Miskonsepsi materi pengolahan data di sekolah dasar

Authors

  • Mimin Vera Universitas Muhammadiyah Surakarta http://orcid.org/0000-0003-4206-9770
  • Rikana Sulistyaningrum Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Hengki Purnomo Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Budi Murtiyasa Universitas Muhammadiyah Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v4i3.4440

Keywords:

Analisa miskonsepsi, matematika, pengelolaan data

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi hasil PISA tahun 2019 menunjukkan prestasi Indonesia semakin menurun. Terutama dalam muatan pelajaran Matematika. Matematika merupakan  muatan pelajaran yang tidak bisa dipisahkan di kehidupan nyata. Oleh sebab itu miskonsepsi pada muatan pelajaran Matematika harus segera ditangani. Terutama materi pengolahan data. Dilapangan tidak sedikit miskonsepsi yang terkait dengan materi pengolahan data terutama pada tingkat sekolah dasar.20 peserta didik kelas 6 SDN Kepatihan Jebres Surakarta tahun ajaran 2020/2021 adalah subjek dalam penelitian ini. Desain penelitian kualitatif serta analisa data statistika deskriptif adalah metode pada penelitian ini. Teknik pengumpulan data yang dimanfaatkan ialah dokumentasi dan tes. Teknik triangulasi dimanfaatkan untuk menguji keabsahan data yaitu triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa masih terjadi miskonsepsi pada materi pengelolaan data yang harus segera dicari solusinya.

