Pengembangan media video solfeggio terhadap kemampuan bernyanyi siswa sekolah dasar

Authors

  • Vania Stefani Jelita Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v4i3.4466

Keywords:

Pengembangan media, Video solfeggio , Kemampuan bernyanyi, Siswa sekolah dasar

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode pengembangan (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu analisis, desain, development, implementasi, dan evaluasi. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui kelayakan media video pembelajaran seni musik metode solfegio untuk meningkatkan kemampuan bernyanyi siswa kelas VI sekolah dasar. Teknik pengumpulan data menggunakan angket uji validitas dan uji coba kelompok kecil. Hasil menunjukkan video pembelajaran seni musik sangat valid dan praktis digunakan untuk meningkatkan kemampuan membaca not dan bernyanyi siswa kelas VI SD

References

Destrinelli, D., & Wijayanti, M. N. (2016). Meningkatkan Kemampuan Menyanyikan Lagu Wajib Nasional dengan Metode Solfegio Di Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 1(1), 159–175. https://doi.org/10.22437/gentala.v1i1.7096

Firmansah, A., Sutanto, T. S., & Nusantara, H. (2019). Penggunaan Notasi Bantu Dalam Pembelajaran Solfeggio Untuk Meningkatkan Kemampuan Sight Reading- Sight Singing. Jurnal Pendidikan Dan Kajian Seni, 4(2), 115–127.

Kusumadewi, L. F., & Suharto, S. (2010). Peningkatan Hasil Belajar Seni Musik Dengan Media Audio Visual Melalui Metode Bervariasi. Harmonia: Journal of Arts Research and Education, 10(2). https://doi.org/10.15294/harmonia.v10i2.63

Lagandesa, Y. R., & Putri, S. (2020). Je : journal education. 1(1).

Respati, R., & Fuadah, U. S. (2018). Pembelajaran Ansambel Musik Untuk Siswa Kelas Tinggi Sekolah Dasar. Indonesian Journal of Primary Education, 2(1), 30. https://doi.org/10.17509/ijpe.v2i1.11755

Rusdewanti, P., & Gafur, A. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Seni ... Panca Putri Rusdewanti, Abdul Gafur 153. 1(3), 153–164.

Sukmana, P., Julia, & Iswara, P. (2017). Pembelajaran Vokal Pada Pelajaran Seni Budaya Dan Keterampilan Dengan Metode Solfegio Di Kelas V Sd. Jurnal Pena Ilmiah, 2(1), 551–560. https://doi.org/10.17509/jpi.v2i1.10032

Sulasmono, P. (2013). Peningkatan Kemampuan Vokal Melalui Metode Solfegio. Harmonia: Journal of Arts Research and Education, 13(1), 45–54. https://doi.org/10.15294/harmonia.v13i1.2532

Sulistio, A., Fretisari, I., & Muniir, A. (2018). Pengembangan Media Audio-Visual Materi Notasi Balok di Ekstrakurikuler Seni Musik SMA Negeri 2 Mempawah Hilir. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 7(3), 1–9.

Sutrisnawati, Y., & Yermiandhoko, Y. (2013). Penggunaan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Kemampuan Menyanyikan Lagu Wajib Nasional pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(2), 1–4.

Yunasto, T., & Machmudi, A. (2020). Online : ejournal.stmikbinapatria.ac.id/index.php/DS/issue/ ISSN : 1978-5569 Perancangan Media Pembelajaran Seni Musik Mengenal Notasi Untuk Kelas V Di Sdn 1 Tirto, Grabag. 16(1), 30–42.

Downloads

Published

2022-02-24

How to Cite

Jelita, V. S. (2022). Pengembangan media video solfeggio terhadap kemampuan bernyanyi siswa sekolah dasar. Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar), 4(3), 295–303. https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v4i3.4466

Issue

Section

Articles