Peningkatan Kecerdasan Interpersonal Anak Melalui Permainan Tradisional
DOI:
https://doi.org/10.26555/jecce.v1i1.4Keywords:
Kecerdasan Interpersonal, Permainan Tradisional, Anak Usia DiniAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses pelaksanaan kegiatan bermain permainan tradisional dan menganalisis hasil peningkatan kecerdasan interpersonal anak usia dini kelompok A PAUD Titian Kasih melalui kegiatan bermain permainan tradisional. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Kemmis dan Taggart yang terdiri dari perecanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Responden dalam penelitian adalah 12 orang anak dari kelompok A PAUD Titian Kasih, Ternate. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa kecerdasan interpersonal anak meningkat melalui kegiatan bermain permainan tradisional sebesar 46,96% dari pre test menjadi 79,92% pada hasil posttest siklus II.
References
Danandjaya, James. (1987). Folklore Indonesia. Jakarta: Gramedia.
Dewantara, Ki Hajar. (1997). Bagian Pertama- Pendidikan. Yogyakarta: Majelis Luhur Persatuan Taman Siswa.
Hoorn, Judith Vand, Etc. (2007). Play at the Center of the Curriculum. New Jersey: Pearson Education.
Ismail, Andang. (2006). Education Games: Menjadi Cerdas dan Ceria dengan Permainan Edukatif. Yogyakarta: Pilar Media.
Kurnia, O. D. (2015). Permainan Sunda Manda dan Kecerdasan Interpersonal (Makna Sunda Manda pada Anak Usia Sekolah Dasar). E-Jurnal Skripsi Mahasiswa TP.
Latif, Mukhtar, dkk. (2013). Orientasi Baru Pendidikan Anak Usia Dini: Teori dan Aplikasi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Mandira, G., Aziz, M. Y., & Fitriani, D. (2016). Pengembangan Kecerdasan Interpersonal Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Permainan Makah-Makah di TK IT Al-Azhar Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2).
Mulyasa, H.E. (2014). Manajemen PAUD. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nasution, R. K., & Siregar, N. I. (2017). Pengaruh Permainan Tradisional Pecah Piring dan Ular Naga Terhadap Kecerdasan Interpersonal Anak Usia Dini. ANALITIKA, 5(1), 18–25.
Ningsih, S. (2017). Mengembangkan Kecerdasan Interpersonal Anak Usia Dini Melalui Permainan Tradisional (Studi Kasus di TK AL-Akhyar Purwakarta kelompok B). Tunas Siliwangi: Jurnal Program Studi Pendidikan Guru PAUD STKIP Siliwangi Bandung, 2(1), 30–47.
Suyadi. (2014). Teori Pembelajaran Anak Usia Dini Dalam Kajian Neurosains. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Seriati, N. N., & Hayati, N. (2012). Permainan Tradisional Jawa Gerak dan Lagu Untuk Menstimulasi Keterampilan Sosial Anak Usia Dini. Naskah Publikasi.
Wardah, I. Z. (2018). Pengaruh kegiatan sosiodrama dalam permainan tradisional anjang-anjangan terhadap kecerdasan interpersonal anak usia dini (PhD Thesis). UIN Sunan Ampel Surabaya.
Wartilah, W., Zulirfan, Z., & Risma, D. (2018). Meningkatkan Kecerdasan Interpersonal Melalui Permainan Tradisional Anak Usia 5-6 Tahun di TK Tunas Harapan Sei Lambu Makmur Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar. Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 4(1), 1–15.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).