References

(Pratama et al., 2019)(Ridho, n.d.)(Islami et al., 2018)(Farida et al., 2019)(Lutfianto et al., 2013)(Tohir, 2019)(Kenedi, 2019)(Kiki Ari, 2018)(Sulastri, 2016)(Hartini, n.d.)(Nadiyah et al., 2019)(Stacey, 2011)(Ardini, 2013)(Hewi & Shaleh, 2020)(Pratiwi, 2019)(Ramadany, 2020)(Mahdayani, 2016)Ardini, K. A. (2013). Menggunakan Media Grafis Di Kelas Vi. Jpgsd, 1(2), 1–6.
Farida, E., Alauzi, F. A., & Zanthy, L. S. (2019). Analisis koneksi matematis siswa dan kepercayaan diri siswa smp. Journal on Education, 01(04), 688–695.
Hartini, S. (n.d.). DESAIN PEMBELAJARAN MATERI PENGOLAHAN DATA. 9–18.
Hewi, L., & Shaleh, M. (2020). Refleksi Hasil PISA (The Programme For International Student Assesment): Upaya Perbaikan Bertumpu Pada Pendidikan Anak Usia Dini). Jurnal Golden Age, 4(01), 30–41. https://doi.org/10.29408/jga.v4i01.2018
Islami, F. N., Putri, G. D., & Nurdwiandari, P. (2018). Kemampuan Fluency, Flexibility, Orginality, Dan Self Confidence Siswa Smp. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(3), 249. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i3.p249-258
Kenedi, dkk. (2019). Koneksi Matematika Siswa SD Untuk Memecahkan Masalah Matematika. Journal on Mathematics Education, 10(1), 69–79.
Kiki Ari, A. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Pengolahan Data Menggunakan Media Grafis Di Kelas Vi Sdn Jantiganggong Ii Perak Jombang. PGSD FIP Universitas Negeri Surabaya.
Lutfianto, M., Zulkardi, & Hartono, Y. (2013). Unfinished student answer in Pisa mathematics contextual problem. Journal on Mathematics Education, 4(2), 188–193. https://doi.org/10.22342/jme.4.2.552.188-193
Mahdayani, R. (2016). Analisis Kesulitan Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika pada Materi Aritmetika, Aljabar, Statistika, dan Geometri. Jurnal Pendas Mahakam, 1(1), 86–98. https://jurnal.fkip-uwgm.ac.id/index.php/pendasmahakam/article/view/39/17
Nadiyah, S., Wijaya, F. Y., & Hakim, A. R. (2019). Desain Komik Strip Matematika pada Materi Statistika untuk Kelas VI Tingkat Sekolah Dasar. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 4(2), 135. https://doi.org/10.30998/jkpm.v4i2.3870
Pratama, F. A., Faqih, A., & Nurhadiansyah, N. (2019). Model Pembelajaran Kontekstual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tentang Sumber Daya Alam Contextual Learning Models to Improve Student Learning Outcomes About Natural Resources. 11.
Pratiwi, I. (2019). Efek Program Pisa Terhadap Kurikulum Di Indonesia. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 4(1), 51. https://doi.org/10.24832/jpnk.v4i1.1157
Ramadany, L. D. (2020). Analisis Miskonsepsi Siswa Kelas V dalam Meyelesaikan Masalah Bangun Ruang Berdasarkan Gender di SD IT Mutiara Insan Sorong. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 2(1), 17–26. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v2i1.406
Ridho, M. H. (n.d.). Mengatasi miskonsepsi siswa melalui strategi konflik kognitif di sekolah menengah pertama. 1–11.
Stacey, K. (2011). The PISA view of mathematical literacy in Indonesia. Journal on Mathematics Education, 2(2), 95–126. https://doi.org/10.22342/jme.2.2.746.95-126
Sulastri, A. (2016). Penerapan Pendekatan Kontekstual Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1), 156–170. https://doi.org/10.17509/jpgsd.v1i1.9068
Tohir, M. (2019). Hasil PISA Indonesia Tahun 2018 Turun Dibanding Tahun 2015. December 2019, 10–12. https://doi.org/10.31219/osf.io/pcjvx
Ardini, K. A. (2013). Menggunakan Media Grafis Di Kelas Vi. Jpgsd, 1(2), 1–6.
Farida, E., Alauzi, F. A., & Zanthy, L. S. (2019). Analisis koneksi matematis siswa dan kepercayaan diri siswa smp. Journal on Education, 01(04), 688–695.
Hartini, S. (n.d.). DESAIN PEMBELAJARAN MATERI PENGOLAHAN DATA. 9–18.
Hewi, L., & Shaleh, M. (2020). Refleksi Hasil PISA (The Programme For International Student Assesment): Upaya Perbaikan Bertumpu Pada Pendidikan Anak Usia Dini). Jurnal Golden Age, 4(01), 30–41. https://doi.org/10.29408/jga.v4i01.2018
Islami, F. N., Putri, G. D., & Nurdwiandari, P. (2018). Kemampuan Fluency, Flexibility, Orginality, Dan Self Confidence Siswa Smp. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(3), 249. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i3.p249-258
Kenedi, dkk. (2019). Koneksi Matematika Siswa SD Untuk Memecahkan Masalah Matematika. Journal on Mathematics Education, 10(1), 69–79.
Kiki Ari, A. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Pengolahan Data Menggunakan Media Grafis Di Kelas Vi Sdn Jantiganggong Ii Perak Jombang. PGSD FIP Universitas Negeri Surabaya.
Lutfianto, M., Zulkardi, & Hartono, Y. (2013). Unfinished student answer in Pisa mathematics contextual problem. Journal on Mathematics Education, 4(2), 188–193. https://doi.org/10.22342/jme.4.2.552.188-193
Mahdayani, R. (2016). Analisis Kesulitan Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika pada Materi Aritmetika, Aljabar, Statistika, dan Geometri. Jurnal Pendas Mahakam, 1(1), 86–98. https://jurnal.fkip-uwgm.ac.id/index.php/pendasmahakam/article/view/39/17
