Wujud nilai karakter gotong royong dalam teks nusantara bertutur pada harian kompas dan pemanfaatannya pada pembelajaran bahasa Indonesia sekolah dasar

Authors

  • Anjas Rusdiyanto Soleh Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Dini Restiyanti Pratiwi Universitas Muhammadiyah Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v4i3.4363

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengidentifikasi wujud nilai karakter gotong royong dalam teks nusantara bertutur pada harian kompas dan implikasinya pada pembelajaran bahasa Indonesia tingkat sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan menerapkan metode deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini yaitu teks dongeng yang diterbitkan melalui laman https://klasika.kompas.id/. Data dalam penelitian ini yaitu teks dongeng nusantara bertutur yang dimuat sejak bulan Januari hingga Maret 2021. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik simak, catat, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis isi (Content Analysis). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mengenai wujud integrasi nilai karakter gotong royong yang merupakan salah satu dari kelima karakter utama yang dicanangkan pemerintah, dalam teks dongeng nusantara bertutur tersebut wujud integrasi nilai karakter gotong royong dapat terlihat dari beberapa aspek, antara lain (1) watak tokoh (penokohan), (2) peristiwa yang dialami tokoh (hal-hal yang dialami oleh tokoh dalam cerita), dan (3) dialog antar tokoh (percakapan antar tokoh cerita). Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan, teks nusantara bertutur bisa dimanfaatkan pada pembelajaran Bahasa Indonesia jenjang Sekolah Dasar kelas III pada KD 3.8  menguraikan pesan dalam dongeng yang disajikan secara lisan, tulis, dan visual dengan tujuan untuk kesenangan dan 4.8 memeragakan pesan dalam dongeng sebagai bentuk ungkapan diri menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif.

