PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V DI SD MUHAMMADIYAH DOMBAN 2
DOI:
https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v2i2.963Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dunia pendidikan sekarang terus mengikuti perkembangan zaman untuk menghadiri berbagai edukasi dalam proses pembelajaran. Salah satunya dengan menggunakan media audio visual sebagai media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan media audio visual dalam pembelajaran bahasa Indonesia di kelas V SD Muhammadiyah Domban 2 Sleman, dan factor pendukung serta penghambat dalam penggunaan media audi visual pada pembelajaran.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru, 23 siswa kelas V, dan kepala SD Muhammadiyah Domban 2 Sleman. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Instrumen utama adalah peneliti dengan mengunakan alat bantu pedoman observasi, pedoman wawancara,. Data dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan member check dan triangulasi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa Pelaksanaan pembelajaran bahasa Indonesia dengan media audio visual berjalan sesuai dengan RPP yang dibuat guru, komponen pembelajaran juga sudah terpenuhi dengan maksimal. Selain itu, didukung dengan sarana prasarana yang lengkap dari pihak sekolah. Hambatan tidak ada nya horden membuat sinar dalam ruangan kurang gelap dan apabila listrik mati proyektor tidak bisa digunakan.
.
Â
Kata kunci: Media Audio Visual, Pembelajaran Bahasa Indonesia, SD
References
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: CV Alfabeta
Moleong, Lexy J. 2013. Metodologi Penelitian Kualitarif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Arifin, zaenal, (2014). Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Arikunto, S . (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Prakti. Jakarta: Rineka Cipta.
Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.