Analisis kebutuhan instrumen penilaian sikap berbasis education for sustainable development di sekolah dasar
DOI:
https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v4i3.4324Keywords:
Penilaian sikap, ESD, Sekolah DasarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan instrumen penilaian sikap berbasis Education for Sustainable Development di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini merupakan guru kelas tinggi di sekolah dasar di Kabupaten Ciamis dan Kota Tasikmalaya sebanyak 6 orang. Data dikumpulkan melalui teknik wawancara dan studi dokumentasi untuk mengetahui pelaksanaan penilaian sikap serta format instrumen yang digunakan oleh guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Sebanyak 66,67% guru belum memahami konsep ESD. (2) Penilaian sikap tidak dapat dinilai dalam waktu yang singkat. (3) Sebanyak 50% guru belum menggunakan format instrumen dalam melaksanakan penilaian sikap. Kebutuhan format instrumen penilaian sikap dapat diatasi dengan penyusunan format instrumen penilaian sikap yang mengarah pada sikap berpikir kritis yang diintegrasikan dengan ESD yang terdiri dari tujuh sikap diantaranya Open Minded, Analytical, Systematic, Inquistive, Judicious, Truthseeking, dan Confident in Reasoning. Dalam penerapan pembelajaran ESD, peneliti mendapatkan penemuan bahwa sebenarnya pembelajaran ESD sudah dilakukan oleh guru, namun guru belum memahami konsep ESD secara utuh sehingga terdapat asumsi bahwa ESD belum dilaksanakan di sekolah dasar. Dalam kaitannya dengan pendidikan keberlanjutan, sebagian guru mengharapkan adanya format isian kepada orang tua siswa di rumah dalam mengawasi sikap yang dimiliki peserta didik sehingga konsep keberlanjutan akan dapat dilakukan. Dengan menerapkan konsep ESD dalam pembelajaran, dapat membentuk generasi muda yang peka terhadap lingkungan, sosial, dan ekonomi sehingga akan siap melawan tantangan global dimasa yang akan datang. Instrumen penilaian merupakan wadah untuk mengaktualisasikan peningkatan sikap peserta didik.References
Cahyaningrum, E. S., Sudaryanti, & Purwanto, N. A. (2017). Pengembangan Nilai-Nilai Karakter Anak Usia Dini Melalui Pembiasaan Dan Keteladanan. Jurnal Pendidikan Anak, 6(2), 203–213. https://doi.org/10.21831/jpa.v6i2.17707
de Bie, H., Wilhelm, P., & van der Meij, H. (2015). The Halpern Critical Thinking Assessment: Toward a Dutch appraisal of critical thinking. Thinking Skills and Creativity, 17, 33–44. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2015.04.001
Dinuță, N. (2015). The use of critical thinking in teaching geometric concepts in primary school. 180(November 2014), 788–794. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.02.205
Facione, P. a. (2015). Critical Thinking : What It Is and Why It Counts. In Insight Assessment. https://www.insightassessment.com/CT-Resources/Teaching-For-and-About-Critical-Thinking/Critical-Thinking-What-It-Is-and-Why-It-Counts/Critical-Thinking-What-It-Is-and-Why-It-Counts-PDF
Hoffmann, T., & Siege, H. (2018). What is Education for Sustainable Development (ESD)? Human Development, 1(8), 1–6. http://www.esd-expert.net/files/ESD-Expert/pdf/Was_wir_tun/Lehr- und Lernmaterialien/What_is_Education_for_Sustainable_Development.pdf%0Ahttp://www.esd-expert.net/teaching-and-learning-materials.html
Mujadi. (2019). Pengembangan Instrumen Penilaian Sikap Sebagai Upaya Optimalisasi Penerapan Nilai-Nilai yang Terkandung dalam Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas VI Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 11.
Mulyana, E. H., Hamdu, G., & Nurzakiah F, F. (2016). Pengembangan Penilaian Sikap Dengan Menggunakan Analisis Video Pelaksanaan Pembelajaran Berbasis Konteks. Seminar Nasional Pendidikan Sains, 367–374.
Murphy, E. (2004). An instrument to support thinking critically about critical thinking in online asynchronous discussions. Australasian Journal of Educational Technology, 20(3), 295–315. https://doi.org/10.14742/ajet.1349
Nadiroh, N., & Kasirah, I. (2017). Development of Teaching Materials Esd (Education for Sustainable Development) in Coaching Skills of Self Children With Intellectual Challenges in Sma Lb C in Jakarta. Jurnal Ilmiah Pendidikan Lingkungan Dan Pembangunan, 16(02), 115–121. https://doi.org/10.21009/plpb.162.04
Pauw, J. B. de, Gericke, N., Olsson,s D., & Berglund, T. (2015). The effectiveness of education for sustainable development. Sustainability (Switzerland), 7(11), 15693–15717. https://doi.org/10.3390/su71115693
Permendikbud. (2019). Standar Penilaian Pendidikan. 1–12. https://doi.org/10.31227/osf.io/munp2
Suciyati, R. M., & Vitoria, L. (2017). PELAKSANAAN PENILAIAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUB TEMA HIDUP RUKUN DENGAN TEMAN BERMAIN DI KELAS II SDN 14 BANDA ACEH Rina Melly Suciyati, Nurhaida, Linda Vitoria. 2, 59–72.
Sugiyono, P. D. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: ALFABETA, cv.
Uce, L. (2017). The Golden Age . The Golden Age: Masa Efektif Merancang Kualitas Anak, 77–92.
UNESCO. (2017). Education for Sustainable Development Goals Learning Objectives. Peace and Sustainable Development, Education Sector.
Wicaksono, T. P., Harsiati, T., & Muhardjito. (2016). PENGEMBANGAN PENILAIAN SIKAP DENGAN ASSESSMENT PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS V SDN ARJOWINANGUN 02 MALANG. 45–51
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Firda Nisya Amelia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.