IMPLEMENTASI PROGRAM GERAKAN LITERASI SEKOLAH (GLS) DITINJAU DARI TAHAP PENGEMBANGAN DI SD UNGGULAN AISYIYAH BANTUL

Authors

  • hanika triaryanti
  • nur hidayah

DOI:

https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v2i1.817

Keywords:

Gerakan Literasi Sekolah, Tahap Pengembangan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi program Gerakan Literasi Sekolah (GLS) ditinjau dari Tahap Pengembangan di SD Unggulan Aisyiyah Bantul. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, beberapa guru kelas, dan beberapa peserta didik secara acak. Objek penelitian adalah segala hal terkait program Gerakan Literasi Sekolah (GLS) tahap pengembangan di SD Unggulan Aisyiyah Bantul. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan model Miles and Huberman. Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan triangulasi waktu. Hasil penelitian menunjukkan: Implementasi program Gerakan Literasi Sekolah (GLS) pada tahap pengembangan sudah berjalan baik, adapun terdapat tahapan (1) Perencanaan, yaitu sekolah membuat Tim Literasi Sekolah untuk menyusun Rencana Kerja Tahunan berkaitan dengan literasi (2) Pelaksanaan, meliputi pembuatan pojok baca, pemilihan buku bacaan, pembiasaan membaca dan menulis, pemanfaatan perpustakaan, penghargaan peserta didik, menciptakan lingkungan kaya teks, lomba literasi, dan perlibatan publik, (3) Evaluasi, meliputi ketercapaian, faktor pendukung dan penghambat, serta keberlanjutan program literasi.

References

Dalman. 2013. Keterampilan Membaca. Jakarta: PR Rajagrafindo Persada.
Kemendikbud. 2016. Panduan Gerakan Literasi di Sekolah Dasar. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kharizmi, Muhammad. 2015. Kesulitan Siswa Sekolah Dasar Dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi. JUPENDAS. Vol II. No. 2. Hal 15
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2019-03-31

How to Cite

triaryanti, hanika, & hidayah, nur. (2019). IMPLEMENTASI PROGRAM GERAKAN LITERASI SEKOLAH (GLS) DITINJAU DARI TAHAP PENGEMBANGAN DI SD UNGGULAN AISYIYAH BANTUL. Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar), 2(1), 35–39. https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v2i1.817

Issue

Section

Articles