Pengembangan modul matematika pada materi perbandingan dan skala untuk siswa kelas v sekolah dasar
DOI:
https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v6i1.7826Keywords:
Matematika SD, Modul Pembelajaran, Perbandingan SkalaAbstract
Penelitian ini bertujuan mengembangkan dan mengetahui kualitas modul matematika berbasis blended learning materi perbandingan dan skala untuk siswa kelas V SD. Penelitian ini mengacu model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Instrumen yang digunakan yaitu lembar penilaian ahli media, ahli materi, ahli pembelajaran, praktisi pembelajaran dan lembar respon peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan modul mempunyai tingkat kelayakan sangat baik sebagai bahan ajar, yakni diperoleh nilai rata-rata 85,59 dengan kategori baik sekali. Penilaian praktisi pembelajaran dilakukan oleh guru wali kelas V SD dan mendapatkan nilai 78,57 dengan kategori baik. Sementara itu, respon oleh peserta didik mendapat nilai rata-rata 98,1 kategori sangat layak. Berdasarkan penilaian para ahli, praktisi pembelajaran dan penilaian peserta didik diperoleh jumlah nilai 262,26 dengan rata-rata 87,42 dan masuk dalam kategori baik sekali serta memiliki tingkat kepraktisan yang baik.
References
Aldoobie, N. (2015). Technology integration and learning theory. American International Journal of Contemporary Research, 5(6), 114–118.
Banggur, M. D. V., Situmorang, R., & Rusmono, R. (2018). Pengembangan Pembelajaran Berbasis Blended Learning Pada Mata Pelajaran Etimologi Multimedia. JTP - Jurnal Teknologi Pendidikan, 20(2), 152–165. doi: 10.21009/jtp.v20i2.8629
Dwijayani, N. M. (2019). Development of circle learning media to improve student learning outcomes. Journal of Physics: Conference Series, 1321(2), 171–187. doi: 10.1088/1742-6596/1321/2/022099
Hasyim, M. A. (2019). Pemanfaatan Lingkungan Sekitar Sebagai Sumber Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Elementeris : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Islam, 1(1), 12. doi: 10.33474/elementeris.v1i1.2737
Hidayat, A., & Irawan, I. (2017). Pengembangan LKS berbasis RME dengan pendekatan problem solving untuk memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 51–63. doi: 10.31004/cendekia.v1i2.20
Idris, H. (2018). Pembelajaran Model Blended Learning. Jurnal Ilmiah Iqra’, 5(1), 61–73. doi: 10.30984/jii.v5i1.562
Lechner, C. M., Gauly, B., Miyamoto, A., & Wicht, A. (2021). Stability and change in adults’ literacy and numeracy skills: Evidence from two large-scale panel studies. Personality and Individual Differences, 180, 110990. doi: 10.1016/j.paid.2021.110990
Lopez-Pedersen, A., Mononen, R., Korhonen, J., Aunio, P., & Melby-Lervåg, M. (2021). Validation of an Early Numeracy Screener for First Graders. Scandinavian Journal of Educational Research, 65(3), 404–424. doi: 10.1080/00313831.2019.1705901
Maghfiroh, Y., & Hardini, A. T. A. (2021). Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Materi Pecahan Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(2), 272–281. doi: 10.31949/educatio.v7i2.997
Marthalena, R. (2018). Pengembangan lembar kerja siswa pada materi segitiga dengan pendekatan realistic mathematics education siswa kelas VII MTs Masmur Pekanbaru. Jurnal Prinsip Pendidikan Matematika, 1(1), 53–58. doi: 10.33578/prinsip.v1i1.22
Nurfadilah, S., & Hakim, D. L. (2019). Kemandirian Belajar Siswa dalam Pembelajaran Matematika. Prosiding Sesiomadika 2019, 1214–1223.
Purnama, F. L. (2019). Pengembangan Modul Berbasis Model Pembelajaran Problem Solving Pada Tema 6 Subtema Tubuh Manusia Kelas V SD /MI. Safety Science, 53(1), 1–10.
Putra, H. D., & Nurfauziah, P. (2015). Analisis penerapan pembelajaran berbasis pendidikan matematika realistik Indonesia di SD/MI kota Bandung. P2M STKIP Siliwangi, 2(1), 7. doi: 10.22460/p2m.v2i1p7-18.157
Saputro, H. B. (2018). Pengembangan modul matematika dengan pendekatan kontekstual pada materi bangun ruang sisi lengkung untuk mahasiswa PGSD UAD. Pengembangan Modul Matematika Dengan Pendekatan Kontekstual Pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung Untuk Mahasiswa Pgsd Uad, 5(2), 52–61.
Saputro, H. B. (2021). Development of mathematics module on fractional numbers for fifth grade elementary school students. Jurnal JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 8(2), 93. doi: 10.26555/jpsd.v8i2.a25036
Saputro, H. B. (2022). Pelatihan Penyusunan Soal Higher Order Thinking Skills (HOTS) Bagi Guru SD Muhammadiyah Purwodadi Purworejo. Prosiding Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan, 4(1), 2155–2163.
Siyamtini, S. (2019). Pengembangan perangkat pembelajaran dengan pendekatan pengajuan masalah pada materi perbandingan dan skala di kelas lima sekolah dasar. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 5(2), 976–985. doi: 10.26740/jrpd.v5n2.p976-985
Unaenah, E., & Sumantri, M. S. (2019). Analisis Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar Pada Materi Pecahan. Jurnal Basicedu, 3(1), 106–111. doi: 10.31004/basicedu.v3i1.78
Wibowo, E. (2018). Pengembangan Bahan Ajar E-Modul Dengan Menggunakan Aplikasi Kvisoft Flipbook Maker. In Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.
Yamasari, Y. (2010). Pengembangan media pembelajaran matematika berbasis ICT yang berkualitas. Seminar Nasional Pascasarjana, 979, 1–8.
Yulianty, N. (2019). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Dengan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 4(1), 60–65. doi: 10.33449/jpmr.v4i1.7530
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Hengkang Bara Saputro
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.