PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN TEMA 6 “CITA-CITAKU†SUBTEMA 1 AKU DAN CITA-CITAKU BERBASIS LITERASI MEMBACA KELAS IV DI SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v2i2.982Keywords:
Modul Pembelajaran, Literasi Membaca, Sekolah DasarAbstract
    Peserta didik masih kekurangan referensi sumber belajar sehingga proses pembelajaran masih mengalami permasalahan dan hambatan yang dirasakan baik guru maupun siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui langkah-langkah pengembangan modul serta mengetahui kelayakan bahan ajar modul tematik terpadu pada tema 6 “Cita-citaku†subtema 1 “Aku dan Cita-citaku†berbasis literasi membaca.
    Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan ( R&D (Research and Development) menggunakan model ADDIE yang dilakukan melalui lima tahap, yaitu analisis, perencanaan, pengembangan, implementasi , dan evaluasi. Subjek uji coba yang digunakan adalah kelas IV SD Muhammadiyah Karangtengah Yogyakarta. Instrumen penelitian berupa lembar validasi dan anget. Teknik analisis data menggunakan analisis data kualitatif dan kuantutatif.
   Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul tematik layak digunakan di dalam pembelajaran tematik terpadu. Hasil uji validasi dari ahli materi sejumlah 86,4 (Sangat Baik); ahli pembelajaran mendapat nilai 68 (Baik); ahli media mendapat nilai 82,1 (Sangat Baik); hasil uji coba produk kelompok kecil penilian guru sejumlah 85,6 (Sangat Baik); penilaian siswa diperoleh nilai 91,67 (Sangat Baik); Penilaian uji coba kelompok besar dari penilaian guru 90,4 (Sangat Baik); penilaian siswa diperoleh 95,21 dan masuk kriteria (Sangat Baik).
Kata kunci: Modul Pembelajaran, Literasi Membaca, Sekolah Dasar
Â
References
Ane Permatasari. 2015. Membangun Kualitas Bangsa dengan Budaya Literasi. Jurnal Bahasa. No 1. Hlm 146-147
Anwar, N. F.M, dkk. 2017. Pengembangan Modul Pembelajaran Tematik Terpadu Berbasis Kearifan Lokal Kabupaten Sumenep Kelas IV Subtema Lingkungan Tempat Tinggalku. Jurnal Pendidikan, Vol 2 No 10. Hlm 1291-1297
Arikunto, S. 2014. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, S. & Yuliana, L. 2008. Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: Aditya Media Pembelajaran Yogyakarta.
Arnelia, D.S. 2018. Pengembangan Modul Tematik Berbasis STM (Sains, Teknologi, dan Masyarakat). Jurnal Pemikiran dan Pengembangan SD. Vol 6 No 1. Hlm 21-26
Amara dan Fajriah Nurul 2018. Pengembangan Modul Berbasis Quantum Learning Tema Ekosistem untuk Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan.II (10) 291
Maman Suryaman. 2015. Analisis Hasil Belaar Peserta Didik Dalam Literasi Membaca Melalui Studi Internasional (PIRLS) 2011. Jurnal Literasi. Vol 14 No 1. Hlm 171-172
Idhes, S. A.M. Pengembangan Modul Tematik Cita-citaku Kelas IV di SD N Pacar Sewon Bantul. Skripsi. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Yogyakarta
Nurchaili. 2016. “Menumbuhkan budaya literasi melalui buku digitalâ€.jurnalMadrasah Aliyah Negeri Darussalam Kabupaten Aceh Besar.Vol 8 No 2. Hlm 197
Ghazali, A. S 2010. Pembelajaran Keterampilan Berbahasa dengan Pendekatan Komunikatif-Interaktif. Bandung: Refika Aditama.
Prastowo Andi. 2014. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press
Rahayu, T. 2016. Penumbuhan Budi Pekerti Melalui Gerakan Literasi Sekolah. Jurnal Pendidikan, 179
Tegeh. 2014. Model Penelitian Pengembangan. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Trimantoto, S.A. 2016. Pengembangan Modul Pembelajaran Tematik “Merawat Hewan dan Tumbuhan†Tema 7 untuk Siswa Kelas 2 SD. Jurnal Pendidikan, V (6), 212.
Downloads
Additional Files
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.