Peningkatan Kecerdasan Interpersonal Anak Melalui Permainan Tradisional

Authors

  • Nurfitri Sahidun IAIN Ternate

DOI:

https://doi.org/10.26555/jecce.v1i1.4

Keywords:

Kecerdasan Interpersonal, Permainan Tradisional, Anak Usia Dini

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses pelaksanaan kegiatan bermain permainan tradisional dan menganalisis hasil peningkatan kecerdasan interpersonal anak usia dini kelompok A PAUD Titian Kasih melalui kegiatan bermain permainan tradisional. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Kemmis dan Taggart yang terdiri dari perecanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Responden dalam penelitian adalah 12 orang anak dari kelompok A PAUD Titian Kasih, Ternate. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa kecerdasan interpersonal anak meningkat melalui kegiatan bermain permainan tradisional sebesar 46,96% dari pre test menjadi 79,92% pada hasil posttest siklus II.

References

Amstrong, Thomas. (2009). Multiple Intelligences in the Classroom. USA Virginia Alexandria: Association for Supervision and Curriculum Development.
Danandjaya, James. (1987). Folklore Indonesia. Jakarta: Gramedia.
Dewantara, Ki Hajar. (1997). Bagian Pertama- Pendidikan. Yogyakarta: Majelis Luhur Persatuan Taman Siswa.
Hoorn, Judith Vand, Etc. (2007). Play at the Center of the Curriculum. New Jersey: Pearson Education.
Ismail, Andang. (2006). Education Games: Menjadi Cerdas dan Ceria dengan Permainan Edukatif. Yogyakarta: Pilar Media.
Kurnia, O. D. (2015). Permainan Sunda Manda dan Kecerdasan Interpersonal (Makna Sunda Manda pada Anak Usia Sekolah Dasar). E-Jurnal Skripsi Mahasiswa TP.
Latif, Mukhtar, dkk. (2013). Orientasi Baru Pendidikan Anak Usia Dini: Teori dan Aplikasi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Mandira, G., Aziz, M. Y., & Fitriani, D. (2016). Pengembangan Kecerdasan Interpersonal Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Permainan Makah-Makah di TK IT Al-Azhar Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2).
Mulyasa, H.E. (2014). Manajemen PAUD. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nasution, R. K., & Siregar, N. I. (2017). Pengaruh Permainan Tradisional Pecah Piring dan Ular Naga Terhadap Kecerdasan Interpersonal Anak Usia Dini. ANALITIKA, 5(1), 18–25.
Ningsih, S. (2017). Mengembangkan Kecerdasan Interpersonal Anak Usia Dini Melalui Permainan Tradisional (Studi Kasus di TK AL-Akhyar Purwakarta kelompok B). Tunas Siliwangi: Jurnal Program Studi Pendidikan Guru PAUD STKIP Siliwangi Bandung, 2(1), 30–47.
Suyadi. (2014). Teori Pembelajaran Anak Usia Dini Dalam Kajian Neurosains. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Seriati, N. N., & Hayati, N. (2012). Permainan Tradisional Jawa Gerak dan Lagu Untuk Menstimulasi Keterampilan Sosial Anak Usia Dini. Naskah Publikasi.
Wardah, I. Z. (2018). Pengaruh kegiatan sosiodrama dalam permainan tradisional anjang-anjangan terhadap kecerdasan interpersonal anak usia dini (PhD Thesis). UIN Sunan Ampel Surabaya.
Wartilah, W., Zulirfan, Z., & Risma, D. (2018). Meningkatkan Kecerdasan Interpersonal Melalui Permainan Tradisional Anak Usia 5-6 Tahun di TK Tunas Harapan Sei Lambu Makmur Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar. Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 4(1), 1–15.

Downloads

Published

2018-04-12

How to Cite

Sahidun, N. (2018). Peningkatan Kecerdasan Interpersonal Anak Melalui Permainan Tradisional. Journal of Early Childhood Care and Education, 1(1), 13–17. https://doi.org/10.26555/jecce.v1i1.4

Issue

Section

Articles