Relevansi Relevansi Realistic Mathematics Education (RME) dengan Higher Order Thinking Skills (HOTS) pada pembelajaran matematika di sekolah dasar

Authors

  • Rintis Rizkia Pangestika Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Ujiati Cahyaningsih Universitas Majalengka

DOI:

https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v4i3.4780

Keywords:

RME, HOTs, Matematika, Sekolah Dasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan relevansi Realistic Mathematics Education (RME) dengan Higher Order Thinking Skills (HOTS) pada Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Penelitian ini termasuk jenis deskriptif kualitatif dengan metode studi literatur. Peneliti berperan sebagai instrument dalam penelitian ini. Teknik analisis yang digunakan adalah model Miles Huberman. Langkah-langkah dari model Miles Huberman yaitu, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa karakteristik Realistic Mathematics Education (RME) mempunyai relevansi dengan aspek Higher Order Thinking Skills (HOTs), indikator pada Realistic Mathematics Education (RME) mempunyai relevansi dengan domain Higher Order Thinking Skills (HOTs). Temuan lain yaitu Realistic Mathematics Education (RME) pada pembelajaran matematika dapat membantu peserta didik dalam melatih Higher Order Thinking Skills (HOTs). Pembelajaran Matematika menuntut peserta didik memiliki Higher Order Thinking Skills (HOTs). Dapat disimpulkan bahwa ada relevansi antara Realistic Mathematics Education (RME) dengan Higher Order Thinking Skills (HOTs) pada Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar, sehingga dapat dijadikan dasar dalam menerapkan pembelajaran yang bermakna.

 

References

Dinni, H. N. (2018). HOTS (High Order Thinking Skills) dan Kaitannya dengan Kemampuan Literasi Matematika. PRISMA (Prosiding Seminar Nasional Matematika), 1, 170–176. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/19597

Giannakas, F., Papasalouros, A., Kambourakis, G., & Gritzalis, S. (2019). A comprehensive cybersecurity learning platform for elementary education. Information Security Journal: A Global Perspective, 28(3), 81–106. https://doi.org/10.1080/19393555.2019.1657527

Hadi, S. (2017). Pendidikan Matematika realistik: Teori Pengembangan dan Implementasinya. PT Raja Grafindo Persada.

Hasyim, M., & Andreina, F. K. (2019). Analisis High Order Thinking Skill (HOTS) Siswa dalam Menyelesaikan Soal Open Ended Matematika. FIBONACCI, 5(1), 55–62. https://doi.org/ttps://doi.org/10.24853/fbc.5.1.55-64

Laurens, T., Batlolona, F. A., Batlolona, J. R., & Leasa, M. (2017). How does realistic mathematics education (RME) improve students’ mathematics cognitive achievement? Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 14(2), 569–578.

Marlina, Y. (2021). Implementasi Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) pada Penjumlahan Pecahan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN 40. 2(2), 80–99. https://doi.org/https://doi.org/10.5281/zenodo.5739288

Pamuji, Z. (2017). Implementasi Manajemen Pembelajaran Ramah Anak Dalam Menanamkan Karakter Disiplin (Studi pada Upaya Guru Kelas 1A di MA Muhammadiyah Beji). YINYANG: Jurnal Studi Islam, Gender Dan Anak, 12(2), 235–255. https://doi.org/10.24090/yinyang.v12i2.2017.pp235-255

Prayitno, S. H., & Faizah, H. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran untuk Materi FPB dan KPK bagi Siswa Sekolah Dasar Kelas IV. UNION: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 317–328. https://doi.org/https://doi.org/10.30738/union.v7i3.5935

Purnomo, B. W., Fatwa Sari, A., Matematika, P., Al Hikmah Surabaya Jambangan, S., & Timur, J. (2021). Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika Literasi Matematika Siswa IPS dalam Menyelesaikan Soal PISA Konteks Saintifik. 10(September), 357–368. https://doi.org/https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i3.990

