IMPLEMENTASI PROGRAM GERAKAN LITERASI SEKOLAH (GLS) DITINJAU DARI TAHAP PENGEMBANGAN DI SD UNGGULAN AISYIYAH BANTUL
DOI:
https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v2i1.817Keywords:
Gerakan Literasi Sekolah, Tahap PengembanganAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi program Gerakan Literasi Sekolah (GLS) ditinjau dari Tahap Pengembangan di SD Unggulan Aisyiyah Bantul. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, beberapa guru kelas, dan beberapa peserta didik secara acak. Objek penelitian adalah segala hal terkait program Gerakan Literasi Sekolah (GLS) tahap pengembangan di SD Unggulan Aisyiyah Bantul. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan model Miles and Huberman. Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan triangulasi waktu. Hasil penelitian menunjukkan: Implementasi program Gerakan Literasi Sekolah (GLS) pada tahap pengembangan sudah berjalan baik, adapun terdapat tahapan (1) Perencanaan, yaitu sekolah membuat Tim Literasi Sekolah untuk menyusun Rencana Kerja Tahunan berkaitan dengan literasi (2) Pelaksanaan, meliputi pembuatan pojok baca, pemilihan buku bacaan, pembiasaan membaca dan menulis, pemanfaatan perpustakaan, penghargaan peserta didik, menciptakan lingkungan kaya teks, lomba literasi, dan perlibatan publik, (3) Evaluasi, meliputi ketercapaian, faktor pendukung dan penghambat, serta keberlanjutan program literasi.
References
Kemendikbud. 2016. Panduan Gerakan Literasi di Sekolah Dasar. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kharizmi, Muhammad. 2015. Kesulitan Siswa Sekolah Dasar Dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi. JUPENDAS. Vol II. No. 2. Hal 15
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.