Nadiyah, S., Wijaya, F. Y., & Hakim, A. R. (2019). Desain Komik Strip Matematika pada Materi Statistika untuk Kelas VI Tingkat Sekolah Dasar. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 4(2), 135. https://doi.org/10.30998/jkpm.v4i2.3870
Pratama, F. A., Faqih, A., & Nurhadiansyah, N. (2019). Model Pembelajaran Kontekstual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tentang Sumber Daya Alam Contextual Learning Models to Improve Student Learning Outcomes About Natural Resources. 11.
Pratiwi, I. (2019). Efek Program Pisa Terhadap Kurikulum Di Indonesia. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 4(1), 51. https://doi.org/10.24832/jpnk.v4i1.1157
Ramadany, L. D. (2020). Analisis Miskonsepsi Siswa Kelas V dalam Meyelesaikan Masalah Bangun Ruang Berdasarkan Gender di SD IT Mutiara Insan Sorong. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 2(1), 17–26. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v2i1.406
Ridho, M. H. (n.d.). Mengatasi miskonsepsi siswa melalui strategi konflik kognitif di sekolah menengah pertama. 1–11.
Stacey, K. (2011). The PISA view of mathematical literacy in Indonesia. Journal on Mathematics Education, 2(2), 95–126. https://doi.org/10.22342/jme.2.2.746.95-126
Sulastri, A. (2016). Penerapan Pendekatan Kontekstual Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1), 156–170. https://doi.org/10.17509/jpgsd.v1i1.9068
Tohir, M. (2019). Hasil PISA Indonesia Tahun 2018 Turun Dibanding Tahun 2015. December 2019, 10–12. https://doi.org/10.31219/osf.io/pcjvx
Ardini, K. A. (2013). Menggunakan Media Grafis Di Kelas Vi. Jpgsd, 1(2), 1–6.
Farida, E., Alauzi, F. A., & Zanthy, L. S. (2019). Analisis koneksi matematis siswa dan kepercayaan diri siswa smp. Journal on Education, 01(04), 688–695.
Hartini, S. (n.d.). DESAIN PEMBELAJARAN MATERI PENGOLAHAN DATA. 9–18.
Hewi, L., & Shaleh, M. (2020). Refleksi Hasil PISA (The Programme For International Student Assesment): Upaya Perbaikan Bertumpu Pada Pendidikan Anak Usia Dini). Jurnal Golden Age, 4(01), 30–41. https://doi.org/10.29408/jga.v4i01.2018
Islami, F. N., Putri, G. D., & Nurdwiandari, P. (2018). Kemampuan Fluency, Flexibility, Orginality, Dan Self Confidence Siswa Smp. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(3), 249. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i3.p249-258
Kenedi, dkk. (2019). Koneksi Matematika Siswa SD Untuk Memecahkan Masalah Matematika. Journal on Mathematics Education, 10(1), 69–79.
Kiki Ari, A. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Pengolahan Data Menggunakan Media Grafis Di Kelas Vi Sdn Jantiganggong Ii Perak Jombang. PGSD FIP Universitas Negeri Surabaya.
Lutfianto, M., Zulkardi, & Hartono, Y. (2013). Unfinished student answer in Pisa mathematics contextual problem. Journal on Mathematics Education, 4(2), 188–193. https://doi.org/10.22342/jme.4.2.552.188-193
Mahdayani, R. (2016). Analisis Kesulitan Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika pada Materi Aritmetika, Aljabar, Statistika, dan Geometri. Jurnal Pendas Mahakam, 1(1), 86–98. https://jurnal.fkip-uwgm.ac.id/index.php/pendasmahakam/article/view/39/17
Nadiyah, S., Wijaya, F. Y., & Hakim, A. R. (2019). Desain Komik Strip Matematika pada Materi Statistika untuk Kelas VI Tingkat Sekolah Dasar. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 4(2), 135. https://doi.org/10.30998/jkpm.v4i2.3870
Pratama, F. A., Faqih, A., & Nurhadiansyah, N. (2019). Model Pembelajaran Kontekstual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tentang Sumber Daya Alam Contextual Learning Models to Improve Student Learning Outcomes About Natural Resources. 11.
Pratiwi, I. (2019). Efek Program Pisa Terhadap Kurikulum Di Indonesia. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 4(1), 51. https://doi.org/10.24832/jpnk.v4i1.1157
Ramadany, L. D. (2020). Analisis Miskonsepsi Siswa Kelas V dalam Meyelesaikan Masalah Bangun Ruang Berdasarkan Gender di SD IT Mutiara Insan Sorong. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 2(1), 17–26. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v2i1.406
Ridho, M. H. (n.d.). Mengatasi miskonsepsi siswa melalui strategi konflik kognitif di sekolah menengah pertama. 1–11.
Stacey, K. (2011). The PISA view of mathematical literacy in Indonesia. Journal on Mathematics Education, 2(2), 95–126. https://doi.org/10.22342/jme.2.2.746.95-126
Sulastri, A. (2016). Penerapan Pendekatan Kontekstual Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1), 156–170. https://doi.org/10.17509/jpgsd.v1i1.9068
Tohir, M. (2019). Hasil PISA Indonesia Tahun 2018 Turun Dibanding Tahun 2015. December 2019, 10–12. https://doi.org/10.31219/osf.io/pcjvx

Downloads

Published

2022-02-24

How to Cite

Vera, M., Sulistyaningrum , R. ., Purnomo , H., & Murtiyasa , B. . (2022). Miskonsepsi materi pengolahan data di sekolah dasar. Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar), 4(3), 315–327. https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v4i3.4440

Issue

Section

Articles