Safitri, A., Surya, E., Syahputra, E., & Simbolon, M. (2017). Impact of Indonesian Realistic Mathematics Approach to Students Mathematic Disposition on Chapter Two Composition Function and Invers Fungtion in Grade XI IA-1 SMA Negeri 4 Padangsidimpuan. International Journal of Novel Research in Education and Learning, 4(2), 93–100. https://www.researchgate.net/profile/Edy-Surya-2/publication/318585138_Impact_of_Indonesian_Realistic_Mathematics_Approach_to_Students_Mathematic_Disposition_on_Chapter_Two_Composition_Function_and_Invers_Fungtion_in_Grade_XI_IA-1_SMA_Negeri_4_Padangsidimpuan/links/597178420f7e9b25e86066ce/Impact-of-Indonesian-Realistic-Mathematics-Approach-to-Students-Mathematic-Disposition-on-Chapter-Two-Composition-Function-and-Invers-Fungtion-in-Grade-XI-IA-1-SMA-Negeri-4-Padangsidimpuan.pdf

Saniah, L., & Patimah, L. (2020). Pembelajaran Matematika dengan Strategi Think Talk Write (TTW) dalam Upaya Meningkatkan Berpikir Kreatif Matematis Siswa. Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 5(2), 178–186. https://doi.org/https://doi.org/10.35569/biormatika.v8i1.1221

Saraswati, P. M. S., & Agustika, G. N. S. (2020). Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Dalam Menyelesaikan Soal HOTS Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 257–269. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.25336

Sasmi, M. A., Holisin, I., & Mursyidah, H. (2020). Pengaruh Pendekatan RME dengan Model Pembelajaran CPS terhadap HOTS Siswa Kelas VII SMP. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(1), 1–10. https://doi.org/10.30738/union.v8i1.4790

Setiawan, Y. (2020). Pengembangan Model Pembelajaran Matematika SD Berbasis Permainan Tradisional Indonesia dan Pendekatan Matematika Realistik. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(1), 12–21. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i1.p12-21

Shadiq, F., & Mustajab, N. A. (2010). Pembelajaran Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika di SMP. In Daud, A., & Suharjana, A. (2010). Modul matematika SMP program bermutu (Kajian kritis dalam pembelajaran matematika di SMP). Yogyakarta. PPPPTK Matematik. PPPPTK Matematika. http://repositori.kemdikbud.go.id/14547/1/8. Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Realistik di SMP.pdf

Siswanto, R. D., & Ratiningsih, R. P. (2020). Korelasi kemampuan berpikir kritis dan kreatif matematis dengan kemampuan pemecahan masalah matematis materi bangun ruang. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(2), 96–103. https://doi.org/https://doi.org/10.24176/anargya.v3i2.5197

Umami, R., Rusdi, M., & Kamid, K. (2021). Pengembangan instrumen tes untuk mengukur higher order thinking skills (HOTS) berorientasi programme for international student asessment (PISA) pada peserta didik. JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika), 7(1), 57–68. https://doi.org/10.37058/jp3m.v7i1.2069

Vink, R. M., van Dommelen, P., van der Pal, S. M., Eekhout, I., Pannebakker, F. D., Klein Velderman, M., Haagmans, M., Mulder, T., & Dekker, M. (2019). Self-reported adverse childhood experiences and quality of life among children in the two last grades of Dutch elementary education. Child Abuse & Neglect, 95, 104051. https://doi.org/10.1016/j.chiabu.2019.104051

Wayan Sumandya, I., Gusti Agung Handayani, I., & Wayan Eka Mahendra, I. (2020). Developing Realistics Mathematics Education (Rme) Based Mathematics Teaching Video to Advance Higher Order Thinking Skills (Hots) in Cognitive Level of Vocational School Students. Journal of Physics: Conference Series, 1503(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1503/1/012015

Wiguna, P. D., Hafsari, R. A., & Fitrianie, A. N. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa SMK melalui Soal HOTS dengan Pendekatan Matematika Realistik ( PMR ) proses pembelajaran daripada guru . Pesatnya perkembangan. Prosiding Seminar Nasional Tadris Matematika, 1, 404–420. http://103.142.62.229/index.php/santika/article/view/265/101

Yunita, S., & Supriatna, U. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Puzzle terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Aplikasi Teknologi Pangan, 3(8), 1999–2006. https://doi.org/https://doi.org/10.36418/syntax-idea.v3i8.1451

Downloads

Published

2022-02-24

How to Cite

Pangestika, R. R., & Cahyaningsih, U. (2022). Relevansi Relevansi Realistic Mathematics Education (RME) dengan Higher Order Thinking Skills (HOTS) pada pembelajaran matematika di sekolah dasar. Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar), 4(3), 341–348. https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v4i3.4780

Issue

Section

Articles