PENGARUH KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN SOAL CERITA MATEMATIKA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

Rosselina Tria Andanik, Meita Fitrianawati

Abstract


ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keterampilan membaca pemahaman terhadap kemampuan pemecahan soal cerita Matematika peserta didik kelas V SD Muhammadiyah Ambarbinangun. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian ex-post facto. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V SD Muhammadiyah Ambarbinangun yang berjumlah 66 peserta didik. Variabel yang diteliti yaitu keterampilan membaca pemahaman (Variabel X) dan kemampuan pemecahan soal cerita Matematika (Variabel Y). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya, dan juga menggunakan wawancara. Pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi linier sederhana dan korelasi pearson dengan bantuan program SPSS versi 20. Hasil penelitian yang diolah menggunakan uji regresi linier sederhana dan uji korelasi pearson menunjukkan bahwa keterampilan membaca pemahaman berpengaruh signifikan terhadap kemampuan pemecahan soal cerita Matematika, hal ini ditunjukkan dengan nilai sig kurang dari 0,05 yaitu sebesar 0,000 dengan persamaan regresi linier sederhana Y = 1,500 + 0,612X. Untuk Pearson Correlation diperoleh sebesar 0,746 sehingga jika dilihat dari pedoman derajat hubungan yang sudah tertera, pearson correlationnya adalah berkorelasi kuat. Sehingga dapat disimpulkan bahwa keterampilan membaca pemahaman berpengaruh positif terhadap kemampuan pemecahan soal cerita Matematika dengan derajat hubungan korelasi kuat.


Keywords


membaca pemahaman, soal cerita matematika, sd kelas v

Full Text:

PDF

References


Abidin, yunus. 2012. Pembelajaran Membaca Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung : Refika Aditama.

Arifin, Zainal. 2017. Evaluasi Pembelajaran. Bandung : PT Remaja Rosdakrya

Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.

Auzar. 2013. Hubungan Kemampuan Membaca Pemahaman dengan Kemampuan Memahami Bahasa Soal Hitungan Cerita Matematika Murid-Murid Kelas 5 SD 006 Pekanbaru. Jurnal Bahas. Vol 8. Nomor 1. Hal 34.

Badawi, A. 2003. Penilaian Kemampuan Membaca Pemahaman di Sekolah Dasar. Sekolah Dasar : Kajian Teori dan Praktik Pendidikan, 12 (2) : hal 130-137




DOI: https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v2i2.836

Copyright (c) 2019 Universitas Ahmad Dahlan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

JURNAL FUNDADIKDAS
ISSN: 2614-1620 (Online)

Published by Universitas Ahmad Dahlan