PENGARUH KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN SOAL CERITA MATEMATIKA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

Authors

  • Rosselina Tria Andanik Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta
  • Meita Fitrianawati Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v2i2.836

Keywords:

membaca pemahaman, soal cerita matematika, sd kelas v

Abstract

ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keterampilan membaca pemahaman terhadap kemampuan pemecahan soal cerita Matematika peserta didik kelas V SD Muhammadiyah Ambarbinangun. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian ex-post facto. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V SD Muhammadiyah Ambarbinangun yang berjumlah 66 peserta didik. Variabel yang diteliti yaitu keterampilan membaca pemahaman (Variabel X) dan kemampuan pemecahan soal cerita Matematika (Variabel Y). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya, dan juga menggunakan wawancara. Pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi linier sederhana dan korelasi pearson dengan bantuan program SPSS versi 20. Hasil penelitian yang diolah menggunakan uji regresi linier sederhana dan uji korelasi pearson menunjukkan bahwa keterampilan membaca pemahaman berpengaruh signifikan terhadap kemampuan pemecahan soal cerita Matematika, hal ini ditunjukkan dengan nilai sig kurang dari 0,05 yaitu sebesar 0,000 dengan persamaan regresi linier sederhana Y = 1,500 + 0,612X. Untuk Pearson Correlation diperoleh sebesar 0,746 sehingga jika dilihat dari pedoman derajat hubungan yang sudah tertera, pearson correlationnya adalah berkorelasi kuat. Sehingga dapat disimpulkan bahwa keterampilan membaca pemahaman berpengaruh positif terhadap kemampuan pemecahan soal cerita Matematika dengan derajat hubungan korelasi kuat.

Author Biography

Rosselina Tria Andanik, Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta

Jangan Menyerah

References

Abidin, yunus. 2012. Pembelajaran Membaca Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung : Refika Aditama.

Arifin, Zainal. 2017. Evaluasi Pembelajaran. Bandung : PT Remaja Rosdakrya

Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.
Auzar. 2013. Hubungan Kemampuan Membaca Pemahaman dengan Kemampuan Memahami Bahasa Soal Hitungan Cerita Matematika Murid-Murid Kelas 5 SD 006 Pekanbaru. Jurnal Bahas. Vol 8. Nomor 1. Hal 34.
Badawi, A. 2003. Penilaian Kemampuan Membaca Pemahaman di Sekolah Dasar. Sekolah Dasar : Kajian Teori dan Praktik Pendidikan, 12 (2) : hal 130-137

Downloads

Published

2019-08-23

How to Cite

Andanik, R. T., & Fitrianawati, M. (2019). PENGARUH KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN SOAL CERITA MATEMATIKA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar), 2(2), 40–46. https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v2i2.836

Issue

Section

Articles