References

Agung, I. (2017). Peran Fasilitator Guru Dalam Penguatan Pendidikan Karakter (PPK). Perspektif Ilmu Pendidikan, 31(2), 106–119. https://doi.org/10.21009/pip.312.6
Anshori, I. (2017). Penguatan Pendidikan Karakter di Madrasah. Halaqa: Islamic Education Journal, 1(2), 11. https://doi.org/10.21070/halaqa.v1i2.1243
Farahiba, A. S. (2017). Eksistensi Sastra Anak dalam Pembentukan Karakter pada Tingkat Pendidikan Dasar. Waskita, 1(1), 47–60.
Ganjarjati, N. I. (2019). Sastra Anak sebagai Awal Pendidikan Karakter dalam Cerpen Seri “Aku Mau Mendengarkan”, “Aku Berani Berterimakasih”, dan “Aku Mau Memaafkan” Karya Ade Yulia. Khazanah Pendidikan, XII(2), 123–135.
Hidayah, N. (2015). Penanaman Nilai-nilai Karakter dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 2(2), 190–204. http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/terampil/article/view/1291
Juanda. (2019). Revitalisasi Nilai dalam Dongeng sebagai Wahana Pembentukan Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Pustaka Budaya, 5(22), 11–18. https://doi.org/10.30631/smartkids.v1i2.50
Julaeha, S. (2019). Problematika Kurikulum dan Pembelajaran Pendidikan Karakter. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(2), 157. https://doi.org/10.36667/jppi.v7i2.367
Komara, E. (2018). Penguatan Pendidikan Karakter dan Pembelajaran Abad 21. Sipatahoenan: South-East Asian Journal for Youth, Sports & Health Education, 4(1), 17–26. www.journals.mindamas.com/index.php/sipatahoenan
Kusnoto, Y. (2017). Revitalisasi Nilai-nilai Pendidikan Karakter. Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 4(2), 31–45.
Mahardi, I. P. Y. S., Murda, I. N., & Astawan, I. G. (2019). Model Pembelajaran Teams Games Tournament Berbasis Kearifan Lokal Trikaya Parisudha Terhadap Pendidikan Karakter Gotong Royong dan Hasil Belajar IPA. Jurnal Pendidikan Multikultural Indonesia, 2(2), 98. https://doi.org/10.23887/jpmu.v2i2.20821
Mu’min, N. (2020). Kajian Psikologi Sastra Berorientasi Nilai Karakter Tentang Karakterisasi Tokoh dalam Buku Dongeng Pembangun Karakter Anak Karya Rucita Arkana dan Kesesuaiannya dengan Tuntutan Bahan Ajar Bahasa Indonesia Sekolah Dasar Kurikulum 2013 Edisi Revisi. Wistara, III(1), 69–90.
Mulyani, D., Ghufron, S., Akhwani, & Kasiyun, S. (2020). Peningkatan Karakter Gotong Royong di Sekolah Dasar. Lectura: Jurnal Pendidikan, 11(2), 225–238.
Muniroh, N. (2019). Implementansi Nilai Nasionalisme dan Gotong Royong dalam Mata Pelajaran PKn di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam, 10(1), 154–168. http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id
Nasution, E. S. yanti, Daulay, S., & Lubis, M. (2019). Character Values In Short-Stories Collection Book By Qurrota Aini and Its Release as a Literature Reading Material in Elementary School. International Journal of Education, Learning and Development, 7(5), 35–49.
Nur Bintari, P., & Darmawan, C. (2016). Peran Pemuda Sebagai Penerus Tradisi Sambatan dalam Rangka Pembentukan Karakter Gotong Royong. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 25(1), 57. https://doi.org/10.17509/jpis.v25i1.3670
Prawiyogi, A. G., Purwanugraha, A., Fakhry, G., & Firmansyah, M. (2020). Efektifitas Pembelajaran Jarak Jauh Terhadap Pembelajaran Siswa di SDIT Cendekia Purwakarta. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(01), 94–101.
Purnomo, E., & Wahyudi, A. B. (2020). Nilai Pendidikan Karakter dalam Ungkapan Hikmah di SD se-Karesidenan Surakarta dan Pemanfaatannya di Masa Pandemi. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 12(2), 183–193. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v12i2.561
Purnomo, E., & Wahyudi, A. B. (2021). Nilai Kemandirian dalam Wacana Ungkapan Hikmah di SD Sekaresidenan Surakarta. Jurnal Pendidikan, 30(1), 73–80.
Putra, J. N. I., & Widyaningsih, N. (2020). Cerita Bergambar sebagai Konkretisasi Pembelajaran Sastra Anak di Sekolah Dasar. Jurnal Berdaya Mandiri, 2(2), 345–356.
Putria, H., Maula, L. H., & Uswatun, D. A. (2020). Analisis Proses Pembelajaran Dalam Jaringan (DARING) Masa Pandemi Covid- 19 pada Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 861–870. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.460
Rahmat, A. S. (2017). Games Book sebagai Media Peningkatan Minat Baca pada Pembelajaran Bahasa Indonesia SD Kelas Tinggi. Indonesian Journal of Primary Education, 1(1), 27–33. https://doi.org/10.17509/ijpe.v1i1.7494
Ramadhan. (2014). Lingkungan Pendidikan dalam Implementasi Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan UNIGA, 8(1), 28–37. http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/5122
Setiawan, A., & Qur’ani, H. B. (2017). Nilai Karakter Cinta Lingkungan Melalui Karakterisasi Tokoh pada Novel dari Rahim Ombak Karya Tison Sahabuddin Bungin. KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 3(2), 149–160.
Subadar. (2017). Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) Berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS). Jurnal Pedagogik, 04(01), 81–93.
Subiyakto, B., Syaharuddin, S., & Rahman, G. (2017). Nilai-nilai Gotong Royong pada Tradisi Bahaul dalam Masyarakat Banjar di Desa Andhika sebagai Sumber Pembelajaran IPS. Vidya Karya, 31(2), 153–165. https://doi.org/10.20527/jvk.v31i2.3993
Susilo, S. V. (2020). Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 6(2), 108–115. https://doi.org/10.31949/jcp.v6i2.2100
Utomo, E. P. (2018). Internalisasi Nilai Karakter Nasionalis dalam Pembelajaran IPS untuk Membangun Jati Diri Ke-Indonesia-an. SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 14(2), 95–102. https://doi.org/10.21831/socia.v14i2.18626
Wahyuni, A., Triyanto, & Noventari, W. (2019). Strategi Pembentukan Karakter Melalui Metode Dogeng dan Pendampingan Anak di Rumah Dongeng Kincira. Waskita, 3(2), 77–92.

Downloads

Published

2022-02-24

How to Cite

Soleh, A. R., & Pratiwi, D. R. (2022). Wujud nilai karakter gotong royong dalam teks nusantara bertutur pada harian kompas dan pemanfaatannya pada pembelajaran bahasa Indonesia sekolah dasar. Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar), 4(3), 225–240. https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v4i3.4363

Issue

Section

Articles