher order thinking skills (HOTS) berorientasi programme for international student asessment (PISA) pada peserta didik. JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika), 7(1), 57–68. https://doi.org/10.37058/jp3m.v7i1.2069
Vink, R. M., van Dommelen, P., van der Pal, S. M., Eekhout, I., Pannebakker, F. D., Klein Velderman, M., Haagmans, M., Mulder, T., & Dekker, M. (2019). Self-reported adverse childhood experiences and quality of life among children in the two last grades of Dutch elementary education. Child Abuse & Neglect, 95, 104051. https://doi.org/10.1016/j.chiabu.2019.104051
Wayan Sumandya, I., Gusti Agung Handayani, I., & Wayan Eka Mahendra, I. (2020). Developing Realistics Mathematics Education (Rme) Based Mathematics Teaching Video to Advance Higher Order Thinking Skills (Hots) in Cognitive Level of Vocational School Students. Journal of Physics: Conference Series, 1503(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1503/1/012015
Wiguna, P. D., Hafsari, R. A., & Fitrianie, A. N. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa SMK melalui Soal HOTS dengan Pendekatan Matematika Realistik ( PMR ) proses pembelajaran daripada guru . Pesatnya perkembangan. Prosiding Seminar Nasional Tadris Matematika, 1, 404–420. http://103.142.62.229/index.php/santika/article/view/265/101
Yunita, S., & Supriatna, U. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Puzzle terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Aplikasi Teknologi Pangan, 3(8), 1999–2006. https://doi.org/https://doi.org/10.36418/syntax-idea.v3i8.1451
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Rintis Rizkia Pangestika, Ujiati Cahyaningsih
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.