Pengembangan media video solfeggio terhadap kemampuan bernyanyi siswa sekolah dasar
DOI:
https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v4i3.4466Keywords:
Pengembangan media, Video solfeggio , Kemampuan bernyanyi, Siswa sekolah dasarAbstract
Penelitian ini menggunakan metode pengembangan (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu analisis, desain, development, implementasi, dan evaluasi. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui kelayakan media video pembelajaran seni musik metode solfegio untuk meningkatkan kemampuan bernyanyi siswa kelas VI sekolah dasar. Teknik pengumpulan data menggunakan angket uji validitas dan uji coba kelompok kecil. Hasil menunjukkan video pembelajaran seni musik sangat valid dan praktis digunakan untuk meningkatkan kemampuan membaca not dan bernyanyi siswa kelas VI SD
References
Destrinelli, D., & Wijayanti, M. N. (2016). Meningkatkan Kemampuan Menyanyikan Lagu Wajib Nasional dengan Metode Solfegio Di Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 1(1), 159–175. https://doi.org/10.22437/gentala.v1i1.7096
Firmansah, A., Sutanto, T. S., & Nusantara, H. (2019). Penggunaan Notasi Bantu Dalam Pembelajaran Solfeggio Untuk Meningkatkan Kemampuan Sight Reading- Sight Singing. Jurnal Pendidikan Dan Kajian Seni, 4(2), 115–127.
Kusumadewi, L. F., & Suharto, S. (2010). Peningkatan Hasil Belajar Seni Musik Dengan Media Audio Visual Melalui Metode Bervariasi. Harmonia: Journal of Arts Research and Education, 10(2). https://doi.org/10.15294/harmonia.v10i2.63
Lagandesa, Y. R., & Putri, S. (2020). Je : journal education. 1(1).
Respati, R., & Fuadah, U. S. (2018). Pembelajaran Ansambel Musik Untuk Siswa Kelas Tinggi Sekolah Dasar. Indonesian Journal of Primary Education, 2(1), 30. https://doi.org/10.17509/ijpe.v2i1.11755
Rusdewanti, P., & Gafur, A. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Seni ... Panca Putri Rusdewanti, Abdul Gafur 153. 1(3), 153–164.
Sukmana, P., Julia, & Iswara, P. (2017). Pembelajaran Vokal Pada Pelajaran Seni Budaya Dan Keterampilan Dengan Metode Solfegio Di Kelas V Sd. Jurnal Pena Ilmiah, 2(1), 551–560. https://doi.org/10.17509/jpi.v2i1.10032
Sulasmono, P. (2013). Peningkatan Kemampuan Vokal Melalui Metode Solfegio. Harmonia: Journal of Arts Research and Education, 13(1), 45–54. https://doi.org/10.15294/harmonia.v13i1.2532
Sulistio, A., Fretisari, I., & Muniir, A. (2018). Pengembangan Media Audio-Visual Materi Notasi Balok di Ekstrakurikuler Seni Musik SMA Negeri 2 Mempawah Hilir. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 7(3), 1–9.
Sutrisnawati, Y., & Yermiandhoko, Y. (2013). Penggunaan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Kemampuan Menyanyikan Lagu Wajib Nasional pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(2), 1–4.
Yunasto, T., & Machmudi, A. (2020). Online : ejournal.stmikbinapatria.ac.id/index.php/DS/issue/ ISSN : 1978-5569 Perancangan Media Pembelajaran Seni Musik Mengenal Notasi Untuk Kelas V Di Sdn 1 Tirto, Grabag. 16(1), 30–42.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Vania Stefani Jelita
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.