Pengembangan modul matematika pada materi perbandingan dan skala untuk siswa kelas v sekolah dasar

Authors

  • Hengkang Bara Saputro Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v6i1.7826

Keywords:

Matematika SD, Modul Pembelajaran, Perbandingan Skala

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan dan mengetahui kualitas modul matematika berbasis blended learning materi perbandingan dan skala untuk siswa kelas V SD. Penelitian ini mengacu model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Instrumen yang digunakan yaitu lembar penilaian ahli media, ahli materi, ahli pembelajaran, praktisi pembelajaran dan lembar respon peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan modul mempunyai tingkat kelayakan sangat baik sebagai bahan ajar, yakni diperoleh nilai rata-rata 85,59 dengan kategori baik sekali. Penilaian praktisi pembelajaran dilakukan oleh guru wali kelas V SD dan mendapatkan nilai 78,57 dengan kategori baik. Sementara itu, respon oleh peserta didik mendapat nilai rata-rata 98,1 kategori sangat layak. Berdasarkan penilaian para ahli, praktisi pembelajaran dan penilaian peserta didik diperoleh jumlah nilai 262,26 dengan rata-rata 87,42 dan masuk dalam kategori baik sekali serta memiliki tingkat kepraktisan yang baik.

Author Biography

Hengkang Bara Saputro, Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta

Sinta ID: 6021352

References

Aldoobie, N. (2015). Technology integration and learning theory. American International Journal of Contemporary Research, 5(6), 114–118.

Banggur, M. D. V., Situmorang, R., & Rusmono, R. (2018). Pengembangan Pembelajaran Berbasis Blended Learning Pada Mata Pelajaran Etimologi Multimedia. JTP - Jurnal Teknologi Pendidikan, 20(2), 152–165. doi: 10.21009/jtp.v20i2.8629

Dwijayani, N. M. (2019). Development of circle learning media to improve student learning outcomes. Journal of Physics: Conference Series, 1321(2), 171–187. doi: 10.1088/1742-6596/1321/2/022099

Hasyim, M. A. (2019). Pemanfaatan Lingkungan Sekitar Sebagai Sumber Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Elementeris : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Islam, 1(1), 12. doi: 10.33474/elementeris.v1i1.2737

Hidayat, A., & Irawan, I. (2017). Pengembangan LKS berbasis RME dengan pendekatan problem solving untuk memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 51–63. doi: 10.31004/cendekia.v1i2.20

Idris, H. (2018). Pembelajaran Model Blended Learning. Jurnal Ilmiah Iqra’, 5(1), 61–73. doi: 10.30984/jii.v5i1.562

Lechner, C. M., Gauly, B., Miyamoto, A., & Wicht, A. (2021). Stability and change in adults’ literacy and numeracy skills: Evidence from two large-scale panel studies. Personality and Individual Differences, 180, 110990. doi: 10.1016/j.paid.2021.110990

Lopez-Pedersen, A., Mononen, R., Korhonen, J., Aunio, P., & Melby-Lervåg, M. (2021). Validation of an Early Numeracy Screener for First Graders. Scandinavian Journal of Educational Research, 65(3), 404–424. doi: 10.1080/00313831.2019.1705901

Maghfiroh, Y., & Hardini, A. T. A. (2021). Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Materi Pecahan Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(2), 272–281. doi: 10.31949/educatio.v7i2.997

Marthalena, R. (2018). Pengembangan lembar kerja siswa pada materi segitiga dengan pendekatan realistic mathematics education siswa kelas VII MTs Masmur Pekanbaru. Jurnal Prinsip Pendidikan Matematika, 1(1), 53–58. doi: 10.33578/prinsip.v1i1.22

Nurfadilah, S., & Hakim, D. L. (2019). Kemandirian Belajar Siswa dalam Pembelajaran Matematika. Prosiding Sesiomadika 2019, 1214–1223.

Purnama, F. L. (2019). Pengembangan Modul Berbasis Model Pembelajaran Problem Solving Pada Tema 6 Subtema Tubuh Manusia Kelas V SD /MI. Safety Science, 53(1), 1–10.

Putra, H. D., & Nurfauziah, P. (2015). Analisis penerapan pembelajaran berbasis pendidikan matematika realistik Indonesia di SD/MI kota Bandung. P2M STKIP Siliwangi, 2(1), 7. doi: 10.22460/p2m.v2i1p7-18.157

Saputro, H. B. (2018). Pengembangan modul matematika dengan pendekatan kontekstual pada materi bangun ruang sisi lengkung untuk mahasiswa PGSD UAD. Pengembangan Modul Matematika Dengan Pendekatan Kontekstual Pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung Untuk Mahasiswa Pgsd Uad, 5(2), 52–61.

Saputro, H. B. (2021). Development of mathematics module on fractional numbers for fifth grade elementary school students. Jurnal JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 8(2), 93. doi: 10.26555/jpsd.v8i2.a25036

Saputro, H. B. (2022). Pelatihan Penyusunan Soal Higher Order Thinking Skills (HOTS) Bagi Guru SD Muhammadiyah Purwodadi Purworejo. Prosiding Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan, 4(1), 2155–2163.

Siyamtini, S. (2019). Pengembangan perangkat pembelajaran dengan pendekatan pengajuan masalah pada materi perbandingan dan skala di kelas lima sekolah dasar. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 5(2), 976–985. doi: 10.26740/jrpd.v5n2.p976-985

Unaenah, E., & Sumantri, M. S. (2019). Analisis Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar Pada Materi Pecahan. Jurnal Basicedu, 3(1), 106–111. doi: 10.31004/basicedu.v3i1.78

Wibowo, E. (2018). Pengembangan Bahan Ajar E-Modul Dengan Menggunakan Aplikasi Kvisoft Flipbook Maker. In Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Yamasari, Y. (2010). Pengembangan media pembelajaran matematika berbasis ICT yang berkualitas. Seminar Nasional Pascasarjana, 979, 1–8.

Yulianty, N. (2019). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Dengan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 4(1), 60–65. doi: 10.33449/jpmr.v4i1.7530

Downloads

Published

2023-05-09

How to Cite

Saputro, H. B. (2023). Pengembangan modul matematika pada materi perbandingan dan skala untuk siswa kelas v sekolah dasar. Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar), 6(1), 37–49. https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v6i1.7826

Issue

Section

Articles