PENGARUH METODE FERNALD TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV SEKOLAH DASAR

Authors

  • Ragil Pratiwi Universitas Ahmad Dahlan
  • Yosi Wulandari Universitas Ahmad Dahlan

DOI:

https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v2i2.830

Keywords:

Metode Fernald., Bahasa Indonesia, Kemampuan membaca Pemahaman, SD kelas IV.

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui mendeksripsi pengaruh metode fernald terhadap kemampuan membaca  peserta didik kelas IV pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di SD  Negeri Golo Yogyakarta. Metode penelitian ini menggunakan penelitian  Quasi Expreimental Design dengan desain yang digunakan adalah Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SD Negeri Golo tahun ajaran 2018/2019 yang terdiri 2 kelas, yaitu kelas IV A dan kelas IV B dengan jumlah 53 peserta didik dengan Sampel  kelas IVA dan kelas IVB memiliki kemampuan dalam aspek kognitif yang relatif sama. pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling, yaitu responden yang menjadi anggota sampel. Variabel penelitian ada 2 yaitu variabel independent (variabel bebas) dan variabel dependet (variabel terikat) . Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrument tes yang telah diuji validasi dan reabilitasnya, dan juga menggunakan dokumentasi dan Observasi. Teknik analisis data menggunakan yang didahului dengan uji normalitas dan Homogenitas. Hasil  ini yaitu terdapat Rhitung 0,711 lebih besar dari pada Rtabel dikatakan valid karena lebih nilai (0,444). Uji realibitas dari 23 pertanyaan lebih dari (0,6) contoh 0,952 berarti reabel bisa penelitian. Hal ini ditunjukkan untuk menentukan hipotesis yaitu Thitung > Ttabel menggunakan uji independent sampel test dengan nilai sig 0,200 data ini Normal karena data lebih dari 0,05 untuk kelas IVA dan IVB. Nilai sig.(2-tailed) 0,000 adanya pengaruh. Sehingga terdapat ada pengaruh tingkat kemampuan membaca pemahaman di SD Negeri Golo Yogyakarta. Kesimpulan metode Fernald dapat meningkatkan prestasti peserta didik kemampuan membaca pemahaman Bahasa Indonesia di kelas IV SD Negeri Golo Yogyakarta.

Kata Kunci: Metode Fernald., Bahasa Indonesia, Kemampuan membaca Pemahaman, SD kelas IV.

Author Biography

Ragil Pratiwi, Universitas Ahmad Dahlan

selalu optimis

References

Dalman. (2014). Keterampilan Membaca. Jakarta: Rajawali perss.
Faisal, & dkk. (2009). Kajian Bahasa Indonesia SD. Jakarta: Direktoral Jenderal Perguruan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.
Nurhadi. (2016). Teknik Membaca. Jakarta: Bumi Aksara.
Samsu, S. &. (2012). Strategis dan Teknik Pembelajaran Membaca. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Tarigan, H. (2008). Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Downloads

Published

2019-07-31

How to Cite

Pratiwi, R., & Wulandari, Y. (2019). PENGARUH METODE FERNALD TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar), 2(2), 58–63. https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v2i2.830

Issue

Section

Articles